Google Ad

Sunday, April 14, 2013

Hidangan Ringan di Akhir Pekan


Hai teman2..sudah makan siang ?..Pasti udah ya..atau masih sibuk mempersiapkan makan siang buat keluarga tercinta..atau lagi mau siap2 jajan di luar..well..selamat makan siang semuanya ya. Weekend..paling enak memang jalan2 ber wisata kuliner..coba resto2 baru..atau bahkan makanan kaki lima tapi rasanya khas dan enak. Aku juga gitu, sama suami dan Yodha..paling seneng wis kul pas weekend..cuma nich karena dari kemaren makan pagi di luar...makan malam juga di luar...trus tadi juga kita udah hunting sarapan di luar.."Si Boss "..lama2 bisa tekor..^_^..akhirnya giliran masak di rumah dech siang ini. 

Karena kalau weekend di rumah pada males makan nasi..ya udah hari ini bikin yang enteng2 aja tadi buat makan siang...yaitu Dim sum...tau kan Dim sum...salah satu Chinese food yang sudah jadi menu keseharian kita di rumah ya..apalagi buat keluarga ku yang suka banget Dim sum..jadi sering banget aku bikin sendiri di rumah. Well..apa itu Dim sum....Dim sum ..dari bahasa China..artinya makanan kecil..yang biasa di sajikan buat sarapan atau waktu " brunch " di sela2 makan pagi dan siang..jenisnya ada  macem2 ya..salah satunya ya siomay...ada yang di kukus..ada yang di goreng..nah Dim sum yang paling sering ku bikin  ya si siomay ini..dengan satu adonan yang sama..bisa jadi macam2 Dim sum..bisa jadi siomay kukus..atau bisa di goreng..bisa jadi isian buat Wantan sup..bisa buat rollade unuk sup ( nah yang rollade dan Wantan sup ini menyimpang dari aturan Dim sum ya..^_^..just my idea..tapi enak juga lho...kalau pas adonan Dim sum nya masih sisa..ya di buat ini buat stock aja di kulkas ) ..jadi dech kayak pangsit goreng dan bakso kumis naga kayak yang ku buat siang ini nich. nah..siomay goreng ini bisa di makan gitu aja..dengan sambal pedas khusus Dim sum..atau cocolan saus sesuai selera. Tapi hari ini aku pengen yang seger2..jadilah bikin bakso kuah kosongan..yang isinya cuma kuah bakso dan bakso aja..jadi dech siomay gorengnya jadi pelengkap bakso kuah yang yummy. Kenyang kah cuma makan begitu ?..Ya..kenyang aja tuch..^_^..soalnya kami udah terbiasa nggak makan nasi...jadi oke2 aja..Nah..yang mau coba..ayokk..sesekali buat hidangan yang enteng2 aja di akhir minggu pasti keluarga suka..karena beda dari menu2 sehari2 ya..tapi..kalau memang terbiasa harus makan nasi..ya..siomay gorengnya buat cemilan aja di sore hari juga woke..selamat mencoba..

Adonan dasar Dim sum ( Ini sesuai selera ku aja ya..maaf kalau nggak otentik ala Chinese food..^_^ ..tapi rasanya enak lho..^_^...)

Bahan :
Ayam 200 gram ( bagian daging  dadanya aja ya..)
Udang 200 gram
Bawang putih 2 siung
1 sendok makan lemak ayam ( dari 100 gram kulit ayam yang di panaskan sampai keluar minyaknya )
1 sendok teh bumbu kaldu bubuk rasa ayam / garam secukupnya
1 sendok teh gula pasir
Merica 1/4 sendok teh
Kecap ikan 1 sendok teh
Minyak wijen 1 sendok teh 
daun bawang 1 batang , iris halus
Tepung sagu 2 sendok makan
putih telur 1 butir
Kulit pangsit khusus buat yang di goreng dan kuah

Cara Membuat :
Cincang udang dan ayam sampai halus ( lebih mudah jika punya food processor..jika tidak ada gunakan tenaga kita buat mencincang manual ya..mudah kok..^_^ )
Haluskan bawang putih, campur dengan cincangan ayam dan udang. Masukkan semua bumbu dan bahan lain. Aduk rata... lalu test rasa dulu. Caranya..ambil sedikit adonan..lalu goreng di minyak panas..cicipi dan koreksi rasanya...jika sudah pas sesuai selera..baru dech siap di olah selanjutnya jadi berbagai macam Din sum.

