Thursday, April 25, 2013

Nugget Tahu...Yummy...!


Pagi...udah masak buat hari ini Bunda..?..Belum punya ide..ini..aku kasih ide resep mudah dan enak ya..^^. Nugget tahu aja..baru mateng nich...masih anget..sambil nulis nich..cemal cemil nugget tahu sambil di cocol saus sambal..hemm..yummy...aku kurang suka nugget biasanya..tapi kalau nugget tahu ini..nggak bosan2 dech..^^. 

Nugget tahu ini sich tercipta resepnya buat ngakali Yodha tuch..si *picky eater*..yang biasa lah..suka pilih2 makanan dan nggak suka tahu. Kalau ku kasih olahan tahu dalam wujud asli..kayak tahu goreng..tahu bacem..sayur tahu dll..pasti aja pinter nolaknya...kalau ku tawarin makan tahu..dia bilang gini..ah Yodha udah tau rasanya..masakan Mami..pasti enakk..^_*..pinter nggak....?..Menolak halus..sambil nyeneng2 ngin Maminya..^^. Dasar Yodha.....

Nah..Maminya nggak kalah akal dech...aku olah tahu jadi nugget...makanan favorit dia..dan akhirnya jadi suka tahu dech dia..lah nggak kerasa murni tahu lagi kan..apalagi bentuknya..ya bener2 nugget..jadi..ketipu dech Yodha..makan tahu dengan lahap. Apalagi selain tahu ku tambahin juga udang sama ayam..nah dua makanan itu juga susah dia makan..kalau ayam goreng cuma suka bagian kulitnya..^^...nah..kalau udah di haluskan jadi satu olahan yang enak gini..makan dech Yodha..3 macam protein sekaligus..eh 4 malah..sama telurnya..^^....

Jadi..ayukk..pinter2 bikin menu yang enak dan anak2 suka ya Bunda..biar mereka lahap makan..kecuali anak2nya doyan makan sich..nggak masalah..tambah oke..di kasih nugget tahu gini..pasti dech suka juga. Oh ya..biar tambah bergizi bisa di tambah sayuran juga ya..tadi cuma ku kasih wortel sich..tapi jika suka..bisa di tambah bayam yang di rebus sebentar terus  di iris halus..brokoli..keju...dll...sesuai selera aja Bunda. Ayukk cobain ya..nugget homemade gini pastinya lebih sehat karena fresh dan tanpa bahan pengawet..juga lebih ekonomis..yukk..kencangkan ikat pinggang..eh...dompet..hehe..bentar lagi..BBM naik lagi lho..pasti dech..bahan2 kebutuhan dapur bakalan melonjak juga...huhu...*problem Emak2 tiap tahun..padahal gaji suami belum tentu ikut naik ya..^^

Ini resepnya ya..selamat mencoba..

Nugget Tahu

Bahan :
200 gram tahu ( bagusnya sich tahu Cina..cuma kalau nggak ada..tahu pasar juga ok..tapi..rebus sebentar dengan air garam ya..supaya bau asamnya hilang )
100 gram daging dada ayam ( cincang sampai halus )
50 gram daging udang kupas ( haluskan atau cincang halus juga )
2 butir telur
1 buah wortel, serut kasar
2 sendok makan tepung terigu
Bumbu kaldu instan rasa ayam 1 bungkus kecil / garam aja secukupnya jika tidak suka
Merica bubuk 1/2 sendok teh
Gula Pasir 1 sendok teh

Bumbu Halus :
2 siung bawang putih
2 siung bawang merah

Bahan Pelapis :
1 butir telur, kocok rata.
Tepung panir kasar ( misal..merk Mamasuka atau tepung panir kasar warna orange khusus nugget )

Cara Membuat :
Haluskan tahu, campur dengan semua bahan lain dan bumbu halus. Aduk rata.
Tes rasa dulu sebelum di kukus. Ambil sedikit adonan . goreng dan cicipi rasanya. Jika sudah sesuai selera, masukkan ke loyang kotak kecil yang sudah di alasi plastik. Kukus selama 30 menit. Dinginkan.
Potong2 sesuai selera. celup ke kocokan telur dan gulingkan ke tepung panir kasar.
Goreng hingga kuning kecoklatan dan matang. Sajikan dengan saus sambal.







