Google Ad

Friday, April 5, 2013

Puding Santan Gula Merah


Puding santan dan gula merah...puding paling simple dan praktis. Bahan2nya murah...tapi   rasanya enak , lembut dan seger. Puding gula merah adalah favorit suami. Kalau pas puasa Senin Kamis..kalau lagi males bikin menu pembuka yang ribet2..bikin puding ini aja suami sudah seneng. Rasa original santan dan gula merah saja sudah enak..tapi jika ingin variasi rasa..bisa di tambahkan juga pisang raja yang matang..di kukus dulu sebentar..potong2..terus di campur di adonan puding..rasanya tambah kaya rasa. Atau di tambahkan nangka juga enak..harum dan legit...atau di tambahkan daging kelapa muda juga enak...sesuai selera saja.

Tapi versi originalnya juga tak kalah enak kok..penampilannya juga cantik..karena setelah di tuang di cetakan..nanti adonan santan dan gula merahnya akan terlihat terpisah sehingga seperti dua lapis pudingnya..padahal nggak di lapis itu..langsung tuang aja ke cetakan...mau coba Bunda..silahkan..ini resepnya..puding ini hasilnya lembut..karena takaran cairan nya tidak sesuai di kemasan bungkus agar2 ya..aku suka puding yang lembut..nggak keras..jadi jumlah cairan pasti ku tambahin sendiri  kalau bikin puding. Tapi puding ini lumayan kokoh juga kok..jika di buat isian snack box..bisa di masukkan ke cup2 plastik kecil gitu juga cantik..selamat mencoba.....

Puding Santan Gula Merah

Bahan :

1 bungkus agar agar bubuk putih.
200 gram gula merah ( pilih yang warna coklat gelap, biar hasil pudingnya cantik )
1 sendok makan gula pasir
Santan kental 200 ml
Air 800 ml
Garam 1/2 sendok teh
Daun pandan 2 lembar

Cara Membuat :

Rebus gula merah dan air sampai gula larut. Saring.
Campur air gula merah dan santan kental, masukkan agar2 bubuk, gula pasir , garam dan daun pandan.
Masak sambil di aduk hingga mendidih.
Tuang di cetakan puding sesuai selera. Dinginkan di kulkas. Sajikan.



21 comments :

  1. Mbak, aku nyoba pake resep ini, tapi lapisan santannya kok tipis ya? Gak setebel ini. Apa kurang kentel? Aku bikin 200ml dari setengah kelapa.

    -ika-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya..aku pake Bumas Mba..waktu itu..santan isntan itu lho..jadi kental..^^

      Delete
    2. Owww.... Kemaren sempet mau pake kara sih... Tapi gak papa, rasanya tetep enak kok...manisnya pas...maturnuwun...

      Delete
  2. Kalau Ka**..aku kurang suka Mba..rada eneg..hihi..paling pas Bumas dech alami rasa kelapa..^^

    ReplyDelete
  3. Mbak diah klo pake bumas yg 90ml itu brrti dikali 2 ya? Ato santan nya boleh ditambahin air supaya jumlahnya jdi 200ml? Trus supaya misah gtu tinggal tuang panas2 ke cetakan aja ya? Ditunggu jwbannya mba... Maappp banyak nanya... Makasii... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..di tambahin air aja mba..kalau aslinya kan kental banget bumas dll itu..:)..Nanti misah sdr Mba..hihi..iya langsung tuang aja..:)

      Delete
  4. Terimakasih resepnya mba, sy coba pake 2 kara yg kecil. Mungkin krn isinya cuma 65ml jd kebanyakan air utk sampe 200ml. Hasilnya lapisan santannya ga setebal di gambar. Tp rasanya pas..suami saya yg abisin semua :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..syukurlah jika suka...coba pakai Bumas mba..ada ukuran sedang itu yang 6 rb..:)

      Delete
  5. Lagi browsing2, eh, si Kakak pulang eskul, katanya minggu depan disuruh bawa puding gula merah buat tugas. Ada ada aja, berhubung internet masih nyantol, langsung cari resep, ehh, nemu resep puding gula merah di web Mbak, ijin comot ya, Mbak. Ohya, kalau mau saya tambahkan bahan isian seperti kelapa muda, apakah dimasak sedari awal bersama bahan lain, atau baru nyemplung setelah mendidih, Mbak?

    ReplyDelete
  6. Lagi browsing2, eh, si Kakak pulang eskul, katanya minggu depan disuruh bawa puding gula merah buat tugas. Ada ada aja, berhubung internet masih nyantol, langsung cari resep, ehh, nemu resep puding gula merah di web Mbak, ijin comot ya, Mbak. Ohya, kalau mau saya tambahkan bahan isian seperti kelapa muda, apakah dimasak sedari awal bersama bahan lain, atau baru nyemplung setelah mendidih, Mbak?

    ReplyDelete
  7. mbak, saya sudah coba resepnya, dg tambahan kelapa muda, tp kok punya saya santannya g mau misah ya, Mbak?, santan dan isian tercampur jadi satu warna, warnanya kyk susu coklat gitu, apanya yang salah ya? apa karena saya campur dengan air degan 100ml?takaran santan si tetap, cuma jumlah air 100ml degan, 700 ml air saya satukan waktu rebus gula merah pertama kali. Mohon petunjuknya, Mbak.

    ReplyDelete
  8. mbak, saya sudah coba resepnya, dg tambahan kelapa muda, tp kok punya saya santannya g mau misah ya, Mbak?, santan dan isian tercampur jadi satu warna, warnanya kyk susu coklat gitu, apanya yang salah ya? apa karena saya campur dengan air degan 100ml?takaran santan si tetap, cuma jumlah air 100ml degan, 700 ml air saya satukan waktu rebus gula merah pertama kali. Mohon petunjuknya, Mbak.

    ReplyDelete
  9. Mbak selain pakai daun pandan, coba deh ditambah daun jeruk purut...aromanya jadi unik lho..n rasanya ya tetep enak..:)
    Sy baca tips ini di salah satu majalah atau tabloid kuliner (lupa)..trus sy coba n tnyata enak n unik

    ReplyDelete
  10. Pengen coba ahh.. Doakan saya hihihi

    ReplyDelete
  11. Mba diah, kalo di Padang resepnya ditambah Kayu Manis & Adas Manis pada saat menjerang gula merah nya. Secukupnya aja, kalo kelebihan malah jadi kental. Jadi lebih wangi & legit ^^"

    ReplyDelete
  12. Disini gak ada merek bumas mbak, merek kar* dan sun kar*. Jadi harus pandai pandai nakar santan biar gak enek kaliya mbak. Suwun resep nya (padang)

    ReplyDelete
  13. Mba kalo ga pake pandan bisa ga ya?

    ReplyDelete
  14. Mba Diah, dengan ini saya mohon ijin untuk meminjam salah satu foto pudding gula merahnya untuk tugas kuliah saya. Saya akan mencantumkan sumber foto yang saya pinjam di tugas saya. Terima kasih sebelumnya, mba.

    Salam,
    Riny

    ReplyDelete
  15. Makasih resepnya mba..kalau santan bumas ini saya cari di shoppe ngga ada mba..kalau di bandung bumas saya belum pernah dengar ..belinya dimana ya?☺️

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel