Tuesday, April 30, 2013

Menu Sarapan......Favorit Kami...^^



Bunyi berisik..teng..teng..sreng..sreng..adalah bunyi wok ( wajan besi ) yang ku kethok2 tiap pagi..hihi...buat bikin menu sarapan Yodha dan papinya. Lha..mereka tuch maunya sarapan musti yang bau2 wok gitu..alias menu goreng2..tiap pagi..kalau di tanya malamnya ..pagi mau sarapan apa..Yodha mesti jawabannya..mie goreng..nasi goreng..kwetiau goreng..bihun goreng, cap cay goreng dan kawan2..hihi..ya udah akhirnya menu2 itulah yang bergantian buat sarapan kami..jadi setiap jam 5 pagi dapurku udah berisik dan harum bau masakan.Dan karena udah biasa..ya santai aja sich pagi2 masak gitu..nggak buru2 juga..jadi bangun masak sebentar jam 5..jam setengah enam udah mateng buat sarapan ^^...masak kilat dech. Untung rumah tetangga nggak mepet2 jaraknya jadi nggak ganggu suara berisiknya. Lha..kalau masak nasi goreng , mie goreng, dll tuch..paling enak pakai wok , itu tuch wajan besi jadul yang tebal..puas masaknya..karena bisa tanak ( matang sempurna )..sambil atraksi gaya abang2 yang jualan mie thek thek keliling tuch..yang suaranya berisik mukul2 wok pakai *sothil* pas masak..hihi. Tapi biar nggak terlalu eneg dan berat..kadang aku masakin mie dan nasi gorengnya plain aja..nggak komplet pakai daging..udang..bakso dll..kayak kalau beli.



Sebenernya sich..dari awal masuk sekolah udah ku kenalkan sama sarapan yang praktis2 Yodha..kayak susu sama cococrunch..sereal..atau roti tawar..tapi ya itu..cuma bertahan beberapa hari..udah bosan. Papinya juga gitu..sama..bosanan..^^ Walah..memang pada lidah Jawa beneran..sarapan yang musti yang ada rasanya..hihi. Kadang kalau kasian sama aku yang pagi2 udah ribet masak..suami bilang..sarapan omelet atau roti nggak pa2..ya udah..aku suka nyetok roti tawar tuch..banyak..tapi akhirnya nggak kemakan juga..hihi..sampai akhirnya malah di buat jajanan aja roti tawarnya. Ya..akhirnya ya ngikutin aja Yodha mau sarapan apa aku masaknya tiap pagi...papinya ngikut..kalau hari Sabtu dan Minggu..libur dech warung sarapan di rumahku..gantian aku yang manja..minta jajan di luar...biasanya kita makan di Soto langganan yang enak2...bubur ayam , gudeg atau hunting nasi liwet , nasi ayam Semarang..dll..yang unik2 gitu buat variasi karena sehari2 ketemu nasi goreng..mie goreng..dll..



Sarapan buat anak dan suami..bagiku sangat penting ya..karena jadi awal asupan energi buat mereka beraktifitas..kalau aku di rumah ya santai aja..kalau udah bosan sama nasi goreng, mie goreng..dll..paling minum jus aja..atau ngemil2 apa gitu..udah..cukup..kalau laper ya..makan siangnya jam 10 atau jam 11..jadi sarapan sekaligus makan siang..hihi. Itung2 diet lagi..cuma kok ya nggak kurus2 nich..ngemil terus...^^
Nah ini nich kulihatin ya..menu2 sarapan rutin Yodha dan papinya..menu biasa sich..cuma nasi goreng..mie goreng..bihun goreng..dan sejenisnya..tambahannya selang seling aneka sosis goreng..aneka olahan telur..orak arik..omelet..dll..plus jus buah..udah gitu aja menu sarapan kami tiap pagi..^^ Udah pada bisa semua kan masaknya...kalau cuma nasi goreng..mie goreng..dll...jadi aku kasih menu satu aja ya..yang mungkin teman2 suka..yakni kwetiau goreng ..sarapan kami pagi ini..yang rada komplet isinya ..pakai udang dan bakso..soalnya ..kwetiau ..kalu cuma plain kurang enak..beda sama mie goreng atau bihun..yang plain..cuma pakai sayuran aja..cuma bumbunya pakai ebi, biar gurih...jadi ala2 kampung gitu dech  masaknya..malah enak buat sarapan..^^



