Laman

  • Home
  • About
  • Recipes
  • Aneka Tepung
  • Cooking Tips & Tricks
  • Food Street/Restaurant Review

Sunday, April 21, 2013

Kue Pisang Hunkwe


Kue Pisang Hunkwe..ya..begitulah namanya..soalnya mau di sebut cantik manis gitu ya bukan..karena nggak pakai sagu mutiara..mau di sebut Nagasari Bandung juga bukan..karena ini adonannya beda ..kalau Nagasari Bandung lebih kental adonannya dan tekturenya masih ada gigitannya gitu..nah kalau kue pisang hungkwe ini adonannya lebih banyak santan yang di pakai....jadi rasanya super lembut.."mak legender" ..kalau kata Pak Bondan ..pas makannya..lembut membelai lidah..nggak perlu susah2 di kunyah..^^. Kue pisang ini favoritku dan suami..resepnya dari Buku Yasaboga..udah sering bikin..biasanya pakai tepung hunkwe putih aja..jadi warnanya putih bersih..tapi ini pas punyanya tepung hunkwe pink..jadilah kue pisang nya pinki..^^

Tapi sungguh susah ya..membiasakan anak2 sekarang makan jajan pasar..tadi..kebetulan ada Ocid dan Dik Icha..dua sepupu Yodha yang pada main di rumah..jadi ku buatin kue pisang ini..tapi mereka pada nggak suka...padahal enak banget..cuma si Ocid ndut yang habis banyak..lha emang jago makan dia..kalau Yodha dan Dik Icha cuma habis satu..tapi giliran di masakin yang gurih2 kayak ayam dan sosis krispy..langsung dech di serbu..pada rebutan..^^....jadi memori mereka pas  besar bukan lagi jajan pasar kayak kita2 gini ntar ya..tapi sosis dan ayam kfc..hihi....

Jadi..nggak pa2 dech..kita2 aja orang tua yang tetep suka sama jajanan tradisional dan ikut melestarikannya ..biar nggak punah di telan jaman. Yukk..cobain teman2..enak dan murah meriah..jadinya banyak..jadi bisa irit lho..kalau mau buat snack arisan atau acara2 keluarga..* dasar Mak irit bener ya..^^..lha iya kan...jadi ibu rumah tangga musti pinter2 bikin menu keluarga yang enak dan murah..biar uang belanjanya ada sisa buat shopping di mal ^^....* sama aja boros yach......*

Kue Pisang

Bahan:
8-10 buah pisang kepok tua, atau
2 buah pisang tanduk, kukus sampai matang
1 25 gram tepung hunkwe ( harus di timbang ya..soalnya ada tepung hungkwe yang pas 1 bungkus beratnya 125 gram..seperti merk layang2..tapi ada juga ya cuma 100 gram..nah kalau yang 100 gram ini nanti keenceran adonannya..jadi musti lebih dari 1 bungkus, jika mau tekturenya lebih padat ..tambahin aja jadi 150 gram sekalian tepung hunkwenya )
200gr gula pasir
1/4 sdt vanili
1/4 sdt garam
1250 ml santan dari 1 1/2 butir kelapa
Daun pisang untuk membungkus

Cara: 
Kupas pisang, potong menyerong kira2 1cm, sisihkan
Cairkan tepung hunkwe dengan sebagian santan, sisihkan
Didihkan sisa santan, gula, garam, dan vanili
Masukkan cairan tepung hungkwe, aduk sampai kental dan matang
Ambil selembar plastik tebal  khusus buat cantik manis, beri 1 sendok makan  adonan  selagi panas
tumpangkan 1 potong pisang, tutup dengan 1 sendok makan adonan lagi. Lipat berbentuk seperti cantik manis. Sebenernya bisa juga pakai daun pisang..aromanya akan lebih harum,..cuma jadi nggak keliatan dech cantiknya si kue..^^
Biarkan dingin dan mengeras . taruh di kulkas sebentar..semakin enak rasanya.




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...