Friday, July 10, 2015

Lentho Tanpa Singkong


Dari beberapa hari lalu aku kok kepengen makan lentho. Dua hari lalu aku sudah merendam kacang tholo..tapi akhirnya berlanjut jadi sayur brongkos karena nggak sempat bikin letho. Kemaren mau buat lagi..udah beli sedikit singkong untuk campuran...eh karena sibuk hingga sore singkong keburu menghitam..lupa masukin kulkas..hihi. Akhirnya tadi di sempatin buat  lentho..tapi kok nggak punya singkongnya. Padahal udah terlanjur rendam kacang tholo dari malam. Ya udah..dari pada gagal lagi..lebih baik..mencoba membuat lentho tanpa singkong. Bisa kah ?..apa nggak ambyar ?..Gitu pertanyaan dalam hatiku..tapi kalau nggak di coba kan tidak tahu ya. Alhamdulillah udah ku coba ..lentho tanpa singkongnya sukses..gak ambyar tuch..dan tekture malah lebih renyah..kriuk banget..persis seperti lentho yang biasa di jual di warung pecel bu Sumo..yang biasa aku beli. 

Kuncinya..biar nggak ambyar itu di tambah tepung tapioka sedikit. Aku juga pernah baca..letho yang biasa untuk makan lontong balap khas Surabaya itu juga tanpa singkong ya..jadi cuma kacang tholo aja..sama kelapa dan bumbu..yang di campur sedikit tapioka. Hemm..enak..hasilnya kriuk banget..lethonya. *Ketahuan dech lagi gak puasa..karena udah nyicip...hihi..*. Yodha aja protes waktu aku cicipin udah gurih belum lethonya..katanya.."Hayo Mami makan ya..kok mulutnya bau makanan ! "..hahaha. Lalu ku jelaskan..kalau wanita itu kadang-kadang di waktu tertentu di bolehkan nggak puasa..baru dia manggut-manggut..tapi masih  bingung...dan cuma bilangnya..enaknya..Mami..!..hihi.


Waktu membuat adonan letho tanpa singkong parut ini..yang sedikit tricky itu adalah waktu membentuknya..karena adonan terkesan ambyar ya. Tapi jika kita kepal-kepal dan masuk ke minyak dalam kondisi minyak udah panas..aman kok. Tips lain..jangan di bolak balik ya lenthonya sewaktu di goreng, biarkan kering dulu permukaannya..jadi sebisa mungkin letho terendam minyak waktu menggorengnya. 

Jika waktu membentuk masih kesulitan..boleh dech di tambah sedikit lagi tepung tapiokannya..tapi jangan banyak2 ya..ntar jadi alot lenthonya..hihi.  Oke dech..siapa suka gorengan..dan suka berbuka puasa dengan gorengan...?..hihi..ngacung sendiri aku tinggi-tinggi.  Apalagi gorengan eksotis gini..rasanya enak dan ndeso sekali. Lentho ini paling cocok buat makan pecel..atau lontong balap..tapi kok ndak sempat masak keduanya..huhu..ya udah..buat cemilan..sambil nyeplus cabe rawit aja...hihi.

Letho Tanpa Singkong Parut

Bahan :
100 gram kacang tholo ( kacang gude ), rendam semalaman
200 gram kelapa parut sedang, parut panjang
5 sendok makan tepung tapioka
1/4 sendok teh kaldu ayam
1/4 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula

Bumbu halus :
2 siung bawang putih
1/4 sendok teh ketumbar
1 cm kencur
1 lembar daun jeruk purut

Cara Membuat :
Campur semua bahan hingga rata
Panaskan minyak hingga benar2 panas
Kepal-kepal adonan ukuran kecil-kecil saja
Masukkan ke minyak yang sudah di panaskan , goreng hingga matang dan kering
Sajikan hangat


3 comments :

  1. aku belum pernah makan lentho mbak

    ReplyDelete
  2. Wah..asekk ada resep lentho.... saya juga suka sama lentho yg di pecel bu sumo...

    ReplyDelete
  3. Wah..asekk ada resep lentho.... saya juga suka sama lentho yg di pecel bu sumo...

    ReplyDelete