Monday, November 10, 2014

Sirloin Crispy Steak



Waktu belanja daging dll,  kemaren..iseng nengok daging sirloinnya kok seger banget..masih fresh gitu. Jadi ingat pernah janji sama teman yang beli tepung crispy dariku..buat ngasih resep sirloin steak crispy..pakai tepung crispy yang aku jual itu. Oke dech, jadi kemaren langsung minta 250 gram sama mba pegawainya..terus aku minta sekalian potongin tipis2..jadi 4 buah dech..hihi. Mak irit bikin steak daging cukup 1/4 kg saja. Cukupkah buat orang serumah ?..Cukup bingits teman2..kan warga di rumahku cuma 3..lha itu kalau di lapisi tepung crispy kan udah jadi 4 porsi..satu porsi isinya udah lumayan besar lho..kayak di foto itu..satu porsi isi 2 potong sirloin steak crispy nya. Kok bisa..?..Bisalah..sini tak kasih tau rahasianya ya teman2..bikin steak daging ekonomis. Pas beli kan daging sirloinnya udah di potong tipis2 panjang tuch..sampai rumah sebelum di balut tepung..di pukul2 dulu pakai pemukul daging tuch lho teman2..yang bentuknya kayak palu..sampai memar tipis tapi nggak putus ya. Nggak punya pemukul daging..tenang..pakai *munthu* saja..hihi. Apa itu munthu ?..Ulekan batu..hihi. Jadi munthu di lapisi plastik tebal biar bersih..terus di pukul2 kan dech ke daging..bisa lho..jadi memar dan tipis lagi dagingnya. Selain bisa jadi besar steaknya..juga dagingnya jadi empuk..dan nggak alot ketika di kunyah. Tapi tadi aku gorengnya terlalu besar karena nggak ku potong jadi dua dulu 4 slices dagingnya..jadinya ngluntung steaknya pas di goreng karena kelebaran.. nggak bisa lebar2 gitu lho teman2..saking tipisnya dagingnya..hihi.

Oke..yang mau usaha steak crispy..simak ya tipsnya teman2..mari coba berhitung laba rugi juga ya..kalau mau pangsa pasar menengah ke atas..bisa jadi 4 porsi..kalau steak crispy yang ala2 mahasiswa gitu bisa jadi 8  porsi dech. Daging sirloin yang bagus 250 gram..30 ribu saja. Jadi misal di jual 10 ribuan steaknya..ala2 warung steak gitu..8 x 10 ribu..80 rb kan..hihi. Di kurangi bahan2 lain..masih lumayan lho untungnya..:) Tapi hari gini masih ada nggak ya steak 10 ribuan..hihi. Ada sich..di sekitar kampus Undip seket rumahku steak crispy gini 10 ribuan..tapi rasanya ke mana2..dech. jadi..kalau teman2.bisa bikin yang murah dan enak..yang pasti laku tho.

Tapi paling nggak buat menu keluarga di rumah udah pasti ekonomis dan lebih enak ya teman2. Jika nggak suka daging..ya pakai ayam saja..lebih murah meriah juga. Pakai daging bagian dada yang di iris tipis2..terus di pukul2 juga ya pakai pemukul daging biar  empuk  dan cepat matang ayamnya. Nggak suka ayam ?..Ganti udang..cumi ..atau paling murah bawang bombai juga enak di buat steak crispy gini lho teman2..gak percaya ?..Cobain dech..di rumah. dan yang pasti lebih praktis dech bikin steak crispy ini sekarang, karena aku pakai tepung crispy yang aku jual. Biasanya aku bikin steak crispy gini pakai tepung racikan ku sendiri..enak juga..tapi yang pakai tepung crispy ini memang tekturenya lebih kriuk kres kres gitu sensasinya. Ada dua macam..yang gurih dan yang bumbu garam dan rempah saja..jadi ada pilihan dech buat teman2..sesuai selera masing2. yang jelas..kriuknya itu lho..asli kriukk abis. Cocok banget buat bikin steak krispi ini. Tapi..kalau steak crispi ini kan dalamnya basah ya..daging dan juga di lapis kocokan telur..jadi nggak sampai berjam2 kriuknya. Kalu mau awet kriuk ya.bikin bawang bombai krispi..tempe krispi..jamur krispi dll yang nggak pakai kocokan telur.

Jadi..jika membuat steak crispy ini pastikan hangat2 segera di nikmati ya..seperti kalau kita makan di warung2 steak krispi itu ya teman2..jadi selalu pastikan menggoreng steaknya sesaat sebelum di sajikan. Jadi..jika mau buat steak ini..biar nggak buru2..bisa nyicil dulu bikin saus, rebus sayuran, dan goreng kentangnya. rendam daging di bumbu dulu, nah begitu waktu makan tiba..langsung goreng dech steak crispynya..jadi..steak yang hangat dan nikmat siap tersaji di meja makan rumah dech..nggak perlu ke resto steak lagi.

