Monday, October 12, 2015

Perkedel Kentang Crunchy



Oh..no..this is good..really good..! Sampai satu sesi gorengan aku cemal cemil sendiri..maafkan aku *badanku..kapan dietnya kalau begini..hahah. Rasanya itu..gurih..hangat..crunchy di luar..lembut di dalam.

O alah..bikin apa tho Buk hari ini kok heboh dan lebay banget testimoninya ?..hihi. Cuma bikin perkedel sich..tapi suer ini enak banget...beda sama perkedel biasa. Aku berkreasi menu ini sich gara-gara ada temen yang tanya perkedel di Soto mana gitu di Semarang bawah yang katanya..itu crunchy di luar..lembut di dalam. Hemm..jadi penasaran..kayak apa ya. Akhirnya aku ingat perkedel di warung soto   langgananku juga yang perkedelnya agak beda..bentuknya nggak beraturan dan memang jika masih hangat itu luarnya renyah. Jadi hanya luarnya lho ya..ketika masih hangat baru selesai di goreng itu terasa kres..enak banget. Tapi dalamnya lembut dan masih terasa banget kentangnya. Jadinya..enak..pakai banget..di gado sama cabe rawit aja super enak.


Apalagi aku buatnya pakai tepung kentang flakes yang memang sangat lembut jika di buat perkedel..plus praktis nggak ribet tinggal seduh air panas. Kayaknya di warung soto langgananku itu juga pakai kentang seduh sich perkedelnya. Karena dulu iseng aku pernah nawarin tepung kentang flakes aku, kata yang punya dia udah pakai merk lain yang impor itu..jadi nggak mau coba punyaku. Padahal..aku kan sering beli soto ke warungnya..rasanya..sama aja sich..sama tepung kentang yang aku jual..malah punyaku lebih fresh, karena dari umkm..produksi lokal sini..jadi nggak pakai pengawet dll..totally fresh aja dari kentang.

Jadi..akhirnya bisa menciptakan resep perkedel kentang crunchy luarnya dan lembut di dalam. Rahasianya adalah di beri sedikit campuran tapioka..jadi perkedel nggak mudah hancur juga, walau luarnya nggak di balut telur. Jadi lebih menguntungkan bukan..jika untuk usaha,..misal warung soto ini...jadi lebih hemat bahan dan lebih praktis. Buat tema-teman di rumah sekarang juga bisa buat perkedel dalam sekejab, jika pakai tepung kentang seduh ini.

Okeh dech..buat teman-teman yang masih punya stock tepung kentang di rumah..cobain dech..beneran..enak banget..:D

Perkedel Kentang Crunchy

Bahan :
100 gram tepung kentang flakes, seduh dengan 150 an ml air panas / secukupnya hingga jadi adonan kentang kukus yang lembut
1  butir telur
2 sendok makan tepung tapioka / kanji
1 siung bawang putih, haluskan
1 sendok makan bawang merah goreng
1 sendok teh sledri cincang
1/2 sendok teh kaldu ayam dan garam secukupnya
1/2 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh merica bubuk

Cara membuat :
Campur semua bahan, aduk rata
Ambil sedikit adonan, goreng.
Cicipin rasanya. 
Jika sudah sipp gurihnya sesuai selera, sendokkan ke minyak panas dan goreng hingga matang. 

Note :
Adonan agak lengket, jadi nggak perlu di bentuk, cukup di sendokkan saja. Bentuk nggak perlu rapi..nggak beraturan malah lucu dan imut..hihi.
Mudah kan...perkedel kentang yang crunchy luarnya..siap buat teman soto..sop, dll..atau di cemil aja udah enak banget pas masih anget gitu makannya, sambil nyeplus cabai rawit..duch di jamin..3 biji..lewat langsung sekali hap..:D




14 comments :

  1. Ibu saya di rumah Sidoarjo kalo bikin perkedel kentang, cara dan modelnya kaya gitu Mbak Di... lezaaat... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba....iya memang enak dan beda ya jika di makan anget2..:)

      Delete
  2. Halo mba, ini potato flakes yg biasa dipakai untuk bikin mashed potato ya? Beda nya apa sama potato flour? Perkedel nya ngga perlu dicelup ke kocokan telur ya sebelum digoreng? Saya pembaca setia mba Diah dr Amerika. Semoga terus berkarya dan berkreasi ya mba!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba Evelyne...sama mba..kalau di luar sana kan memang sebutannya potato flour ya..kalau potato flakes ini sebutan kita aja karen abentuknya flakes, seperti bubur instan itu mba :)

      Delete
  3. Mba kalo aq mau pake kentang biasa itu mending d kukus ato d goreng ya? Takut terlalu berminyak e mba. Minta tips nya y mba :)

    ReplyDelete
  4. Mba diah ak mau pesan tepung kentangnya donk,gmn caranya? via WA/sms/gmn mba??

    ReplyDelete
  5. Mba diaahh...barusan nyobain resep di atas dan hasilnya bikin aku surprised krn persis kaya crispy cireng baik bentuk dan rasanya. Apa krn di sini tepung kentangnya beda... (putih bgt dan lembut bgt tepungnya) atau krn aku kebanyakan ngasih tapoioka dan lupa ngasih telor...tau deh...gini deh kalau hny mengandalkan ingatan aja..hehe..syukur dehh jd malah bs bikin rujak cireng. Tengkiuhh mbaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..mba kau ikutan nyoba..malahan enak ya...haha

      Delete
    2. Hai mbak,,aku baru nyobain resep ini..pake tepung kentang biasa.
      Emang kayaknya beda mbak klo potato flakes sma potato flour.klo potato flour dia mirip banget sma maizena.
      Aku bikin juga dan jadinya mirip cireng emang mbak..

      Delete
  6. Barusan saya coba bikin nbak didi, tapi pakai kentang rebus, enaaaaak meski tanpa seledri.. hehhe makasih resepnya

    ReplyDelete
  7. Yummy...langsung di coba,saya penggemar resep2 mb didi...banyak yang sdh saya ikuti loh...trims mbaj

    ReplyDelete
  8. Mbak didi, aku skrg lg prepare buat wedding thn dpn, pengen bgt bs masak.. tp bingung masak apa. Aku cari inspirasi dan selalu tambahin keyword 'diah didi' di safari aku. Aku udah coba beberapa resepnya mbak, :seneng banget bs bljr masak dr resep nya mbak. Makasih banyak mbak, sukses selalu dan tetap berkarya ya :)

    ReplyDelete