Monday, April 29, 2013

Cake Peta Labu Kuning


Weekend kemaren nich aku bikin cake nich..biasalah..kalau Sabtu Minggu keponakan pada ngumpul..main di rumah sama Yodha dan biasalah..anak2..nggak pada suka kalau di buatin jajan pasar..jadi hari ini bikin cake aja. Aku buat cake peta lagi nich..kayak dulu yang pernah ku buat..cuma aku variasi resepnya..pakai labu kuning..jadi tekturenya selain lebih lembut..ada tambahan gizi juga ya..dari si labu kuning. Soalnya kalau nggak di sulap jadi olahan yang enak gini..mana mau ya anak2 makan si labu kuning ini..padahal kan banyak banget gizinya..

Labu kuning...bahan makanan yang cukup murah ya..kadang di pandang sebelah mata...yang cuma laku buat kolak saat bulan puasa..padahal..kalau kita bisa mengolahnya..labu ini bisa jadi berbagai olahan yang enak dan sehat. Beberapa minggu ini..aku lagi suka mencoba2 dan berkreasi dengan labu kuning...aku coba buat donat dan roti juga beberapa hari yang lalu..cuma masih belum maksimal hasilnya..walau udah enak..jadi belum ku posting di sini..kelemahannya kalau buat roti dan donat..tekkture si labu ini sangat berair pas di campur adonan roti dan donat..jadi adonannya jadi agak lengket..kurang bisa kalis..walau udah nggak  pakai cairan lain adonannya..beda sama kentang atau ubi..yag keset.

Nah menurutku..paling oke si labu kuning ini buat campuran adonan cake..jadi menyumbang tekture yang lembut dan moist..jadi nya cakenya tambah enak. Selain itu si labu kuning ini juga oke banget buat campuran jajan pasar. kue2 dan snack tradisional. Selain menambah rasa dan tekture kue jadi lembut ..juga menyumbang warna kuning alami yang cantik..jadi nggak perlu pakai pewarna makanan lagi dech. Kemaren aku coba juga untuk campuran pukis..wah..rasanya jadi enak sekali..pukisnya empuk..menul2..dan cantik warnanya...nanti ku posting dech resepnya. Sekarang aku kasih salah satu resep cake labu kuning dulu ya..semoga bisa jadi inspirasi buat teman2..oh ya..cakenya ini enak..moist..karena ada tambahan si labu kuning dalam jumlah lumayan banyak..jadi bisa buat alternatif tuch untuk asupan gizi si kecil...nah sebelum buat cakenya..intip dulu nich..kandungan gizi dari si labu kuning..biar mulai sekarang Bunda2..mau melirik si labu yang berwarna cantik ini untuk di olah..^^

Kandungan Gizi Labu Kuning :
Vitamin A dan beta karoten. Beta karoten adalah pigmen warna kuning-oranye yang jika dicerna di dalam tubuh kita, akan berubah menjadi vitamin A. fungsi vitamin A dan beta karoten antara lain berguna bagai kesehatan mata dan kulit, kekebalan tubuh serta reproduksi. Selain itu, zat gizi ini mempunyai manfaat sebagai antiokasidan sehingga dapat mengutangi risiko terjadinya kanker dan penyakit jantung.

Vitamin C. Salah satu jenis vitamin yang larut dalam air ini, sangat diperlukan untuk metabolisme tubuh. Vitamin C juga berperan pada fungsi kekebalan tubuh dan sebagai antioksidan.

Zat besi. Zat gizi ini terutam diperlukan dalam pembentukan darah, khususnya hemoglobin (Hb). Makanan yang mengandung zat besi perlu, karena belak zat besi dari ibu saat bayi dilahirkan akan berangsur-angsur habis.

Kalium. Fungsi utama kalium adalah menunjang kelancaran metabolisme tubuh. Hal ini penting dalam menjaga keseimbangan air dfan elektrolit (asam-basa) di dalam sel tubuh.

Kelebihan lain dari labu kuning adalah kandungan seratnya yang tinggi, bermanfaat mengurangi resiko sembelit. Di samping itu, kandungan lemak labu kuning juga rendah sehingga Anda taka perlu takut balita mengalami kegemukan asal dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Nah sudah minat buat ngolah labu kuning buat keluarga tercinta..yukks simak resepnya ya....mudah banget bikinnya...selamat mencoba....

Cake Peta labu Kuning

Bahan-bahan :
200 gram margarin
175 gram gula pasir halus
200 gram labu kuning kukus, haluskan
6 kuning telur
3 putih telur
275 gram tepung terigu protein sedang
1 sendok teh baking powder
100 ml santan kental instan
Pewarana hijau / pasta pandan secukupnya
Coklat bubuk seckupnya untuk ayakan.

Cara Pengolahan :
  1. Kocok margarin dan gula pasir halus sampai lembut. Masukkan labu kuning. Kocok rata.
  2. Tambahkan telur satu per satu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok rata.
  3. Masukkan sisa tepung terigu dan baking powder bergantian dengan santan sambil diayak dan dikocok perlahan.
  4. Ambil 1/3 bagian adonan. Tambahkan pewarna hijau. Aduk rata.
  5. Tuang sebagian adonan kuning di loyang 20x20x4 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti.ayakan coklat bubuk di atasnya.
  6. Tuang adonan hijau. Ayakkan coklat bubuk juga di atasnya. Tutup dengan sisa adonan kuning.
  7. Oven 40 menit dengan suhu 180 derajat Celsius.

6 comments :

  1. mbak..mau nanya..jd kl kt mengocok mentega kelamaan,gak mslh ya mbak?apa efeknya ya jika pakai gula pasir kasar?kmrn buat,hsilnya mmg lembut..syang bantat..akhirnya menghibur diri dg membilang: trnyata bs jd spt brownis...ehhehehehe :-D kpn2 mau cb lg...sptnya mmg krn api oven sy yg gak stabil kmrn...tq mbak :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..jadi brownies labu kuning ya Mba..:)
      Memang..kalau butter cake..lebih baik pakai gula pasir halus..atau gula halus sekalian Mba..jadi ngocoknya mentega nggak terlalu lama.

      Delete
  2. mbak...ada resep buat donat dg bahan labu kuning?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa di buat dari resep donat ubi ini..di ganti labu Mba cek di sini ya : http://www.diahdidi.com/2013/04/donat-ubi-ungu.html

      Delete
  3. mba diah....kalau metodenya diganti pake sponge cake bisa kan? entah mengapa kalo pake metode butter cake gagal mulu alias bantat...hehe..teksturnya terlalu berat n lebih mengenyangkan ya mba? kasih tipsnya donk mba....gimana biar ga bantat.....tenkyu ^-^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hemmm..ntar lumer Mba Maya..coklat bubuknya..klu sponge cake,...hihi. Memang buttercake kan padat mba..tekturenya. Kalau mau lebih empuk..coba pakai tehnik ini : http://www.diahdidi.com/2013/08/butter-cake-dasardengan-tehnik-kuning.html

      Delete