Oke..selamat mencoba ya teman2..jika suka...dan jika mau order tepung crispynya.di tunggu juga ya..hihi. ada terus stocknya kok..lha produsennya deket rumahku..kalau habis tinggal sms dech..jadi aku pastikan tepung mix crispy selalu di buat baru ya teman2..dari tepung terigu kemasan dan rempah2 bubuk aja....jadi fresh dan nggak pake pengawet dll. Tapung crispy ini enak di buat apa aja lho..bis abuat ayam goreng crispy, tempe goreng krispi, jamur krispi , bahkan buat goreng bawang bombay krispi aja juga enak banget.  Buat yang mau order tepungnya..di tunggu ya...hihi. Caranya via email di bundadidi@gmail.com, isi contact form di samping kanan atas web ini...atau inbox di fb..atau jika serius order boleh tinggalin no hp ntar ku sms.
Sirloin Crispy Steak

Bahan :
250 gram daging sirloin , potong jadi 4 bagian tipis2, pukul2 dengan pemukul daging hingga pipih dan lebar tapi nggak sampai putus.
1 sendok makan saus tiram untuk merendam daging  
4 buah wortel, potong panjang
100 gram buncis, potong panjang
5 buah kentang, potong serasi dengan wortel dan buncis
2 butir telur, kocok lepas
150 gram TEPUNG CRISPY
1/2 sendok teh merica bubuk
Minyak untuk menggoreng.

Bumbu Saus Steak :
2 buah tomat, rebus, buang biji dan kulit,cincang.
4 siung bawang putih, cincang halus
8 siung bawang merah, cincang halus
1 buah bawang bombay, cincang halus
2 sendok makan saus tiram
1 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh kaldu sapi ( optional )
1/2 botol saus tomat ukuran kecil 
1/2 sendok makan gula pasir
200 ml air
Minyak goreng untuk menumis 

Cara membuat :
Rendam daging dalam saus tiram, merica bubuk dan sedikit air Diamkan 30 menit.
Saus  :
Tumis bawang bombay , bawang merah dan bawang putih sampai matang dan harum. Masukan tomat cincang, air dan bumbu bumbu lain, tambahkan gula pasir, aduk sampai mengental. Jika kurang kental, bisa di tambahkan sedikit maizena cair.
Goreng juga kentang hingga matang. Rebus wortel dan buncis sebentar saja.
Tiriskan daging yang di rendam bumbu.
Gulingkan daging  yang sudah di rendam bumbu ke tepung crispy kering, celup ke kocockan telur, lalau gulingkan kembali ke tepung crispy sambil di cubit2 agar keriting. Ketok2 kan sisa tepung agar yang nggak menempel pada jatuh. Goreng di minyak banyak dan panas sampai kuning kecoklatan. Steak crispy yang ok..kulit luarnya crsipy, namun daging  tetep empuk juici dan matang sempurna.

Penyajian :
Susun kentang goreng,buncis dan wortel di piring saji,,, lalu letakan steak crispy nya..dan siram dengan saus spesial. Jika mau pedas, tambahkan saos sambal.




6 comments :

  1. mba diah... tepung crispynya mau dong... sm tepung kentang, cabe kering, aciku dll...

    ReplyDelete
  2. Mba Diah, kalo mau liat produk yang dijual apa aja bisa liat dimana ya?

    ReplyDelete
  3. Halo Mba Diah! Saya baca resep ini tadi sore, langsung eksekusi sore hingga malam. Alhamdulillah sekeluarga suka. Menurut saya pribadi: hasil steak mirip dengan foto Mba Diah hanya saja warnanya lebih tua. Saya menggorengnya sedikit lama untuk menghindari kurang matang karena kakak saya sedang hamil jadi saya ingin memastikan makanan yang dimakannya matang^^ Oia untuk jenis daging, saya memakai topside. Memang lebih alot daripada sirloin, tetapi tidak sealot ketika topside dimasak oleh Mba saya untuk rawon. Alotnya topside untuk rawon, duhhh bisa bikin nafsu makan hilang @_@

    Hanya saja mnrt saya kekurangan di masakan saya adalah: saus. Sausnya tidak seperti di foto Mba Diah. Rasanya mirip sekali dengan saus spaghetti (semestinya seperti apa ya Mba?), potongan2 bawang masih besar2 (padahal sudah saya cincang hingga halus), warnanya kemerahan bukan cokelat seperti foto Mba Diah. Sedih pisan alias sedih banget. Untungnya rasa saus lumayan, jadi ibu saya yang biasanya hemat makannya kali ini bahkan nge-gado-in steaknya.

    Boleh minta tips untuk masalah saus Mba? Terima kasih :)

    ReplyDelete
  4. Halo mbak dii, dicontek yaah resepnya mbak, udah aku praktekin juga :D :D
    biarpun ngga 100% sukses, tapi alhamdulillah enaaak hhehe, makasiih yaah ^^

    ReplyDelete
  5. Mbak di. Mau pricelist produk yg dijual dong ke amaliaphuput@gmail.com ya. Kayaknya praktis pake tepung yg udh jadi cuma aku jarang nemu yg enak (biasanya terlalu asin, takut kebanyakan msg juga). Aku pecinta gorengan tepung sampe ada temen yg bilang semua masakanku pasti dipakein tepung. Haha.. Jadi biasanya bikin adonan sendiri, cuma kadang males gitu. Hehe..

    ReplyDelete