Monday, April 8, 2013

Donat Ubi Ungu




Aku suka banget sama ubi ungu...selain warnanya cantik..rasanya juga enak..dan kalau di buat campuran macam2 kue juga jadi menarik. Kemaren pas ke Pasar kok nemu ubi ungu bagus2..langsung beli banyak dech buat stock...soalnya suka susah cari ubi ungu nich di pasar..kecuali di supermarket selalu ada sich..cuma kok harganya mahal..kalau di pasar 4 ribu per kg..di supermarket deket rumah bisa 20 ribu per kg....^_^.

Sebenernya ubi ungu di kukus aja aku sudah suka..selain sehat rasanya juga unik..enak..ada aroma khas yang beda dari ubi kuning atau ubi putih biasa...tapi seperti biasanya..tangan nich selalu gatal berkreasi bikin macam2 kalau punya ubi ungu...akhirnya ya...di buat donat juga sebagian kemaren..padahal Papinya Yodha udah bosan donat..karena sering banget ku buatin macam2 donat..kalau Yodha paling makan 1 atau 2..jadi dech aku yang cemal cemil  donat ubi ungu sendiri kemaren..enak sich..empuk dan gurih..ada aroma khas ubi ungu..untung ada teman2 papinya Yodha juga yang main ke rumah..jadi lumayan ada yang bantuin ngabisin..soalnya jadinya banyak..tadi pagi masih ada 6 biji..ku panasin sebentar pakai oven..lumayan buat snack tukang kebun yang hari ini datang buat bersihin halaman. Biasanya sich kalau bikin2 sesuatu ku bagi2 aja ke tukang sayur langganan kalau nggak habis..prinsipku..pantang dech nyimpen makanan lama2..walaupun makanan enak dan aku suka...selain bikin ndut sendiri..juga kan semakin cepat di bagi2 atau di makan orang lain..jadi nggak mubazir..dan yang di bagi juga masih ngerasain makanan yang fresh..jadi bukan makanan yang di simpan lama..trus kalau kita nggak habis..baru di kasih orang. Yang penting  ..bisa tetap  berkreasi di dapur...yach...resiko keluarga kecil  nich..kalau bikin cemilan...nggak ada yang ngabisin..^_^...seru kali ya..buat keluarga yang anaknya banyak gitu..jadi rebutan dan langsung habis gitu kalau ibunya bikin cemilan di rumah..duch jadi ingat masa kecil..karena aku di besarkan di keluarga yang banyak anak..^_^. 

Cerita soal makanan lagi...kalau masih ada ..kadang mau di bagi2 ke tetangga..kalau nggak semua kebagian juga nggak enak hati...jadi suka ku kasih orang2 terdekat yang tiap hari bantuin aja di rumah..atau tukang sayur..satpam..tukang sampah..dll..Sampai tukang sayur langganan ku komen..anaknya suka heran..ibunya suka bawa kue macam2..kayak dr toko kue....ya..paling nggak bisa menyenangkan orang lain. Walah..jadi ngelantur nich ya ceritanya teman2....tapi dah..lega dech habis sudah donat ubi ungu ku kemaren..yukk coabin teman2..ini resepnya ya...satu resep jadi lumayan banyak kok..pas di fermentasi donatnya jadi cantik berwarna ungu gt...tapi pas di goreng kulit luarnya jadi kecoklatan...tapi nggak gosong lho itu..dalemnya yang tetep jadi ungu cantik warna donatnya...jadi biar enak dan cantik...di bedakin dulu ya pakai gula halus khusus donat ..^_^...

Donat Ubi Ungu
Bahan-bahan :
300 gram tepung terigu protein tinggi
1/2 sendok makan (6 gram) ragi instan
35 gram gula pasir
15 gram susu bubuk
150 gram ubi ungu kukus, haluskan
1 butir telur
100 ml air es
30 gram margarin
1 sendok teh garam
minyak  untuk menggoreng

Bahan Taburan:
Gula halus khusus donat secukupnya 
Cara Pengolahan :
1.     Campur tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan susu bubuk. Aduk rata. Tambahkan ubi. Uleni rata.
2.     Masukkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. ( Air tidak perlu di habiskan ya..jika adonan sudah kalis..soalnya tergantung tingkta kelembekan ubinya juga pengaruh ke adonan ) Tambahkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 15 menit.
3.     Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 15 gram. Bulatkan. Diamkan 10 menit.
4.     Pipihkan adonan. Lubangi tengahnya. Diamkan 40 menit sampai mengembang di loyang yang ditabur tepung.
5.     Goreng hingga matang..pas menggoreng sesekali putar2 donat dengan lidi atau tusuk sate di lubang tengahnya supaya bentuknya bagus .
6.     Gulingkan ke gula donat atau bisa di toping dengan coklat dll. sesuai selera.



 



No comments :

Post a Comment