Friday, April 12, 2013

Crispy Onion Ring


Bawang bombay goreng....mungkin buat yang belum pernah atau belum terbiasa makan..mikir...aneh..bawang bombay kok di goreng..kayak aku dulu..^_^..padahal yang udah sering ketemu bawang bombay goreng ya..kalau makan tempura di restoran Jepang tuch paling tidak kan ada satu atau  dua slice bawang bombay gorengnya..tapi kalau makan tempura dulu ya di sisihin aja..milih udang dan lainnya..^_^. Nah...perkenalanku makan bawang bombay goreng yang sesungguhnya ya pas makan di resto Chicken Buffet di Yogya..resto tempat makan sehari2 yag berkonsep modern..all you can eat..tapi ada sebagian masakan yang fresh dari open kitchennya..nah..dari berbagai menu tuch ada goreng2an yang selalu fresh...hangat tersaji seperti chicken crispy...barbeque..dll. nah pas ambil chicken crispy tuch di sampingnya ada gorengan juga..wah..calamaries alias cumi goreng nich..ku pikir..bentuknya bulat2..dan di goreng renyah..setalah ku makan..nah ..kok  beda rasanya sama cumi..ada rasa bawang..oalah ternyata bawang bombay goreng..tapi rasanya enak sekali..gurih dan manis..jadi ternyata bawang bombay itu kalau di masak atau di goreng tersendiri..citarasanya jadi manis lho...soalnya kan selama ini taunya bawang bombay ya buat bumbu aja aku...Nah sejak itulah aku ketagihan bawang bombay goreng. dari coba2 berbagai resep dari luar sampai me reka2 goreng sendiri sampai akhirnya nemu yang pas..yang rasanya seperti yang sering ku makan di resto  itu. 

Kalau di luar negeri bawang bombay goreng ini juga cukup lazim ya..di jadikan cemilan...cuma di sebutnya onion blossom..dulu aku pernah posting juga tentang onion blossom ini. Cuma kalau si onion blosson ini bawang bombay utuh yang di potong2 kecil2 perkelopaknya dengan alat khusus..sehingga menyerupai bunga yang mekar..terus di celup adonan tepung basah yang terbuat dari terigu, susu, telur dan bumbu2. Rasanya enak juga..aku pernah bikin. Cuma aku lebih suka versi onion ring Indonesia..yang lebih renyah..biasalah..orang Indonesia kan suka gorengan yang kriuk2 ya..^_^. Kalau di luar negeri..onion blosson atau ring ini biasa jadi menu pembuka..atau camilan di resto2 steak atau pasta ya..di Indonesia kata suamiku..juga sudah ada beberapa resto steak atau pasta yang ada menu onion ring gini..terutama di Jakarta..dulu sering makan katanya kalau pas lagi tugas di Jakarta. Jadi pas kau bikin sendiri..suami juga suka..bahkan sempat sampai suka sekali..karena sering banget minta di buatin..Yodha pun suka..kadang mereka rebutan..kalau aku goreng onion ring ini..^_^. Cuma karena saking seringnya bikin..akhirnya suami bosan juga..^_^..suamiku emang begitu...kalau di buatin makanan yang sama terlalu sering..akhirnya malah jadi bosan dan nggak mau makan lagi..walaupun awalnya suka....beda sama aku..kalau suka ya suka terus..^_^..dasar tukang makan ya....

Nah akhirnya aku sering dech bikin menu cemilan unik ini..eh buat lauk juga enak lho..gurih..sampai2 kalau ada acara keluarga besar ngumpul..aku sering bikin onion ring ini dan semua pada suka lho..terutama Eyang kakungnya Yodha..suka banget..yang makan pada bilang kalau onion ringin ini lebih enak daripada cumi goreng lho..jadi..yukk..cobain teman2...jika di rumah lagi nggak ada stock lauk..dan cuma ada bawang bombay..tenang..bisa jadi lauk yang enak kok..lebih enak dari cumi goreng dan yang jelas murah meriah...^_^...simak cara buatnya ya..

Crispy Onion Ring

Bahan :

2 buah bawang bombay ( yang lokal ya..jangan yang impor..soalnya rasanya lebih manis yang lokal dech..kalau bawang bombay impor tuch rasanya anyep..atau sepo..nggak manis dech )

Bahan pencelup :

100 gram tepung bumbu serbaguna ( cari yang tidak asin ya..karena ada beberapa merk tepung bumbu serbaguna yang rasanya asin dan aneh..kalau aku..cocoknya buat onion ring crispy ini adalah tepung bumbu KFC nya Sasa..enak..pas bumbunya  )
100 ml air es

Bahan lapisan :
100 gram tepung terigu
25 gram tepung beras
1 sendok makan tepung sagu
1 sendok teh bawang putih halus ( kalau nggak ada yang nggak usah pake..tetep enak kok )
1/2 sendok teh backing powder 
1/2 - 1 sendok teh bumbu kaldu bubuk rasa ayam ( sesaui selera aja..jika tidak suka..ganti garam biasa )
1/4 sendok teh merica bubuk

Cara Membuat :
 Iris melintang bawang bombay . Lepaskan satu persatu sesuai ruasnya sampai berbentuk ring.
Aduk bahan pencelup dan air.
Aduk rata dan ayak bahan pelapis keringnya.
Celupkan bawang bombay ke bahan pencelup..lalu gulingkan ke bahan pelapis kering sambil di cubit2 hingga keriting.
Goreng hingga kecoklatan dan renyah.
Sajikan dengan saus sambal..sesuai selera..atau buat teman lauk nasi ..yummy.

Tips..jika tidak suka atau tidak ada tepung bumbu instan ..ganti aja pakai tepung bumbu racikan sendiri..caranya buat lagi bahan tepung lapisan dalam jumlah yang sama..lalu larutkan dengan air es..jadi dech.

8 comments :

  1. wah pasti enyak ni mba diah... Ditaruh di atas nasi goreng yg pedassss... Mantabbbss...

    ReplyDelete
  2. Betul Mba Lina...pas banget tuch di makan sama nasi goreng...sensasi kriuk2 dan manis gurih bwang bombaynya tambah bikin lahap makan nasi goreng.tapi pake nasi putih aja juga enak lho..cobain dech..^_^

    ReplyDelete
  3. Setelah baca resep ini lgsg ingat punya sisa 3/4bwg bombay.. Lgsg deh ku coba.. Trnyt mmg enakk banget..suami n terutama anakku suka skali krn renyah... Yg tadinya mau d buat lauk krn sedikit malah habis duluan d buat cemilan :D thx mbak resepnya...salam kenal, fany...^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Fany..salm kenal juga..emang enak ya Mba..manis2 gurih rasanya...bisa buat cemilan juga emang..sering2 aja bikin klu anka dan suami suka Mba..kan murah meriah ini..^^

      Delete
  4. bawang bombay lokal n impor bedanya gmn mbak ? thx :)

    ReplyDelete
  5. Ah kesukaan aku niih, kalau di cafe - cafe mahal :D

    ReplyDelete
  6. Iya mba..saya pngn nyoba buat onion ring dr dl cuma saya ga tau resepnya.saya akan coba resep punya mba.makasih bnyk ya resepnya.oh iya Cara membedakan bawang Bombay import sama lokal bgmana ya?

    ReplyDelete
  7. Makasih mb infonya sangat mmbantu :)

    ReplyDelete