Yukk..biasakan sarapan..untuk anak dan suami yang beraktifitas di  luar..walau sekedar beberapa suap..itu penting buat mengawali hari mereka..dan biar anak2 nggak jajan sembarangan di sekolah..soalnya kan udah kenyang sarapan dari rumah ^^ ..kalau Yodha sich untungnya nggak ada yang jual jajan aneh2 di sekolah..karena makan siang dan snack dari sekolah langsung..jadi aman dech..orangtua bisa tenang.
Selamat sarapan semua..^^


Kwetiau Udang dan Bakso 
Bahan-bahan :
1 bungkus kwetiau kering , rebus sampai matang


3 siung bawang putih, dicincang halus
2 butir bawang merah, dicincang halus
1 butir telur, dikocok lepas
50 gram udang, dikupas, dikerat punggungnya
5 butir bakso, diris tipis
5 tangkai caisim, dipotong-potong
50 gram taoge
2 sendok teh kecap manis
1 sendok teh garam / bumbu kaldu bubuk
1/4 sendok teh merica bubuk
2 batang daun bawang, diiris tipis
3 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat:
  1. Panaskan minyak. Tumis bawang putih, bawang merah, sampai harum. Sisihkan di pinggir wajan. Masukkan telur. Aduk sampai berbutir.
  2. Tambahkan udang dan bakso. Tumis sampai berubah warna. Masukkan caisim dan taoge. Tumis sampai setengah layu.
  3. Masukkan kwetiau. Aduk rata. Tambahkan kecap manis, garam / bumbu kaldu, dan merica bubuk. Aduk rata.
  4. Tambahkan daun bawang. Aduk rata. Angkat dan sajikan.
Buat Mba Laura yang nanyain resep mie goreng atau cap cay goreng ala kampung via email kemaren...ini ya resepnya . Untuk mie goreng atau bihun..bumbu dan cara buatnya sama sich..cuma beda mienya aja...semoga bermanfaat..^^

Mie Goreng atau Bihun Goreng jawa

Bahan-bahan :

200 gram mi kering telur / bihun beras, direbus, ditiriskan
2 sendok makan kecap manis
1 butir telur, dikocok lepas
50 gram kol, diiris kasar , 1 buah wortel , di potong korek api
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
Garam secukupnya
2 batang daun bawang, diiris miring
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
3 siung bawang putih
2 butir kemiri, disangrai
1/2 sendok teh merica butiran
1/2 sendok teh ebi


Cara Pengolahan :
  1. Lumuri mi dengan kecap manis. Aduk rata.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan telur. Aduk sampai berbutir. Sisihkan di pinggir wajan.
  3. Tambahkan kol .Aduk sampai layu.
  4. Masukkan air kaldu ayam, kaldu ayam bubuk, dan garam. Aduk sampai meresap dan sayur matang.
  5. Tambahkan mi. Masak sampai matang. Masukkan daun bawang. Aduk rata.

Cap Cay Goreng kampung

Bahan kekian palsu :
200 gram tepung terigu yang biasa aja, jgn yang protein tinggi ya..nanti alot kekiannya..hehe
250 ml air, atau secukupnya utk bikin adonan,spt adonan bakwan,tp kosong gak pk isi sayuran
Jika mau kekiannya empuk..bisa pakai 1 atau 2 butir telur adonannya. Tapi aku malah suka yang nggak pakai telur..hihi..yang keras..soalnya nanti setelah di masak jadi empuk kok..^^

Bumbu kekian :
1 siung bawang putih
2 sdk teh kaldu bubuk,atau garam & penyedap ( sesuai selera aja )

Pelengkap:
Wortel,potong bulat tipis
Kol/kobis ,potong kasar
Daun bawang 2 btg,potong kasar juga
Daun sledri dan bawang goreng utk taburan

