Friday, August 29, 2014

Tips Membuat Bakso Daging



Membuat bakso daging..bisa di bilang memang agak tricky ya teman2..udah sering aku dapat pertanyaan dari beberapa teman..bagaimana cara membuat bakso daging yang enak dan kenyal. Aku sendiri bukan ahli bakso daging ya..dan udah sering mencoba..memang hasilnya belum bisa kenyal maksimal sich..walaupun rasanya udah enak..karena memang belum nemu pengenyal bakso di sini. Kalau bikin bakso ayam sich aku udah nemu triknya agar bisa kenyal tanpa obat pengenyal biasa ku campur daging ikan tenggiri. Nah apalagi kalau bakso ikan itu udah bisa enak kenyal juga pas bikin...nah yang bakso daging ini yang musti di taklukkan  biar hasilnya bisa tambah sipp..hihi. Dari kemaren pesen obat bakso atau pengenyal ke TBK..deket rumahku itu belum ada terus. Tidak menyerah..aku browsing2 pengenyal bakso..ternyata memang ada yang itu sangat umum di gunakan di pembuatan bakso2..oleh para pedagang bakso baik skala kecil atau restoran itu memang pakai pengenyal. Dan pengenyal ini memang bahan tambahan makanan yang di perbolehkan kok teman2..karena food grade..dan pemakaiannya juga harus sesuai takaran tertentu saja. Jika kebanyakan hasil bakso bisa getir rasanya...gitu sich dari yang aku baca2 dari berbagai sumber. 

Nah..selain pengenyal sintetis yang berbahan dasar kimia..yaitu seperti STTP atau poly powder atau di kenal juga dengan obat bakso....ada juga ternyata pengenyal bakso alami lho teman2..namanya Karagenan..yang terbuat dari ekstrak rumput laut. Nah..ini ada yang jual sich di internet gitu..dan yang jual memang ahli pembuat bakso..tapi..kok ya harus 1 kg belinya..hihi..dan harganya cukup mahal. Lha kalau aku pedagang bakso ndak apa2 ya...kalau mau  buat uji coba aja..kan ya kebanyakan sekali itu pengenyal bakso 1 kg..lha wong pakainya paling2 sekali buat 1/2 sendok teh..hihi. jadinya ya belum beli. apa tak beli aja ya 1 kg..terus..di jual lagi di warung onlineku..hihi..kemasan kecil2 gitu..sapa tau ada yang mau ya teman2..lol..* otak bisnis.....*

Iya..daripada penasaran..dari dulu pengen tau hasil bakso yang pakai tambahan pengenyal ini apakah memang bisa sipp hasilnya seperti di warung2 bakso terkenal gitu lho teman2..sungguh aku penasaran..hihi. Oke dech nanti tak pikir2 dulu ya..mau beli atau tidak..soalnya minimal beli harus 1 kg mahal harganya obat pengenyal bakso alami ini..huhu.

Dan akhirnya ..karena aku jualan tepung bakso dan sering di tanya teman2..kenapa bakso dagingku kok lembek..kok kurang kenyal..dll..aku akhirnya belajar dari sana sini..termasuk interview langsung sama tukang bakso langgananku yang enak baksonya..hihi. Iya tho..belajar itu dari mana saja kan teman2..termasuk berugur ke ahlinya langsung ..ya itu salah satunya..Abang tukang bakso langganan..hihi.

Nah..akhirnya kau dapat beberapa tips dan trik dech dalam pembuatan bakso daging ini agar hasilnya lebih maksimal..walau belum aku prkatekin lagi nich..huhu..karena belum beli fp yang baru..krmn coba tak cincang2 sendiri..wuih..pegel minta ampun ..udah gitu ndak bisa halus di mixer..beda sama kalau bikin bakso ayam atau ikan..mudah saja..dan hasilnya udah oke sich..lebih enak daripada beli kalau itu. Nah..kalau bakso daging , aku udah sering bikin juga..udah enak..aku kasih ke orang2 bilangnya udah gurih..pas..cuma ya itu tadi..kurang gigitan kenyalnya itu lho..hihi. Ya udah sementara aku catet dulu dech tips2 dalam pembuatan bakso daging ini di blog..semoga bemanfaat juga ya buat teman2..yang ingin mencoba membuat sendiri bakso di rumah...kan udah ada tepung baksonya yang bagus kualitasnya dari aku..hihi..tinggal belajar tehnik nya yukk..sama2 ya...^^

