Thursday, July 3, 2014

Misoa Goreng Ekonomis



Gorengan maning..hihi. Iya nich..menu2 gorengan ini tetep jadi favorit je di rumahku teman2..nggak pernah bosan. Nah..salah satu gorengan murah meriah dan di suka semua warga rumahku yang cuma bertiga ini..hihi..yaitu..Misoa Goreng. Padahal ya cuma misoa murah meriah..sebungkus itu cuma 2500..plus kemaren ndak ada stock ayam, daging atau udang di kulkas..karena habis dari luar kota belum belanja ke pasar..akhirnya ya cuma tak buat versi misoa ekonomis. Tanpa daging apapun..tapi kok ya tetep enak dan gurih teman2..hihi. Dan tetep habisnya. Beda kalau bikin cemilan manis..pas Senin itu bikin klappi..kebetulan sekalian mau di foto baru..eh..ndak pada mau..Yodha sama papinya bosan makan yang manis2..akhirnya aku bagi2 aja..hihi. Kalau gorengan begini..pasti pada suka dech.

Oh ya..resep misoa goreng ini udah pernah ku share ya. Beberapa versi malah..nah kali ini biar komplit aku posting juga  versi yang paling sederhana..tanpa tambahan daging apapun..jadi ya..cuma misoa thok..sama wortel..dan daun bawang..hihi. Tapi  biarpun sederhana dan murah meriah..nggak  keliatan kan teman2..tetep menggoda kan ya..hihi...buat di cemal cemil. Jadi..bisa lho..kita bikin makanan mur mer..tapi tetap menarik baut keluarga di rumah. Oh ya..jajanan ini juga cocok nich buat takjil yang ekonomis..misal mau buat di bagi2 ke anak2 di Masjid..atau buat jualan menu2 buka di sore hari..pasti menguntungkan dech teman2..karena dengan bahan minimalis..bisa jadi jajanan   yang enak sekali.

Yukk..cobain ya..pakai misoa ukuran  kecil aja..kalau di sini sebungkus itu 2500 / 3000 rupiah saja...kalau di buat  ini..lumayan lho..bisa jadi sepiring misao goreng. Biar tampilannya sedikit wah..walaupun versi ekonomis..kali ini  menggorengnya di balut telur ya teman2..jadi dari luar nampak mewah kan penampakannya..hihi. Halah..lebay..gorengan aja kok mewah..:D. Iya lho..biasanya kalau di pasar2 gitu di jual misoanya..tambah ekonomis lagi..karena cuma di lapis adonan tepung aja misoanya.  Kalau ini kan penampilan misoanya kelas bakery..tapi harga bisa kelas pasar..hihi. Jadi pasti menguntungkan untuk usaha teman2.

Oke dech..yuk di coba teman2..enak sekali lembut dan gurih..misoa goreng ini. Cuma..bahannya memang kudu pakai misoa  ya..bisa di beli di supermarket tuch banyak kemasan kecil2 atau per pack gitu kalau di sini 2500 / 3000 harganya. Misoa ini memang unik..mienya kecil2 dan jika di masak jadi lembut  banget...dan bisa mengeras serta menggumpal ketika sudah masak...walaupun nggak pakai telur lho adonannya.


Oke selamat mencoba ya teman2..:
Misoa Goreng Ekonomis 

Bahan :
1 bungkus misoa
1 buah wortel, serut  kasar pakai serutan keju
2 batang daun bawang, iris kecil2
600 ml air
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk   ( optional  )
1/4 sendok teh merica
1/4 sendok teh gula pasir
Garam sesuai selera
2 butir telur untuk bahan pelapis

Bumbu halus :
2 siung bawang merah
1 siung bawang putih

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, masukkan air, misoa dan semua bahan serta bumbu lain. Masak hingga mendidh dan misoa matang serta air habis terserap di misoanya.
Siapkan loyang dan alasi dengan plastik atau olesi minyak. Tuang adonan misoa, ratakan dan agak di padatkan. Dinginkan hingga benar2 dingin, baru di potong2. Jika perlu bisa di masukkan ke kulkas sebentar.
Kocok telur untuk pelapis. Celup tiap potongan misoa ke kocokan telur, lalu goreng hingga kecoklatan dan matang. dengan cabe rawit..nyam..nyam dech..! Jika untuk usaha, bungkus masing2 misoa dnegan palstik bening, selipkan satu buah cabai rawit..siap..di jual..hihi.



32 comments :

  1. naaaahhhhh... ini dia resep yang pengen bgt aq coba tapi gak tau dimana caranya. pertama kali makan waktu arisan dasawisma beberapa bulan lalu dirumah tetangga. enak bangeettt. wah makasih mbak Diah utk resepnya. aku coba yaaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Amelia..met coba ya..ini versi yang ekonomis..jika mau lebih mewah..pakai ayam..daging atau udang..hihi. Di tumis setelah bumbu halas hgg matang dulu ya jika pakai daging dll..:)

      Delete
  2. mba diah, maaf mau tanya untuk satu bungkus misoa satuan beratnya berapa gram ya mba :) terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 110 gram mba..yang kecil sekali masak..ada juga yg kemasan besar soalnya..:)

      Delete
  3. Mba Diah, salam kenal ya, aku silent reader dan pengagum mu hehe
    tiap hari mampir lho, aduh kok malah ga nyambung sama judul posting, ngga papa ya Mba :)

    aku mau coba misoa nya juga ah..suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ndak pa2 Mba..mksh byk ya..udah sering mampir..:)
      Silahkan di coba..:)