Bumbu cap cay :
2 siung bawang putih
2 butir kemiri
Merica butiran,5 butir
bumbu kaldu/garam secukupnya
1 sendok teh kecap manis

Cara memasak :
Campur adonan kekiannya, terigu, air,dan bumbu halus, sampai adonan kental spt bakwan, goreng sesendok demi sendok ke minyak panas, sampai adonan habis..
Setelah dingin potong2 kcl memanjang atau sesuai selera
Haluskan bawang putih, merica, kemiri, tumis hingga matang dan harum, masukkan sayuran, aduk sampai layu, tambahkan sdkt air, beri bumbu kaldu/garam, kecap manis, stlh itu masukkan kekian palsu.Aduk sampai bumbu meresap dan kering. Sajikan dengan taburan bawang nerah goreng dan irisan sledri..di makan hangat 2 dengan sambal tomat..atau pk cabe rawit juga enak..hehe..

12 comments :

  1. Hai mbak salam kenal...
    Suka banget mampir dan nyontek resepnya ^^
    Idem mbak, lidah jowo ga suka yang aneh2 :)
    o ya saya di banyumanik juga lo, kapan2 boleh maen buwat berguru ya :D

    Dora

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Dora..salam kenal jug aya..di Banyumanik di mana Mba..wah iya..deket..boleh main ke rumah..atau kuliner bareng..aku suka jajan kalau hari Sabtu Minggu..tempat fav kami..di Soto Seger Karangrejo..Soto Pak Bud..pecel Bu Mar..Sop Ayam Pak Min..Nasi liwet samping Sarinah..dll..hihi...byk yang enak ya di Banyumanik kita..jadi nggak perlu turun kalau cari jajanan enak..^^

      Delete
  2. mbak,resep/cara membuat kakian palsu gimana ya...oh iya sama yang asli juga ya mbak...maklum baru belajaran masak...kayanya enak buat campuran capcay...aku pernah buat dari tepung terigu,telor 1,air,bumbunya bawang putih merica,diaduk terus digoreng kayak ndadar telor gitu,tapi keras....maklum gak ditakar tepung n airnya,jurus kira2 aja hehehehe.makasih ya mbak.."rini-pml"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya udah bener gitu Mba Rini..terigu..air, telur, bawang putih ,merica, dan bumbu kaldu bubuk kalau aku. Biar empuk..adonannya seperti kalau kita buat adonan bakwan itu lho..tapi kosongan...ngak pake sayur. Kadang aku malah suka nggak pake telur Mba..jadi asli ndeso gitu..hihi..bisa empuk jug akok..asalkan kekentalan adonannya pas..
      Kalau kekian asli..ntar ya..ku posting..aku sering buat tapi nggak sempat ke foto kmrn2..nanti tak buatin dulu..^^..

      Delete
    2. Oh ya..itu udah ku update resep kekia palsunya ya Mba Rini..semoga berguna..^^

      Delete
  3. terimakasih mbak...oooooh pantesan punyaku keras,karena airnya sedikit,ngga kaya kalo bikin adonan bakwan.siap dicoba nih....rini-pml

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok..selamat mencoba Mba Rini...aku pernah coba juga buat Yodha..telurnya tak kasih 2..jadinya empuk banget..^^

      Delete
  4. Halooo mba diah salam kenal,
    Selama aku baca blog mba diah, aku jd semangat buat belajar masak nih :) thanks ya btw klo mau buat kwetiaw goreng,aku pake kwetiaw basah bisa tdk? Apa hrs direbus dulu ato bisa lsg dipakai? Thanks ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba..salam kenal juga.
      Kalau kwetiaw basah nggak perlu di rebus Mba..kan udah di rebus ya itu..wah..enak itu..aku paling suka kwetiaw basah..sayangnya di sini nggak ada yang jual..:)

      Delete
  5. wah enak nih,, bookmark dulu mba resepnya,,,

    ReplyDelete
  6. sukaaa sekali dengan resep mbak DD .. sederhana tapi yumm... tq buat sharingnya ya mom...

    ReplyDelete