Tips Membuat Bakso Daging :
  • Sebisa mungkin gunakan daging berkualitas dan segar ya teman..jika mau membuat bakso daging..karena bahan utama bakso kan daging..jika daging udah beku atau nggak bagus..aroma dan rasa juga kurang enak. Ada juga mitos atau beneran ya ndak tau juga..kalau bikin bakso dagingnya jangan di cuci..hihi..kalau di cuci warna bakso jadi gelap. kalau aku wis ndak pa2 gelap yang penting bersih..hihi.
  • Gunakan tepung berkualiatas dan pas komposisinya..ya contohnya pakai tepung bakso  khusus kayak yang aku jual..hihi.
  • Jika ingin hasil bakso kenyal dan membal kayak di jual2 gitu ya pakai pengenyal seperti yang aku cerita di awal. Pengenyal di sini berfungsi mengikat cairan dan merekatkan adonan...sehingga adonan jadi elastis dan hasil bakso jadi kenyal. Aku sich penasaran dengan pengenyal alami bakso yang dari rumput laut itu teman2..tapi kok ya mahil..musti beli 1 kg ini..hihi.
  • Selanjutnya..perhatikan prosesnya. Untuk membuat bakso..pertama2 timbang dan siapkan bumbu2nya terlebih dahulu sesuai di resep. Selanjutnya..giling daging dan GARAM terlebih dahulu sebentar hingga agak halus. Jika bisa garam krasak atau  garam kasar ya. Nah..mengapa garam ini penting..karena garam ini bisa membantu membuat tekture gilingan daging jadi halus dan nggak lembek..karena garam mengikat cairan di dalam daging ya. Selanjutnya..masukkan bumbu2 dan ES BATU, lalu proses hingga adonan lembut dengan food processor...terakhir baru masuk tepungnya.  Es batu di sini juga sangat penting..karena..selama proses penggilingan kan terjadi reaksi panas atau gesekan dari alat yang kita gunakan ya..jadi..es batu ini berfungsi agar suhu daging giling tetep stabil..kalau istilah kata para pedagang bakso itu biar ndak mateng duluan daging gilingnya..sebelum di rebus.
  • Setelah adonan jadi..jangan langsung masuk ke air mendidih ya..masukkan dulu ke air hangat kira2 70 C . Jika semua adonan udah di bulat2 dan masuk ke air hangat, baru besarkan api dan masak hingga mendidih dan mengapung..jangan terlalu lama sekitar 5 menit aja udah matang. Kalau terlalu lama di masak air mendidih..bagian luar bakso bisa nggak mulus dan pecah2.
  • Bakso siap dech di olah jadi aneka masakan..atau di buat bakso kuah. Jika mau di simpan..dinginkan dulu sebelum di kemas di wadah tertutup dan taruh freezer dech buat persediaan. Bakso yang enak adalah bakso yang hangat atau sudah di panaskan..jadi ketika mau mengkonsumsi bakso yang udah dingin..panaskan dulu hingga emnpuk kembali ya..di kuah baksonya atau di kukus sebentar.
  • Perbandingan untuk mmembuat bakso yang kenyal itu kira2 begini..menurut saran pakar..yang aku baca2 : 

Bahan
Persen %
Jumlah (gr)
Daging
Tapioka
STPP / Pengenyal
Garam
Merica Bubuk
Bawang Putih
Es Batu
100
  20
0,25
4
0,25
1,5
20-30
500
50-100
1,25
20
1,25
7,5
100-150

Nah dari situ...aku cek resep yang udah ku praktekin..udah  mendekati sich..cuma dagingnya aja aku yang lebih sedikit..hihi..biar irit..hasilnya ya oke lah..walau belum kenyal banget karena aku nggak pakai pengenyal..hihi. Tapi nanti kalau udah punya pengenyal bakso alami..aku mau coba lagi dech..biar tahu bedanya ya teman2 nanti aku info lagi kalau aku jadi beli obat pengenyal bakso alaminya..^^
Bakso Daging

