Wednesday, April 24, 2013

Sosis Solo Goreng


Wah....hari ini nggak dapat belanjaan apa2 di tukang sayur..begini dech jadinya kalau lupa sms dan pesan sesuatu..jadinya pas nyampe rumahku... tukang sayurnya..udah habis2 san dech..cuma tinggal ayam dada 1 buah aja lauknya..kira2 250 gram thok. Mau di masak kok nanggung ya..lagian..suami dan anak..udah pada bosan ayam..kalau cuma di buat ayam goreng..opor dll. Musti putar otak dech...mau di apakan si daging ayam yang cuma sedikit ini. Akhirnya..*cling..dapet ide dech..yukk kita sulap aja daging dada ayam ini jadi lauk atau jajanan yang enak..dengan sedikit usaha pastinya. Dah jadilah...menu pertama hari ini sudah matang..Sosis Solo Goreng..bisa buat lauk..atau di cemil gitu aja juga enak..sambil nyeplus cabe rawit pastinya...^^

Sosis Solo...jangan bayangkan sosis ayam atau sapi yang banyak di jual di supermarket itu ya..Sosis Solo adalah salah satu jajanan khas Solo..yang bentuknya mirip lumpia..tapi lebih kecil dan di isi dengan daging ayam suwir yang sudah di bumbuin. Sosis Solo ini ada dua versi..di goreng dan di kukus..keduanya sama2 enak..tapi kalau aku lebih suka versi yang goreng gini..biasa..penggemar gorengan...^^ Rasanya..enak sekali..legit..gurih. Di solo jajanan ini bisa di temui di banyak warung2 makan..atau warung soto..di pasar2 juga banyak..bahkan salah satu hidangan terkenal dari Solo yaitu sup Timlonya..juga di hidangkan dengan irisan sosis Solo ini. Tapi sekarang sepertinya nggak cuma di Solo ya ..Sosis mungil ini juga terkenal di daerah2 lain yang banyak buat menu katering..menu snack arisan dll. Di Semarang juga banyak yang jual sosis solo ini..cuma seperti biasa..lebih enak kan..kalau kita buat sendiri..apalagi dengan bahan2 yang minimalis..kayak hari ini nich..jadi dech ..menu yang enak..Si Sosis Solo goreng ini. Dari 1 buah dada ayam..tadi ku ambil dagingnya aja..jadinya 150 gram daging ayam suwir..jadinya 8 buah Sosis Solo goreng..lumayan..lebih dari cukup buat keluarga kecilku..^^

Sosis Solo ini juga oke lho buat suguhan..kalau lagi ada acara keluarga..arisan dll, bungkus dengan plastik bening tiap 1 Sosis Solo dan di selipi cabai rawit di atasnya..penampilannya jadi menarik. Dan yang pasti..rasanya enak. Buat isinya juga lebih praktis..daripada buat isian risoles atau lumpia yang perlu banyak bahan. Kalau Sosis Solo ini..isinya ya cuma suwiran ayam berbumbu aja..tapi enak banget rasanya...rasa isiannya hampir mirip2 lah rasanya dengan isian lemper ayam itu lho..cuma memang Sosis Solo ini di buat kecil2 bentuknya..supaya tidak mblenger ya..karena isinya ayam semua..jadi isinya nggak perlu banyak2 kayak isian risoles atau lumpia..kalau di isi sedikit kan penasaran..pengen makan terus..dan terus..^^

Cobain dech..pasti keluarga pada suka..nich ku kasih resepnya ya..Sosis Solo ala aku ...kalau mau bikin banyak tinggal di dobel aja resepnya..tadi sich..asal. aja..sesuai bahan yang ada..^^

Sosis Solo Goreng 

Bahan Kulit :
150 gram tepung terigu protein sedang
300 ml air
1 butir telur ukuran besar atau 1 1/2 butir telur kalau ukuran kecil
1/2 sendok teh garam

Bahan Isi :
150 gram daging ayam bagian dada, rebus dan suwir halus.
2 siung bawang merah
1 siung  bawang putih
1/2 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh bumbu kaldu ayam bubuk
1 sendok teh gula pasir
50 ml air

Cara Membuat :
Campur semua bahan kulit, aduk rata, saring hingga adonan halus dan tidak menggerindil

Isi : Haluskan bawang merah dan bawang putih, tumis hingga harum. Masukkan ayam. Aduk rata.
Tambahkan air dan bumbu2 lain. Aduk sampai bumbu meresap  dan kering. Dinginkan.

Buat dadar kulit tipis2. 
Ambil selembar kulit Sosis, isi dengan sedikit bahan isi. Bentuk seperti lumpia...tapi lebih kecil dan panjang. Goreng hingga kuning kecoklatan. Sajikan untuk lauk atau snack sore2..yummy.

4 comments :

  1. Hai mba diah.. Makasi resepnya yah. Ak udh coba sosis solonya. Kata suamiku rasanya enaakk... ^^ tpi yg ak sayangkan kok punya ku gak sepadat yg punya mb diah ya? Jdi begitu habis digoreng dia agak kempes gtu, trus ditengahnya dia berongga.. Duuhh bingung nerjemahinnya.. :( gmn caranya ya mbak biar lapisannya kulit yg udh digulung2 itu tetep nempel. Jdi kan kesannnya padAt. Makasi ya mbak.. Maapp klo bingung baca tulisannku :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti Mba Indah kurang kenceng ya nggulungnya..hihi. Ya tinggal di gulung sambil di padatin aja mba caranya..:)

      Delete
    2. Hmmm brrti gulungnya dlm keadaan si kulit dadarnya panas ato sdh dingin mb?? Maappp nanya banyak..

      Delete