Monday, October 27, 2014

Alsultan..Kaldu Bubuk Non MSG



Kaldu bubuk..adalah salah satu bahan penyedap masakan. Ada yang terbuat dari daging sapi, ayam, seafood, jamur, dll.

Bahan dasar dari kaldu instan adalah daging sapi, daging ayam, atau seafood yang diproses layaknya membuat kaldu murni dan kemudian dikeringkan melalui proses drum drying atau spray drying hingga berbentuk bubuk. Sebelum dikemas, kaldu bubuk ini diberi tambahan pati dan zat antikempal (agar kaldu tidak menggumpal).

Ada beberapa produsen yang  menambahkan sedikit msg dan garam agar produknya makin gurih. Efek msg dari kaldu instan juga tidak perlu dikhawatirkan. Sedikit kandungan msg tidak akan membahayakan kesehatan selama digunakan dalam skala yang bijaksana. Jika terlalu banyak, cita rasa masakan menjadi gurih yang berlebihan. Yang perlu diwaspadai justru kandungan garam yang ada dalam kaldu instan. Garam ini dimasukkan ke dalam kaldu instan untuk membuat kaldu lebih awet, sedap, tetap kering, dan tidak menggumpal. Jika terlalu banyak, garam bisa menyebabkan penyakit darah tinggi." ( sumber Femina )

Banyak bunda menghindari kaldu bubuk, karena mungkin takut ada penyedap masakan seperti msg buatan ya. Alhamdulillah aku sudah ketemu satu produk yang tidak ada tambahan penyedap buatan. Jadi di buat dari bahan alami...yaitu Alsultan.

Kandungan bumbu kaldu bubuk asultan ini..seperti tertera di kemasan , yaitu : Bawang bombay, bawang putih, lada putih. tersedia kaldu rasa ayam dan sapi. Kaldu bubuk ini udah lolos standart keamanan pangan untuk di ekspor ke Australia. Sekarang juga di pasarkan di Indonesia, dan telah lolos uji sertifikasi dari BPOM dan sertifikasi halal dari MUI.

Kaldu bubuk Alsultan ini..udah ku coba..bedanya dengan kaldu bubuk yang ada di pasaran..kaldu bubuk ini kandungan garamnya sedikit. Kemaren aku tes bikin bakwan..kalau tanpa garam masih anyep gitu rasanya..beda dengan kaldu bubuk yang murah yang beredar itu ya teman2..itu kan banyak kandungan garamnya ya..jadi di pakai buat masakan udah ada rasa asinnya. Jadi tau juga ya.kalau yang kaldu bubuk biasa yang beredar di pasaran itu bisa murah banget harganya karena kandungan garam juga banyak. Kalau Alsultan ini murni bubuk kaldu daging atau ayam dan rempah2, ada garamnya tapi cuma sedikit sekali kayaknya..jadi memang harganya jauh lebih mahal. Tapi di liat kandungannya di kemasan..memang cuma dari sari pati daging dan bumbu2 rempah aja..asultan ini. Jadi aman juga buat yang diet  rendah garam, penderita darah tinggi, anak2 berkebutuhan khusus, seperti yang di jelaskan di brosur Asultan ini. Kemaren aku coba pertama buat bakwan ini..memang rasa gurihnya ringan banget...tapi tetep enak , sedikit gurih gitu. Jadi cocok buat teman-teman yang biasanya tidak pernah memakai bumbu tambahan perasa yang terlampau gurih atau buat anak-anak.

Yang mau order seperti biasa ya..bisa langsung sms atau WA ke 089654712500. Semoga bisa membantu teman2 yang membutuhkan produk kaldu bubuk non msg buatan ya.

22 comments :

  1. ooo... alsultan ya. selain kaldu non msg, ada juga abon nya tuh mba. makanya jualnya utk baby jg krn non msg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..macam2 produknya..ya,..memang banyak di jual di toko2 baby..:)

      Delete
  2. Mba kalo nama fb mba diah apa ya? Makasih..Orien

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu mba di pojok kanan atas web ini ada iceon fb.di klik aja ntar langsung dech ke fb ku ya..:)

      Delete
  3. Sependapat dg ulasan mbak Diah mengenai perbedaan msg & kaldu bubuk. Sama mbak..aku jg suka pakai Ma**** utk masakan tertentu... rasanya ringan & gak ada "after taste" nya. Kita sebagai konsumen harus pinter2 milih produk yg akan kita konsumsi & jgn lupa selalu baca komposisi bahan2nya apa aja ya mbak...

    ReplyDelete
  4. Mbak, koreksi boleh ya, mereknya Alsultan, hehehe... yang tertulis di blog Asultan :)

    ReplyDelete
  5. Harga nya berapa mb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. email aja ya mba di bundadidi@gmail.com..Tq

      Delete
  6. wihhh aku jadi pengen order nh kak ^^

    ReplyDelete
  7. kl mau order gmn mba, harganya berapaan mba?
    kl di supermarket ad gk y ...

    ReplyDelete
  8. kl mau order gmn mba, harganya berapaan mba?
    kl di supermarket ad gk y ...

    ReplyDelete
  9. Beli dmn tuh mbk kaldu alsultan..kl d supermarket adakah???harganya brp y mbk.

    ReplyDelete
  10. Beli dmn tuh mbk kaldu alsultan..kl d supermarket adakah???harganya brp y mbk.

    ReplyDelete
  11. Sehat tanpa msg dan cap halal mui? Hehe

    ReplyDelete
  12. Sehat tanpa msg dan cap halal mui? Hehe

    ReplyDelete