Monday, April 15, 2013

Orek Tempe Cabai Hijau


Good Morning...selamat  pagi...!...Nggak terasa udah Senin lagi..cepat sekali ya hari berganti..pengennya sich lebih cepat lagi..biar segera setahun berlalu..^_^..dan bisa segera program punya baby lagi..Alah..pagi2 udah lebay ya....

Sarapan dulu yukks..teman2..hari ini menunya Nasi merah ya...pengen mulai hidup sehat lagi nich..jadi..mulai sering masak nasi merah lagi nich...menu lauk yang pas buat sarapan sama nasi merah ini..adalah Orek tempe cabe hijau...serasa di wonosari dech..kan di sana menu khasnya begini..nasi merah..pakai orek tempe atau sayur tempe santan cabai hijau..enak semua..lauk..tinggal sesuaikan apa yang ada di rumah ..pakai telur ceplok atau dadar aja juga sudah enak..^_^

Ada yang suka nasi merah..?..Jika belum pernah coba..ayo cobain..lebih sehat lho..di banding nasi putih...ini dia kelebihannya :

1. Mengandung Serat Tinggi
Nasi akan memberi Anda nutrisi seperti magnesium, zat besi, serat, protein dan niacin. Namun perlu diperhatikan jenis nasi yang dikonsumsi. Pilihlah nasi merah, brown rice atau beras hitam ketimbang nasi putih yang merupakan karbohidrat sederhana. Mereka lebih baik karena kandungan serat yang tinggi serta memiliki karbohidrat kompleks yang lebih sehat.

2. GLycemic Index Rendah
Makanan dengan karbohidrat kompleks, salah satunya beras merah, memiliki tingkat glycemic index rendah yang berguna dalam pengaturan kadar gula darah dan produksi insulin. Selain itu juga menyediakan energi untuk memaksimalkan manfaat kesehatan.

3. Cepat Kenyang
Beras merah mengandung karbohidrat kompleks; jenis karbohidrat yang lama dicerna dalam tubuh. Sebuah studi di British Journal of Nutrition menemukan, mengonsumsi karbohidrat kompleks (kentang, oatmeal dan beras merah) bisa membuat Anda kenyang hingga berjam-jam dan makan kurang dari 320 kalori per hari. Saat makan siang atau malam, ganti nasi putih atau mie dengan nasi merah.

4. Sumber yang Baik untuk Zat Besi
Zat besi atau mangan membantu tubuh untuk menghasilkan energi dari makanan yang Anda konsumsi. Mangan juga merupakan komponen penting dari enzim dan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan oleh radikal bebas yang biasanya terbentuk selama proses produksi energi. Jadi, daya tahan tubuh meningkat dan energi bisa digunakan lebih optimal.

5. Kaya akan Zinc
Mineral ini membantu mempercepat penyembuhan luka dan menjaga sistem imun berfungsi dengan baik. Zinc juga kaya akan antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas yang bersifat merusak sel-sel dan jaringan tubuh.

6. Mengandung Vitamin B-6
Satu porsi nasi merah bisa memenuhi 23 persen kebutuhan harian dari vitamin B6. Jumlah itu yang memang diperlukan tubuh untuk menjalankan fungsi organ. Vitamin ini membantu menjaga keseimbangan dari pembentukan hormon serotonin (hormon pengatur mood), sel darah merah dan produksi sel-sel DNA.

7. Menurunkan Kolesterol
Nasi atau beras merah mengandung minyak yang bermanfaat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Maka dari itu, disarankan untuk menjalani diet beras merah dan gandum utuh dengan tujuan meningkatkan level kolesterol baik. Jadikan nasi merah sebagai makanan pokok dan sumber karbohidrat sehat untuk dikonsumsi setiap hari.

Mungkin ada yang berpikir Nasi merah sepo rasa nya ya..memang iya..tapi jika kita makan dengan di padukan lauk2 yang berbumbu kuat ..tetep enak kok..salah    satu lauk yang pas yang orek tempe ini...selamat mencoba...^_^..

Orek Tempe Cabe Hijau

Bahan :

Tempe 1 papan ( kira2 250 gram )
Cabe hijau 10 buah
Bawang merah 6 siung
Bawang putih 3 siung
Kencur 1 cm
Air 500 ml
Garam / bumbu kaldu secukupnya
Gula merah 50 gram
Kecap manis secukupnya

Cara Membuat :

Iris tipis tempe.
Iris serong cabai hijau.
Iris tipis bawang merah dan putih, kencur haluskan.
Tumis Bawang merah, bawang putih, kencur sampai harum. Masukkan cabe hijau.
Tambahkan air dan bumbu2 lain. Masukkan tempe.
Masak sampai tempe empuk, bumbu meresap dan kering.





No comments :

Post a Comment