      Delete
  4. Misoa apaan c mba? Aseli blm tau...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Miso aitu kayak mi kuning tapi kecil2 Mba Lina..itu ada gambarnya nongol dikit ya di foto..hihi. Kalau di masak itu hasilnya jadi lembut banget..ndak usah di kunyah aja bisa....biasanya selain di goreng buat sup oyong itu enak juga..:)

      Delete
  5. Mba diah,aku udh 2 kali bikin misoa goreng tp koq punyaku selalu ada aroma2 misoa yg gak enak ya mba ? Beda sama misoa yg beli di swiss. Caranya gmn ya mba biar gak berbau . Winnie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho baunya gimana mba Winnie..akalu aku bikin ya biasa ja gt baunya..hihi. Atau coba di blansir dulu di air mendidih..baru di olah...:)

      Delete
  6. Mbak, aku sdh coba, emang enak bgt lembut misoanya soalnya sering nemu resep misoa goreng tp yg pake dikukus lagi seblm digoreng, kalo resep mbak lbh praktis. Ternyata di tangerang harga misoa 6rb-an sebungkus berat cuma 100gr jadinya misoa gorengku malah kayak stik misoa goreng dah .. ;) habis tingginya cuman 2cm. Makasih ya mbak sdh sharing resep yg praktis & ekonomis ... -irene

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..mahal ya mba di sana..hihi
      Iya mba..aku juga kurang suka yang di kukus..jadi padat ..:)

      Delete
  7. Mbae..udah aku coba kemarin buat buka,,laris manis Mba..:)

    ReplyDelete
  8. Mbak Di... apa kabar, udah seminggu gak mampir ke blognya mbak Diah gara2 internet suka error....kangeeen...hihi. Selama puasa udah hampir 5x nih mbak bikin misoa goreng, bahannya murah, bikinnya simple dan hasilnya uenak mbak. Suwun buat resepnya ya mbak. Tapi aku bikinnya tak balut tepung panir mbak jadi penampilannya semakin 'mahal' hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wua..mba Erti baru keliatan..iya mba..kangen juga nich ngobrol seru soal makanan hihi..wis..podo bae mba..internet ku jug lemot beberapa minggu ini..tapi tak paksa wae tetep di pake..buat kerjaan juga soalnya lagi byk..hihi. Kadang tuch putus nyambung..putus nyambung koneksinya..di isi pulsa lagi yo tetep sama..kalau bisa..kdg2 tiba2 ngambek..nggak mau buka web atau lainnya...kadang2,.bisa tapi muter muter tok..huhu..sampai bingung musti pake apa ya internet di negara kita ini biar stabil..hihi..musti buka warnet kali yach..lol..!

      Delete
    2. Ertianna nugrahaniJuly 14, 2014 at 2:04 PM

      Yo ki mbak...jan tenan gregeten. Sangking banyaknya yg make tapi infrastrukturnya blm mendukung kali yo mbak...hihihi sok tahu. Secara indonesia pengguna HP, computer dll kan paling banyak dan hampir semuanya tiap hari pake internet...ditambah jaringannya kurang memadai, wis klop deh. Eh lha kok malah nglantur.... Yang penting hari ini aku mau bikin misoa lagi mbak. Enak banget buat buka puasa sambil nyruput kopi...hihi.

      Delete
    3. Hihi..tull mba..:)
      Weh..lha kok kayak Yodha mbake ini..kalau suka..ya itu terus yang di minta menunya..hihi.

      Delete
  9. Mba di daerahku per 250gram 14ribu loh,itu di dapet dari supermarket..termasuk mahal opo murah?? Aku di cirebon.

    ReplyDelete
  10. hallo mbak Diah, mau tanya ni..kalo adonan misoanya tanpa dikukus apa tidak hancur ya?soalnya kan ga padat gitu..ngebayanginnya kalo dikukus kan bisa lebih padat..makasi saran & infonya..

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. lapor mb Diah...sy sudah praktekkan resep ini 2X..yg pertama hasilnya blom maksimal, ngrebus misoanya agak kebablasan jadinya misoanya terlalu lembek...yg kedua alhamdulillah sukses, jadilah misoa goreng yg murah meriah n lembut plus gurih (oya sy ga pake bawang merah, jadi cuma bawang putih, garam, merica bubuk plus royco rasa ayam dikit)
    tq resepnya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..pk bawang bombay jg enak..:)

      Delete
  13. Mba, ini enak bgt sumpah. Aku doyan bgt misoa. Bikinnya ternyata gampang banget yaa, aku aja yg skill masaknya di bawah rata2 aja sukses di percobaan pertama. Ditunggu resep2 gampang lainnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sipp mba..syukurlah jk sukses uji cobanya ya :)

      Delete
  14. Halo mbak Diah, mau nanya kalau misoa nya setelah direbus ckup didiamkan saja ya sebelum digoreng? ga hancur ya? Sy baru mau coba sih :) Thx for sharing yaaa

    ReplyDelete
  15. Ma diah makasih ya resep" nya banyak resep yg sdh ak praktekin...dan skg jd jualan dch...trimakasih mba diahπŸ˜ŠπŸ˜€πŸ˜€

    ReplyDelete
  16. mbk diah misoa itu bukan bihun ya? atau mi jagung? atau memang khusus misoa?
    terimakasih

    ReplyDelete
  17. Mb Diah..mksh y resepnyaa..suami dan anak2 suka bgt..mlm ini aq bikin pas ujan deress di Semarang..jd cocok bgt sm teh panas..simple ,enak,dan murah meriah..

    ReplyDelete
  18. Lagi mau buat ini. Tapi tadi lupa gak pame gula. Hiks

    ReplyDelete
  19. Mba Diah itu klo pake bihun beda ya? terus klo hanis di tumis di campurin tetigu gak ya niar padet, klo gak ditambah terigu gak ambyar ya?

    ReplyDelete