Untuk pangsit goreng : siapkan kulit pangsit yang khusus buat pangsit goreng, ambil selembar kulit, beri adonan isi setengah sendok makan..lalu lipat dan ratakan ke empat ujungnya. Goreng hingga kuning keemasan.
Untuk Bakso kumis naga : Ambil kulit pangsit khusus pangsit goreng , lalu iris halus panjang2. Ambil setengah sendok makan adonan Dim sum alu gulingkan di potongan kulit pangsit  , goreng hingga kecoklatan juga.

Untuk siomay kukus : ambil kulit pangsit khusus yang kuah, ambil 1 sendok makan adonan, lalu letakan di cucing plastik yang biasa buat bikin kue mangkuk, yang sudah di oles minyak. Tabur atasnya dengan wortel serut, lalu kukus hingga matang kira2 20 menit. Semprot kulit siomaynya dengan sedikit air sebelum di kukus supaya hasilnya lebih lembut.

Sudah siap semua Dim sum nya..sajikan..bisa dengan bakso kuah..atau dengan sambal kacang.. saus sambal..atau sambal khusus Dim sum yang pedas manis gitu ..ini resepnya :

Bahan Sambal Dim sum:
8 buah (25 gram) cabai merah keriting , dibuang bijinya, direbus
6 buah (10 gram) cabai rawit merah , direbus
2 siung bawang putih utuh , direbus
150 air
3 sendok makan gula pasir
3/4 sendok teh garam
1 sendok teh cuka
1 sendok teh tepung sagu dan 1 sendok teh air, dilarutkan untuk mengentalkan

Cara Membuat 
Blender cabai merah keriting, cabai merah besar, cabai rawit, dan bawang putih sampai halus.Masukkan gula pasir. Masak sampai mendidih. Kentalkan dengan larutan tepung sagu. Aduk sampai meletup-letup.



10 comments :

  1. Baca namanya pengen ketawa, bakso kumis naga. kwkwkwkwkkwkw...
    Ono ono ae.
    Mbak Diah, koreksi dikit, dikittttt aja, maksudnya Dim Sum kan ya?

    Siomay ancen huenak, gampang pula bikinnya.

    Salam
    Evia
    *kita srawung juga di salah satu grup di FB lho*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya..salah nulis aku ya Mba Evia..^_^..iya Dim Sum..hooh Mba..klu di majalah Sedap Sekejab ku namanya bakso kumis naga..kalau yang beredar di grup kita bakso rambutan ya..sama aja sich..cuma beda nama..^_^

      Delete
    2. Dulu pernah ngetrend bakso lo hoa, pernah denger gak?
      Kumisnya / rambutnya pake soun, tapi gak digoreng.

      Delete
    3. Wah..malah belum Mba..taunya bakso ayam di campur soun..hihi..

      Delete
  2. halo mbak Diah Didi
    mbak,ada step by step nya melipat kulit siomay nggak? saya bikin kemarin koq nggak rapi tp secara rasa sih udah enak hehe. maturnuwun mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siomay kukus kah Mba ?..Tggl di masukin ke cetakan kue talam Mba..stlh di isi adonan...pasti lebih rapi..:)

      Delete
  3. whaaa...saya gak punya cetakan kue talam mbak hehehe..krn domisili di luar negeri. coba deh nanti saya cari cetakan cup yg kecil2 siapa tau bias yaa. makasih tips nya mbak Diah :)

    ReplyDelete
  4. Mbak..1sdt udara itu apa ? Makasih mbak

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel