Wednesday, April 17, 2013

Sapo Tahu Udang


Sapo Tahu...salah satu Chinese food populer ya,..biasanya di sajikan di restoran2 seafood..buat pendamping lauk lain. Biasanya sich sapo tau nich di makan rame2..karena porsinya yang besar. Ini adalah salah satu menu rumahan favorit suami....jadi tahu sutra atau egg tofu  wajib ada di kulkas. Suamiku memang suka Chinese food..jadi di dapur ku..bumbu2 chinese food kayak minyak wijen..kecap ikan..saus tiram..dll wajib ada . Kalau sudah makan sapo tahu nich..bisa habis semangkuk besar tanpa nasi dech suami...jadi seneng dech masaknya..kalau di habisin..^^

Tahu kan salah satu menu murah meriah..tapi kaya gizi ya..jadi jangan ragu untuk sering2 masak tahu untuk keluarga...nah salah satu varian tahu yang enak ya egg tofu ini. Tekturenya lebih lembut dari tahu biasa. Biasanya egg tofu ini banyak di jual di Supermarket ya..di rak pendingin..karena tekturenya memang sangat lembut dan tidak tahan jika di simpan lama di suhu ruang. Selain lembut kelebihan egg tofu ini lebih bergizi ya..karena selain di buat dari sari kedelai..juga ada tambahan telurnya. Nah kini pun egg tofu makin bervariasi rasanya..ada yang rasa udang..rasa ayam..jadi lebih enak dan tidak akan bosan dech. Buat anak2 yang nggak suka makan tahu biasa..kasih egg tofu ini aja teman2..pasti suka..Yodha juga gitu..kalau masak sup..suka ku kasih sedikit egg tofu ini,...karena rasanya lembut dan enak ya di makan..beda sama tahu biasa..pasti langsung di lepeh2..^^

Yukk cobain bikin Sapo tahu sendiri di rumah..pasti seru buat makan bersama keluarga..atau pas lagi ada acara dan bingung mau buat menu apa yang beda, cobain dech..rasanya seger..enak dan bergizi..simak resepnya ya...

Sapo Tahu Udang

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
2 buah egg tofu , potong 2 cm, lumuri dengan sedikit maizena, goreng dengan minyak panas sampai berkulit 100 gram udang , kupas, sisakan ekornya, kerat punggungnya
5 buah bakso ikan, belah jadi dua
1 buah bawang bombay, iris panjang
3 siung bawang putih, memarkan
2 cm jahe, memarkan 2 buah wortel, iris miring
3 lembar (20 gram) jamur kuping, rendam, potong-potong
3 1/2 sendok makan saus tiram
1 1/2 sendok makan kecap ikan
1/2 sendok teh garam / bumbu kaldu
1/2 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
750 ml air kaldu ayam
1 kuntum brokoli, potong-potong, batangnya kupas, iris
1 kuntum bunga kol, iris
50 gram jagung muda / putren, potong tipis serong
2 sendok makan tepung sagu, dan 2 sendok makan air, larutkan
2 batang daun bawang, potong-potong miring besar
1 sendok teh minyak wijen
3 sendok makan minyak untuk menumis


Cara Pengolahan :
  1. Tumis bawang bombay, bawang putih, dan jahe sampai harum.
  2. Masukkan udang dan bakso ikan . Aduk sampai udang berubah warna. Tambahkan wortel dan putren. Tumis sampai layu.
  3. Masukkan jamur kuping.Tumis sampai layu.
  4. Masukkan saus tiram, kecap ikan, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Tuang kaldu ayam. Masak sampai mendidih. Tambahkan brokoli dan bunga kol. Masak sampai matang. Koreksi rasanya.
  5. Masukkan egg tofu. Aduk perlahan. Kentalkan dengan larutan tepung sagu. Masak sampai kental.
  6. Masukkan daun bawang, minyak wijen. Aduk rata.

2 comments :

  1. ini dia yg dicari...udah sering masak egg tofu..tapi gak bisa semulus spt mbak...rupanya pakai maizena ya...sapo ini juga fav.ku krn kalau makan ini,jadi bisa gak usah makan nasi :D tq banget mbak... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..sama2..soalnya lembut bgt ya Mba..kalu langsung di masak atau di goreng langsung suka hancur..:)

      Delete