Bahan :
300 gram daging sapi segar, potong2
2 sendok teh garam krasak / kasar
1/4 sendok teh poly powder / STTP / Pengenyal bakso jenis lain
25 gram putih telur
150 gram es batu, di serut
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh penyedap rasa ( optional )
1/2 sendok makan bawang goreng
1 sendok makan bawang putih goreng
100 gram TEPUNG BAKSO

Cara membuat :
Masukkan daging dan garam ke food proccessor..giling sebentar saja hingga agak halus. lalu masukkan bumbu2, putih telur, es serut , lalu giling lagi hingga lembut. Masukkan terakhir tepung bakso, lalu giling lagi hingga lembut dan kalis.
Ambil sedikit adonan, bentuk bulat atau sesuai selera, masukkan ke air hangat kira2 70 C
Lakukan hingga adonan habis. Lalu rebus hingga mengapung.
Angkat , tiriskan. bakso sapi siap di gunakan.

43 comments :

  1. Mbak, Jadi pengen coba deh..sekalian cobain tepung bakso nya yang baru sampe nih...kalo gak punya food processor bisa pake belender gak mbak giling nya ? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba bisa..asal ndak di tambah air ya mblendernya..:)

      Delete
  2. Saya 3x coba bikin bakso dg resep yg berbeda, yg ketiga pakai tepung bakso mbak Diah. Rasanya semua enak, tapi ya itu..kurang kenyal, tdk spt kalau beli. Kalau mbak Diah bisa jual bahan pengenyal alami dlm kemasan kecil, itu ide yg bagus. he...he... Saya tunggu info selanjutnya, mbak.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..kalau daging sapi ini memang paling tricky..kalau bakso ayam seafood dll..udah oke aku mba..klu bkn..kurang bakso daging ini musti di sempurnakan..hihi

      Delete
  3. mbak katanya pake agar2 juga bisa kenyal, loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..mksh infonya..denger2 karagenan itu ya dr ekstrak agar2 ya..:)

      Delete
  4. di tempatku ada gak ya karagenan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak..memang agak jarang yang jual..:)

      Delete
  5. Mbak Diah..aku punya tmn yg punya usaha bakso...dia make pengenyal alami dr agar2 bubuk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp mba..mksh infonya..nanti tak cobanya..hihi..soale harga karagenan itu mahil je..kalau agar2 kan murah ya..:)

      Delete
  6. Mba, hrg tepung baksox brp??? Sy tinggl di kendari...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon email saja ya Pak di bundadidi@gmail.com biar lbh detail ya..:)

      Delete
  7. Yang selalu aku lupakan itu adalah es batu :D ahaha suka lupa aja ngadon pake es batu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di coba mak..pake es biar tau bedanya..:)

      Delete
  8. Q sering bikin bakso mb, Alhamdulillah selalu berhasil. Gmn ngga, lawong q langsung giling ke tukang gilingan bakso hihi.. Krn g bisa kl dikit pake blender, jd error blenderku, aplg bikin kiloan wah bs jebol. Tp enaknya y bawa bahan sendiri, bmbu sendiri jd terjmin mutunya ciee..lagian tukang gilingan dagingnya jg suka nyuci alatny kl ganti adonan baru. Q kl bikin bakso malah kenyal mb pinginnya malah gimana agak atos ky abang2. Tp kenyalnya enak dan tanpa bumbu tambahan buat ngenyalin hihi. Kl giling minimal sekilo ntar simpan deh d freezer :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..di tempat penggilingan itu kan udah kerjaan tiap hr ya mba..bkn bakso..jadi berapa lam giling dan tingkat lembutnya kayak apa ya pasti udah hafal..hihi. Sayang di sini kok ndak ada ya mba..t4 penggilingan bakso gt..:)

      Delete
  9. Hallo mbak Diah :) Aku pernah buat bakso dr resep mbak Endang di www.justtryandtaste.com. Menurutku sih sdh cukup kenyal. Memang tdk sesempurna bakso abang2 kenyalnya, tp utk sy sih cukup, asalakan dagingnya segar. Dagingnya memang tdk kucuci mbak; katanya siiiih kalo dicuci tar baksonya lembek, ga tau de napa heheheh.... Pemakaian kanji jg memang tdk terlalu banyak, jd lbh banyak dagingnya; n krn daging mahal aku cuman beli 1,5ons, cuman tombo penasaran aza hehee...

