Sunday, April 21, 2013

Cup Tahu Isi


Cup tahu isi...ini adalah snack daur ulang..memanfaatkan sisa isian kroket singkong yang ku buat kemaren...kan isinya masih banyak tuch..jadi hari ini di buat tahu isi aja..biasa..menu murah meriah andalanku..tapi harus enak dan kreatif..jadi tahu isinya di bikin beda..bukan sekedar tahu di belah dan di isi terus di celup tepung dan di goreng..tapi..mari kita buat menu baru yang lebih menarik..dan menggoda buat di makan..^^

Memang butuh sedikit telaten ya bikin tahu isi ini karena dua kali kerja..pertama di kukus dulu baru di goreng..tapi percayalah..dengan tampilan yang beda dan lebih enak dan menarik gini..akan menggoda warga di rumah buat mencobanya..kayak suami ku nich..susah banget biasanya  di suruh makan tahu..misal tahu cuma di goreng atau di buat tahu isi biasa..nggak bakalan di lirik dech..tapi setelah diolah jadi tahu isi yang bentuknya menarik gini..mau dech makan..habis 4 malah sekali makan..^^..nah jadi..musti  kreatif ya..bunda2 di rumah nich..buat makanan yang murah meriah tapi jadi lebih menarik dan enak..^^

Oke..mau coba..yukk siapkan daftar belanjaannya ya..buat besok..gampang kok..untuk cetaknya bisa pakai cetakan cupcake yang alumunium kecil2 tuch..kalau nggak punya ya cetakan sakura aja..atau cetakan putu ayu plastik juga bisa..^^..nggak punya juga?..Beli lah di pasar..murah..2000 dapet banyak..^^

Cup Tahu Isi

Bahan :
8 buah tahu ukuran kotak kecil
1 butir telur
1 siung bawang putih
1 sendok teh bumbu kaldu rasa ayam
1/2 sendok teh merica bubuk
1/2  sendok teh gula pasir
1 butir telur untuk pencelup...kocok lepas

Bahan isi sama kayak bahan isian kroket singkong kemaren...intip di sini

Cara Membuat :
Hancurkan tahu putih, degan cara di ulek aja..praktis. Campur dengan bawang putih halus, telur dan bumbu2 lain. Olesi cetakan cupcake / cetakan plastik dengan minyak. Isi dengan adonan tahu di dasar cetakan..lalu isi dengan bahan isi secukupnya..lalu tutup lagi dengan adonan tahu...usahakan isinya berada  di tengah2 ya..jadi hasilnya rapi dan isi tidak  nyembul2 ke luar. Padatkan. 
Kukus 20 menit sampai matang, dinginkan dan lepas dari cetakannya.
Celupkan ke kocokan telur, lalu goreng hingga kuning kecoklatan.
Di makan  hangat2 dengan "nyeplus" cabe rawit..yummy....^^

10 comments :

  1. hari ini aku bikin cup tahu,tiru2 mbak diah tapi aku modif*hehe gayanya.kan bikin buat sarapan mbak,jadi tuk isiannya simple aja pakai telur puyuh,sayurnya pakai wortel diparut kasar n buncis diiris tipis dicampurin sama tahunya.hehehehe jurus praktis sesat kan mbak...tapi beneran kok rasanya enak,tekstur tahunya lembut karena dihalusin ya.anak2 yang biasanya ga doyan buncis jadi "tertipu" deh,berhasil masuk perut mereka juga hahhaha. next time deh kalo senggang mau bikin yang isiannya lengkap kaya mama yodha...trims ya mbak inspirasinya...rini-pml

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..nggak pa2 Mba Rini..nipu anak2 tapi buat kebaikan..drpd mereka ndak mau makan sayur blass...iya..di campur sekalian semua juga ok..di cetak pakai cetakan putu ayu gt..terus telurnya taruh di atas juga bagus..anak2 pasti suka..kalau bosan telur puyuh..bisa di ganti bakso juga atasnya..enak..^^

      Delete
  2. mba,hari ini udah coba loh tahu nya, enak loh mba, ibu saya nanya resep nya tuh ^^. Peningkatan level tahu nih. hehehe,. sayang tadi lupa nyeplus cabe. makasih ya mba buat sharing resep2 nya. Banyak yang sudah saya bookmark. ntar saya cobain satu2 ya. Makasih banyak mba :D

    Jobee di solo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Jobee..wah sipp dech..klu Bundanya juga suka..jadi nggak bosan kan makan tahu goreng terus..hihi..selamat mencoba resep2 lain dan di tunggu ceritanya ya..klu ada kesulitan..komen aja di bawah resep ya
      ..^^

      Delete
  3. mbak Diahhhhhh!!!
    Aku nyari ide makanan tahu isi tapi yang gampang dan bikinnya dicicil. Soalnya mau bikin untuk graduation party anakku, mau ngundang 100 orang. Nemu resep ini, aku langsung "cling".
    Bisa dicicil dan bikinnya gak seribet tahu isi yang normal karena tahu normal sering mbrodol

    Ntar nyobai deh.
    Makasih inspirasinya ya.

    Salam
    Evia Koos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Evi..yapp..ini bisa banget di simpan setelah di kukus Mba..awet kok..kan udah mateng..taruh kulkas..kalau pas hari H..baru dech di goreng..^^..selamat ya buat putra atau putrinya yang udah lulus ..^^

      Delete
  4. Bisa g lapisan luar tahu diganti dgn tepung berbumbu g usah pake telur sbg pencelupnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja Mba Andriany..klu suka tepung bumbu ya....:)..cuma bia nempel kan..tetep harus pakai telur ya Mba..dan bentuk cup nya..jadi nggak keliatan klu di tutup lapisan tepung yach..:)

      Delete
  5. Enakkkk, tapi ribetnya....begitu mateng langsung laris manis, makannya cepet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..wah malah seneng tho Mba..klu langsung laris manis..buat lagi yang byk Mba..:)

      Delete