37 comments :

  1. wah enak banget nih....gak terasa ya,aku ini ternyata banyak praktekin resepnya mbak diah...kadang mau masak aja buka blog mbak diah,ngintipin mama yodha masak apa lagi nih...hehehe...soalnya gampang sih mbak....dulu itu juga nuget ayamnya udah kutiru...walah...baru dikukus aja sudah dimakan,katanya sudah enak bun,meski gak pakai tepung roti,dibilangin ntar dulu ya,mau dipanir dulu eh pinter ngeles katanya lha ini sebenarnya kan udah mateng bun,kan udah dikukus... hehehehe....eh mbak diah ikutan grup langsung enak ya...tapi kayanya gak aktip lagi ya mbak...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..enak Bun...ini variasi aja..kalau lagi bosan..sama nugget ayam..dan lebih ekonomis nich..klu lagi tanggal tua..bikin nugget tahu aja..^^

      Duch..senengnya ..kalau punya anak jago makan gitu..belum mateng aja udah di serbu..ngiri aku...hihi..lha kalau Yodha..Maminya heboh masak macem2..makannya dikit aja..^^..tapi skrg lumayanlah..dah suak request2 pgn makan apa Yodha..nggak separah dulu..^^

      Langsungenak..iya..nggak cuma ikutan..malah dari awal berdiri grupnya sama Mba Nina yang punya aku udah aktif..di webnya..skrg..lagi nyepi dulu..di blog..ntar ..aktif lagi klu udah tenang..^^..ini Bunda siapa tho?..ikutan gabung di LE juga?

      Delete
    2. pengen ikutan mbak...kayanya seru n bisa dapet banyak ilmu....tapi aku perhatikan kok di grup itu ada yang kalo komen gak perhatikan perasaan orang ya mbak....gak berbaik sangka dulu...kayanya jadi ngeri...takut dijudesin hehehehe....mbak...caranya bikin blog gimana sih....pengen punya blog,tapi belum bisa,n gak punya kamera bagus...cuma kamera hp biasa....ntar gmbarnya bisa bagus gak ya mbak...

      Delete
    3. Hihi..iya Mba..memang orang macem2..aku juga salah satu korbannya..pas hamil kemaren malah aku di bully habis2 an..sampai sedih banget...kalau posting sesuatu...padahal niatnya cuma berbagi resep..di bilang suka pamer lah..di kritik ini...itu lah..nggak tahu juga aku salah apa sama orangnya..wong aku juga kenal langsung juga enggak..cuma di grup aja itu kenalnya..padahal aku sama dan teman2 lain yang ada di grup dari awal udah yang punya udah baik banget ^^..tapi ya sudahlah..lupakan saja..iya..Malah curcol ya..^^

      Lebih enak berbagi di blog kok Mba..mau cerita apa aja juga bebas..^^ ndak di protes atau di juteki orang..hihi..bikinnya gampang Mba..daftar dulu di Blogger.com..ikuti petunjuknya satu persatu. Kalau bingung..search di google..banyak panduan bikin blog secara detail..kita tinggal ikuti aja langkah2nya. Foto..pakai kamera bias ndak masalah Mba..tinggal belajar aja motret yang baik..banyak juga panduan di internet..aku kadang ya pakai kamera DSLR..tapi kalau lagi di pakai suami ya pakai kamera digital biasa..yang penting..sharing ilmu di blog ..niatnya kan Mba..^^..ayo semangat..!!