    Btw aku dah pernah cobain pake STTP mbak. Kebetulan di TBK di Malang dijual eceran. Tp sy cobanya di bakso ayam. Memang benar teksturnya beda banget, padahal sy pakenya dosis terendah. Tekstur kenyalnya bukan kenyil2, tp cenderung renyah seperti org jual, jd tdk lembek. Cuman sekedar pengen tau, selanjutnya aku tdk pake lg ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..sebenernya kalau di makan sdr ya udah enak..gak pa2 gak pake ya..hihi..cuma aku tuch suka penasaran aja gt mba..pgn cb..biar tau hasilnya gmn..hihi..kalau pake pengenyal..:)

      Delete
  10. Mba,kl mau beli tepung baksonya dimana? Kebetulan aku di semarang juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Email aja di bundadidi@gmail.com ya mba..:)

      Delete
  11. Hallo Diah didi. Kalo urusan bakso emang biangnya perempuan ya. Hayo kapan ie sini. Ku kasih kragenan gretong tong:-). Aku rajin bikin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah..mauuu di manakah rumahmu mba..hihi

      Delete
  12. Replies
    1. ok mba..ntar klu pas lewat st tak ampiri..hihi

      Delete
  13. lebih sehat ya buat sendiri dan lebih banyak :D

    ReplyDelete
  14. saya sebagai pelaku usaha supplier bakso sangat terima kasih untuk berbagi ilmunya mbak, saya selama ini belum pernah coba menggunakan tepung tsb. layak saya coba nih

    ReplyDelete
  15. Mbk gmn cara'y supaya warna bakso'y tdk hitam

    ReplyDelete
  16. hi mb diah,sy sering ngintipin resep2 mb he he,silent follower cerita na,mksh ya atas resep2 praktisnya,kalo sy utk ngenyalin bakso adonan sy tambahin agar2 bubuk mb,hasilnya ga mengecewakan,kalo giling ditukang giling daging ditambh soda,sy kurang suka

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Oya mba.. Resepnya udah dicobain.. Enaakkkk!!! Tp kenapa ya tiap saya buat baso permukaannya ga bisa rata, bergelombang gtu mba.. Ga spt d fotonya mba diah :(

    ReplyDelete
  19. Mba d semarang ya, kl ga salah ada tu yg giling daging utk bakso....di belakang makro.

    ReplyDelete
  20. kalau saya buat bakso gak usah pakai es batu. Daging tak masukin freezer setelah mengeras tak potong kecil-2 trus blender tak nyalakan dan dimasukan satu potong satu potong, bumbu dimasukkan semua pakai STTP 0,5 sendok makan(gak tau kebanyakan atau nggak), tapi uenyak koq

    ReplyDelete
  21. hi☺☺I have to trying
    the recipe so yummy
    but a bit keras

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Julia..mengaduk adonan daging dan tepung, jangan terlalu kuat ya..agar bakso tidak keras..:)

      Delete
    2. jualan tepung baso dimana sob??pingin beli

      Delete
  22. Mbak...es batunya harus diserut ya ? Tq

    ReplyDelete
  23. Hy bunda... saya pernah coba bikin bakso pakai agar2.. tp kok menurut saya rasanya aneh ya... soalnya ada aroma vanilinya

    ReplyDelete
  24. Hy bunda... saya pernah coba bikin bakso pakai agar2.. tp kok menurut saya rasanya aneh ya... soalnya ada aroma vanilinya

    ReplyDelete
  25. Suka baca blognya mb Didi. Saya biasa bikin bakso tanpa pengenyal, mbak.
    400 gr daging sapi, 100 gr daging ayam, 4 sdm tapioka, 1 sdm bawang goreng, 1/2 sdt soda kue, 1 butir putih telur, 150 ml es batu serut. Bumbu halus: 1 sdt garam, 5 siung bwg putih, 1/2 sdt merica, 1/2 sdt penyedap (optional).
    Bisa dicoba, semoga bermanfaat..

    ReplyDelete