Monday, April 29, 2013

Pagi2..menikmati legitnya Carang Gesing Pisang dan Roti Tawar...^^



Pagi teman2..udah sarapan..?..Aku malah belum sempat sarapan tadi..karena setelah rutinitas pagi ..tugas harian seorang *Emak..nyiapin anak sekolah dan suami udah berangkat kerja beres..mau sarapan kok males ^^..eh mau beres2 dapur..liat pisang raja yang udah over ripe..alias kematangan di plastik..baru ingat..kamaren abis pulang jalan2 dan makan di luar sama mertua kan di rumah  di tawari pisang raja..tapi udah kematengan kata Beliau..karena kulitnya udah menghitam semua..pas ku liat dalamnya..masih putih kok..dan masih harum wangi pisang raja..ya udah..langsung angkut dech..eh..lupa masukin kulkas..untung pagi2 ku liat masih oke dalamnya..jadi langsung aja..nguplek di dapur..jadi dech Carang Gesing nich..dan akhirnya sarapanku pagi ini adalah menikmati legitnya si Carang Gesing ini....sekalian bikinin suami buat takjil buka puasa nanti sore....^^

Buat yang belum tahu Carang Gesing..adalah jajanan tradisional yang manis dari  daerah Jawa Tengah..biasalah orang Jawa kan suka yang manis2 ya..tapi tenang..kalau Carang Gesing buatanku..tidak terlalu manis kok..manisnya pas2 saja..karena aku lebih suka menonjolkan rasa manis dari pisangnya..ini aja aku cuma pakai 50 gram gula pasir..udah manis..karena pisangnya sendiri..udah kematangan dan manis banget karena masak pohon..jadi masih masuk kategori legit lah..nggak kemanisan..^^ Carang Gesing ini aslinya cuma pakai pisang aja..gula , telur dan garam..tapi aku lebih suka kalau ku tambahin roti tawar yang di potong kecil2..selain lebih legit..Carang Gesingnya juga lebih padat..dan mengimbangi manisnya si  pisang ini juga..biar tambah pas..nggak berlebihan manisnya. Aku sampai kaget kadang..kalau baca resep Carang Gesing tuch..ada  yang pakai gula sampai 400 gram..wah..hampir setengah kilo dong..kayak apa manisnya coba..^^. Telur pun aku nggak pake banyak2..cukup 1 butir aja..buat nambah kelegitan si Carang Gesing ini..jadi..jangan takut dech...bikin jajanan manis Jawa..kita bisa buat juga kok di sesuaikan selera yang enggak manis2 amat..^^..walau *durhaka* pada resep ya..yang udah di ciptain oleh para leluhur..hihi..dan kita obrak abrik sendiri....

Jadi..mau coba resep Carang Gesing ala aku..yukk siapin bahan2 nya ya..super duper gampang..sekalian dech bisa memanfaatkan sisa roti tawar tuch..yang biasanya numpuk di meja makan...sebelum kadaluwarsa..karena nggak ada yang makan..nah..dengan di olah jadi jajanan enak gini..pasti kemakan dech..jadi kita bisa memanfaatkan dua bahan yang hampir di buang kan..pisang raja yang udah kematangan dan roti tawar..yang nggak habis2 di meja..^^..dan jadilah..Carang Gesing yang legit..manis dan gurih..pas..menyatu membelai lidah..beneran lho..enyak..enyak..apalagi kalau makannya setelah di masukin kulkas wah..rasanya makin mantabb..Mak Nyees dech..^^..Selamat mencoba teman2....

Carang Gesing Pisang dan Roti Tawar

Bahan2 :
8 buah pisang raja yang udah bener2 tua dan matang ( kalau masih muda atau nanggung matangnya suka sepet soalnya rasanya )
4 keping roti tawar tanpa kulit
50 gram gula pasir
1/2 sendok teh garam
1 bungkus kecil vanili ( Karena tadi nggak ada pandan..ku ganti vanili aja..biar wangi..kalau ada daun pandan..boleh pakai daun pandan..yang di potong2 terus taruh setiap bungkus Carang Gesingnya. )
Santan 250 ml dari 1/2 butir kelapa ( atau pakai santan instan yang dicairkan,100 ml..di cairkan jadi 250 ml )

Cara Membuat :
Potong pisang raja bulat2 kecil. 
Potong Roti tawar kotak2 kecil
Kocok asal rata telur dan gula, garam dan vanili, tambahkan santan. Aduk rata.
Masukkan pisang dan roti tawar. Aduk rata.
Ambil2 2 lembar daun pisang. Isi dengan dua sendok makan adonan, lalu bungkus bentuk tum. Kukus selama 20 menit hingga matang. Sajikan dingin setelah masuk  kulkas..lebih nikmat.

Tips :
Pakai daun pisang yang dari pohon pisang klutuk ya..yang daunnya halus dan lemas..lentur..enak di bungkus2 dan tidak akan bocor. tapi jika nemu daun yang keras..jemur dulu sebentar supaya agak layu dan gampang untuk di buat bungkus tum. Soalnya jika cairannya bocor..nanti kurang legit Carang Gesing.nya.walau tetep enak sich..tapi jadi lebih padat aja dan kurang lembut.
Jika tidak punya daun pisang..bisa pakai cup alumunium foil yang kecil2 tuch..atau pakai loyang tahan panas..trus maemnya di sendokin aja..^^..jadi juga..rasanya tetep enakkk..^^


6 comments :

  1. Mbak, di resepnya kayaknya Mbak nggak nulis telurnya deh:-)
    Satu butir kan telurnya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba..1 butir telurnya..*lupa nulis..hihi *

      Delete
  2. Mba Diah, susah bungkus nya, santen nya bocor muluk, btw cara nya bagaimana ya biar bungkusnya rapi & gak bocor, padahal udah pake daun pisang kluthuk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Tika...daunnya bisa di lemeskan dulu Mba..jika belum pinter mbungkusnya..caranya..di panggang di atas api kompor bentar hingga sedikit lemes..atau di jemur di bawah sinar matahari..jadi lebih mudah dan lentur daunnya..jangan lupa di dobel ya mba..daunnya..:)

      Delete
  3. siap mba, kemaren sampe aq dobel 3 lembar, malah jadi susah sematin lidi nya, hehee, okeyy akan ku coba, thanks mba diah :)

    ReplyDelete
  4. Mbak, lg gk ada persediaan daun pisang niiihh...kalo dijadiin satu di pinggan tahan panas bisa gk?

    ReplyDelete