      Delete
  2. Wah, bahannya ada semua, sayang ngga ada kukusan. Eh mbak, bisa minta tlg ngga minta resep ayam goreng kremes. Selama ini nyoba ngga pernah jadi. Aku seneng lho baca blognya mbak Di, asik kalu ada cerita di balik masakan. Dan mesti berhasil resepnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya..ayam goreng kremesnya ..ntar ya..tak buat dulu..nanti di upload dech..dulu sering buat..cuma nggak ke foto..^^..atau ada email nggak ku kirimkan resepnya ?

      Delete
    2. Kalau nggak punya kukusan..nuggetnya bisa langsung di goreng kok Mba..kayak bikin perkedel tahu gitu..adonan di bentuk gepeng bulat..di celup telur terus di guling ke tepung panir..lalu di goreng dech..beres..sama enaknya..cuma musti terendam minyak ya nggorengnya..biar matang merata sampai dalamnya..^^

      Makasih ya udah sering mampir ke sini dan mau denger cerita keseharianku..^^...

      Delete
    3. Boleh deh mbak, ke email juga gapapa. Ini alamatku: clarence_gis@yahoo.com. Kalo adanya ayam boiler juga bisa ya mbak? Disini tu meski ada ayam organik, tetep aja buesar2 dan rasanya hambar. Iya deh, aku buat nugget tahunya. Disini yg murah emang tahu, kalo tempe ukuran 2x10x10 cm aja 3 dollar. Jadi mesti rajin buat variasi tahu. Rajin2lah bikin resep tahu mbak, biar bisa kucontek, hehehe....thanks yah mbak!

      Delete
    4. Wah..suka duka tinggal di luar ya Mba..cari kukusan dan bahan2 makanan Ind aja pasti agak susah..^^..beres Mba..tahu sich salah satu makanan favorit ku...jadi musti sering masak tahu..dan lagi membiasakan Yodha masak tahu juga soalnya..hihi...
      Nanti ku email resepnya ya Mba..^^

      Delete
    5. Oh ya..kalau nggak mau repot mencelup dan melapis pakai panir..sebenernya langsung di sendokin..di goreng juga bisa Mba..adonan nugget tahu ini..kan udah pakai telur dan sdkt terigu di adonan..jadi aman kok..nggak akan ambyar..^^

      Delete
  3. Kirain sy saja yg merasa "kurang nyaman" d LE ternyata yg lain AÐa juga... :) y memang karakter org berbeda2 y, niat dan tujuan tiap org yg masuk grup itu jg beda..sy sbg new comer jg kdg merasa gimana gitu, sampai mikir Ω̶ƿɑ harus yg bs bikin resep, hasil2nya bagus, foto2nya menggiurkan baru bisa ber"kawan" dg yg lain...y yg pntg tetap berpikir positip saja lah, niat kt masuk grup kan saling bertukar ilmu dan resep masakan..*ups malah curcol :D
    Saya juga senang ngikutin resep2 mbak Diah, sampe kmren Ğαќ aktif sy buka2 blog mbak Diah..krn sy suka resep2nya yg gampang, pembahasan n tipsnya jg serta tutur bahasa yg mbak Diah gunakan itu "sopan" jd yg mbaca juga ikutan respect :) maaf kepanjangan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..banyak yang akhirnya ngilang kok Mba..dari grup..yang member2 lama..ya karena gt..*kecentok sama komentar2 satu orang yang rada nyakitin gt..*....Jadi member bayangan aja Mba..aman..nggak bakalan sakit hati..jadi liat2 aja..buka2 aja gitu kalau Mba nya nggak mau aktif..^^..

      Yapp..yang penting semangat..tetap berkreasi di dapur Mba..buat keluarga..berbagi bisa di mana aja kok..asal ikhlas..pasti ada pahala..^^..ayukk belajar nge blog..^^

      Delete
    2. wah berarti emang kurang peka kali ya mbak itu orangnya...astaghfirullah jadi suuzhan....lha coba mbak bayangin,kan ada yang nanyaminta saran bekal buat suaminya mau tugas naik gunung bekalnya apa,suaminya habis operasi/opname jadi gak boleh makan pedes2...eh lha kok si oknum komennya gini "baru sembuh kok naik gunung,namanya nyusahin orang".padahal mbak ternyata suaminya itu tentara,yang harus melaksanakan tugas....masya allah....mbok ya prasangka baik ya mbak....ah udah deh jadi males aktip di grup itu...bener mbak diah,member bayangan aja yah...hahahaha nyolong ilmu :)....bener kok mbak yang d atas,aku juga suka ngintipin blognya mbak diah...menurutku sih mbak diah gak sombong,gak pamer ya wong mbak diah niat berbagi kok...aku aja pengen kok berbagi kalo habis praktekin makanan...kalo gagal pengen dapat masukan biar lebih pinter....kalo sukses pengen berbagi...apalagi mbak diah yang ahli masak,jago ngutak atik/ciptain resep wajar dong pengen berbagi...malah baik hati kan,dapet pahala kan insya allah namanya ilmu yang berguna termasuk amal jariyah...daripada yang diumpetin ilmunya......eeehhhh ini kok curcol terus2an ya...jangan2 tu oknum ntar murka hehehehe...terusin ngeblognya ya mbak diah...aku juga seneng kok dengan blognya,soalnya ada cerita2nya...

      Delete
  4. Hihi..iya..aku senyum2 aja dech baca curhatan Mba..soalnya aku ngerasain banget di gituin..duch..baru sekali ini dalam hidupku ada orang yang mem bully aku segitunya..sampai dalam banget membekas di hati ku Mba..pengen sich nge lupain semua kata2 menyakitkan itu..cuma kok ya keterlaluan banget sich..kalau kita membela diri komen satu kalimat..balasannya bisa berbaris2 kalimat..dan tambah menyakitkan kata2nya..hiks..hiks..eh udahan dech..drpd aku ke ingat terus..hihi..udah lupa sich sebenerya kmrn..aku sampai kayak trauma lho Mba..pas paling parah tuch masih ingat nggak aku posting cake zebra dulu..nah..kan banyak yang coba tuch..ada yang berhasil..ada yang gagal..kalau ada yang gagal ..aku selalu di pojokin..di kata2 in resepnya nggak oke lah..sampai klu ada yang posting bikin zebra cake dan gagal..terus dia komen..gini..* Hemm..kok banyak yang gagal ya..coba resep ini..*...atau komen gini nich...*Hemm...so may thing in my head..but better keep silent..*..atau komen gini juga..*semedi..sambil kethuk2 kaki..*..jadi ..maksudnya apa coba...maksudnya dia tuch mojokin aku..kok banyak yang gagal..nyoba resepku..gt..pdhl ..pada gagal krn nggak sabar ngikutin step by step....dll..tapi..kalau ada yang berhasil..dan bagus hasilnya..nggak komen blass dech Beliau nya..^^..dan yang paling menyakitkan adalah..ketika..aku posting menu yang sama..tapi foto berbeda..aku kasih resep karena ada teman yang tanya resepnya...kan ku tulis lagi resepnya di postinganku..eh beliaunya komen gini..*Ini kan sudah di posting dulu..resep juga sudah..bikin capek aja..yang nge doc..buang2 waktu..nge doc resep yang sama*..Astaga..aku sampai syok..karena aku juga ndak pernah minta2 resep ku buat di doc..aku cuma njawab krn ada yang tanya lagi resepnya..*..eh di jawabnya lebih ketus lagi..aduch..begitulah Mba..sampai dulu aku sempat trauma untuk posting..*..segitunya ya....sekarang sich udah santai aja..eh..makasih udah dengerin curhat ku..moga2 setelah keluar unek2 ku ini ndak ku pendam2 lagi dan bener2 bisa ngelupain...dan memaafkan..^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, aku jd baca2 komen yl disini. Hii...serem yah ikut2 grup masak begitu? Aku ngga pernah ikutan, untunglah. Jahat ya kalo komen,,pdhl aku tu yg biasanya gagal kalo ikut resep mbak Di selalu jadi ( kaya cilok yg kapan hari aku rekues). Dah ga usah diinget2 lagi mbak, biasa org judes gitu. Yang pentin terus berkarya mbak, biar dia tau kata2 jahatnya tdk mengenai sasaran. Semangat!

      Delete
    2. Sebenernya banyak yang baik juga sich Mba..teman2 lain..cuma memang ada yang unik gt..iya Mba..udah lupa kok..kmrn sempat aktif lagi..abis kejadian2 nggak mengenakan itu...di grup....

      Makasih Mba..supportnya..iya..tetap semangat berkreasi..yang penting tidak merugikan orang lain..^^..di blog ini lah aku nemuin teman2 yang benar2 tulus..sampai banyak yang komunikasi via email..kia sharing dan jadi deket..^^

      Delete
  5. tul mbak,gak usah dipikirin lagi....mulianya hati mbak diah,orangnya ga minta maaf tapi mbak udah mau memaafkan....tetap semangat posting resep mudah tapi enak ya mbak...makasih mbak diah mau berbagi....

    ReplyDelete
  6. Ya Mba..tetap Semangat berkreasi aja....keep smile...^^

    Ikhlasin aja Mba di zholimi..nunggu orangnya minta maaf juga percuma...nggak bakalan mungkin..karena nggak pernah merasa..bahwa kata2nya itu bisa menyakiti hati orang lain..Mba yang nggak ngalamin aja merasa nggak nyaman ya..apalagi aku yang di serang terang2 an..Aku cuma manusia biasa..yang punya perasaan je...Kalau kita mengungkapkan rasa ketidak nyamanan kita dengan kata2nya..dengan santainya orangnya akan bilang..*Wow..ngono wae mutung..dan bla..bla..lebih heboh lagi jadinya kata2nya*..jadi akhirnya ya..aku mending ngalah aja..lebih baik diam..drpd ribut di forum umum..yang menurutku kekanak2an dan memalukan..^^

    ReplyDelete
  7. Mbak diah,panir khusus utk nugget wrn orange itu apa ya merk nya? Ak kok blm pernah liat di supermarket yaaa....mohon info nyaaa.thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belinya di Toko bahan2 kue Mba..jadi udah di bungkusin palstik gt..nggak ada merknya..merknya ya merk tokonya..besok tak fotoin ya..Di tunggu aja..ntar ku upload..^^

      Delete
    2. Ok mbak..kutunggu foto nya....Thanks

      Delete
  8. mbak diah, aku udah beberapa kali bikin nugget tahu resep mbak diah ini, dan alhamdulillah cocok banget mbak sama rasanya, selalu nyetok di freezer ^_^
    aku mau nanya mbak, kalo misal mau bkin nugget tapi bahan dasarnya ayam + wortel aja, komposisi nya berapa ya mbak? di blog mbak diah ada beberapa resep nugget ayam aku bingung mau praktek yg mana mbak yg paling enak, secara baru nyoba pertama nugget tahu ini udah langsung cocok sekali.
    ditunggu jawabannya ya mbak diah,, makasih :)
    -amel-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah Mba Amel..jika sesuai selera ya...kalau nugget ayam...resep berbeda Mba..udah ada di blog..coba di search aja di pojok kanan atas yang ada tulisan go..dgn kata kunci..nugget ayam..:)

      Delete
  9. Hai mba.. Salam kenal yah.. Mw tanya donk, apa ya beda tepung roti sm tepung panir?? Ak coba bikin nuget pake tepung roti kobe, kok kulitnya gak beraturan gtu ya?? Gak kayak yg dibeli2 d toko itu.. Makasi mba.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mba Indah..maaf ya..yang ini kok kelewat..dan baru bales skrg..tepung panir dan tepung roti sama ya Mba..beda istilah aja..mungkin bentuknya aja yang beda masing2 merk. Mungkin agak kasar ya Mba yang kobe?..aku biasa kalau nggak pake tepung panir khusus nugget ya pakenya Mamasuka.

      Delete
  10. Halo Mba Diah, ketemu lagi di sesi nugget hehe....Mba mohon pencerahannya donk, saya nyoba bikin nugget tahu, tapi ketika mau dikeluarkan dari loyang untung digoreng, tahu nya agak kurang padat, jadi mesti pelan2 kalo tidak bakalan hancur...salahnya dimana ya Mba?Makasi Mba Diah......Utami......:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Utami..di dinginkan dulu baru benar2 dingin Mba..kalau perlu masuk kulkas dulu biar agak padat..terus di lapis panir dulu sebelum di goreng..biar jadi set..gt luarnya..:)

      Delete
  11. Wah iya mungkin karena kurang dingin kali ya Mba, setelah dikukus saya ga sabaran pengen goreng, penasaran soalnya hehe...iya saya lapis dulu dengan panir Mba hehe....makasi pencerahannya Mba Diah hehe....Oiya, mba boleh tau bocoran gadget dapurnya ga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..gadget yang mana Mba..yang terbaru,..udah aku tulis di komen bawah postingannya..:)

      Delete
  12. Emaaaak... aku lagi bikin nugget tahu nih. Ini entah yg keberapa kalinya aku bikin, kalo pas lagi ada stok tahu aja. Secara, untuk bisa punya tahu kudu ke Dubai dulu, ada temen suami yg jual di sana, huhuhu. Alhamdulillaah, suamiku seneng banget varian tahu dibikin nugget begini, pdhl biasanya maniak di goreng biasa aja. :)))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mak Isti..oh..sudah ya Mak..cari tahu di sana..tak pikir banyak kalau tahu..ternyata ndak ya..hihi..palagi tempe ya Mak..pasti susah lagi ya..di stock udah dalam bentuk nugget gt Mak..kan lebih awet...tahunya.

      Delete
    2. satu bungkus tahu itu 500gr, Mak. Jadi kmrn aku bikin 1 aja dulu, campur ayam fillet (adanya itu doang di kulkas) sama wortel. Sisanya, 2 bungkus lainnya, aku kukus terus masukin kulkas biar awet.

      Tempe juga sama, belinya di Dubai. hahahha. Aku beli banyak, nyetok masukin freezer.

      Nanti nugget tahunya aku fotoin deh, kemaren gak aku foto karena buru2 mau langsung dimakan anak2. :D

      Delete
  13. Mba di, salam kenal. Saya pembaca bayangan blogmu mba.. Mba anak ku usia 15 bln, kl pake tepung terigu aku takut jd msh agak keras. Ada bahan pengganti biar agak lembut mba? Kl pake roti n d rendem susu bisa ga mba? Anakku lg susah makan mba. Hiks... Makasih ya mba di..,

    ReplyDelete
  14. Hi mba.,.nggak keras kok mba..tapi jika mau boleh di ganti tepung kentang ata roti boleh..:)

    ReplyDelete
  15. Hallo mbak diah.saya silent reader sudah lamaaa. Baru sekarang koment setelah bbrp mibggu lalu baca profil mb diah di nova. Selamat ya mbak. Eh kalo di tempat saya (siantar) tepung roti itu bahasa buat tepung terigu. Sementara saya taunya tepung roti itu tepung panir he2

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin yang di maksud tepung untuk bikin roti gt ya mba..dari bahasa Inggris..Bread Flour yam ba..:D

      Delete
  16. Mbak, resep ini setelah dipotong n dipanir bisa disimpen di freezer dg ditumpuk kah?

    ReplyDelete