Monday, April 29, 2013

Sego Gudangan Tabur Sambal Kedelai..Sedapppp..........^^



Setelah nggak sarapan tadi pagi...waktunya memanjakan diri sendiri dengan membuat menu makan siang yang *istimewa*..tapi...jangan bayangkan aku buat steak daging impor..atau spaghetti ya...siang ini aku cuma masak Sego Gudangan..ikan asin layur goreng , telur rebus dan kerupuk gendar..sedappnya rek..^^..cuma kurang tempe goreng garitnya aja..tadi nggak kebagian di tukang sayur. Nah apalagi sego gudangannya ini yang versi sego gudangan ndeso..ala tempatku di Yogya..yang khasnya di makan pakai taburan sambal kedelai pedas..wah...tambah yummy dech...sadaaap..eh..sedaaap ^^....Hyun Bin lewat..nggak bakal ku lirik dech..hihi..*soalnya ya nggak bakalan lewat ya....* Aku memang lebih suka masakan kampung gini buat ku makan sendiri..jadi menu makan siangku..lha kalau Yodha dan Papinya mana mau..^^..akhirnya ya kalau kangen masakan kampung..buatnya pas makan siang aja..di nikmati sendiri. Jangan berpikir bakalan ribet ya..masak urap buat sendiri..trus nanti masak lagi buat suami sendiri..nggak..kan masak sayuran rebusnya sekalian tuch..nah..ntar sore buat suami..tinggal di jadikan pecel..dengan sayuran yang sama yang di rebus buat gudangan tadi..beres kan..sambel pecelnya yang instan aja..banyak tuch yang enak2 dari Blitar beli di supermarket..hihi..tinggal dech masak lauknya buat sore..^^

Oh ya..mau cerita sedikit tentang sego gudangan ini ya..kalau di tempatku di Yogya sana..menu sego gudangan gini banyak di jual untuk sarapan..yang jual juga bukan restoran atau warung makan..tapi cuma mbah2..tetangga yang kalau pagi jualan bubur sayur..sego gudangan ini..plus jajanan kayak tiwul, gathot dan sawut singkong dll..wis..pokoknya jajanan ndeso semua dech..tapi suer..enak  lho..apa karena dulu nggak ada yang jualan yang lain kali ya ..tapi..sekarangpun menurutku..tetep enak..^^..sayangnya..kalau aku mudik .Mbah2 yang jual nich udah meninggal..jadi nggak bisa menikmati lagi sego gudangan aslinya. Tapi..aku sering bikin sendiri..pasti bisalah..lha soalnya ibuku juga sering masak dulu..jadi udah pasti dong di ajarin ke aku. Ibuku masak sego gudangan dan sambal kedelai gini..kalau anak2nya neton / weton..itu tuch ultah kita tapi menurut tanggalan Jawa...atau untuk acara wiwitan di sawah. Nah..kalau ada yang neton..ibuku pasti akan masak sego gudangan gini..pakai sayuran komplet..ikan asin goreng...kayak gereh pethek..layur dll..di tambah telur dan pisang. terus nanti kita panggil anak2 tetangga tuch buat di bagi2 in sego gudangan ini. Padahal dapetnya ya cuma sego sepincuk..( pakai daun pisang )..trus ikan asin dan telur sepotong kecil..sama pisang 1..tapi anak2 tetangga tuch udah pada seneng banget lho..bahkan...tradisi ini adalah salah satu acara yang di tunggu anak2..lha dulu emang jarang yang jual jajanan ya..jadi cemilannya nasi..hihi..jika pun ada ya belum sebanyak sekarang aneka makanan buat anak2. Selain untuk upacara neton..sego gudangan plus sambal kedelai , ikan asin dan telur rebus gini juga buat acara wiwitan..itu lho..pas saat petani..memulai untuk panen padi. Nah...seru dan enak banget juga ..makan sego wiwitan gini di tengah sawah..sensasinya beda..^^. Kalau mau coba sego wiwitan gini..bahkan di Yogya sudah ada lho..resto besar yang menu utamanya sego wiwitan ini..namanya lupa..search aja di google..resto sego wiwitan di Yogya..udah ada kok..Sayangnya sekarang tradisi begitu udah luntur ya..kalau kita ya taunya ultah anak secara kalender..dan bagi2 nya kue tart..^^..indahnya tradisi ya..seadainya bisa tetep lestari..^^..

Sego gudangan ala tempatku di Yogya ini..sedikit berbeda ya..dengan urapan sayur pada umumnya..kalau sego gudangan ini..sayuran kukus / rebus yang musti ada yaitu daun pepaya segar  yang kita rebus sendiri..jadi masih fresh..ada sensasi pahit2nya dan buah pepaya mengkal yang di serut. Nah sensasi pahit2 dari daun pepaya dan pepaya mengkal kukus yang berpadu bumbu urap dan sambal kedelai inilah yang membuat gudangan berbeda dengan urap sayuran lain, kalau sayur pelengkap lain sich..bisa sesuai selera..bisa di tambah kol..wortel..tauge..dll. Sego  gudangan ini enak sekali...apalagi di tabur bumbu sambal kedelai..terus di makan sama kerupuk gendar dan telur rebus..wis..uenakk banget dech...*menurut lidah ku lho..hihi*..maklum lidah ndeso nich..sukanya yang tradisional..walau udah coba berbagai masakan modern..dari berbagai negarapun..akhirnya..tetap..kalau untuk menu sehari2..aku pilih menu ndeso gini..atau menu2 asli Indonesia..yang tiada tandingannya..* lebay ya..*.

Jadi mari kita lestarikan teman2..menu2 eksotik  khas Indonseia gini..biar tetap lestari..siapa tahu anak cucu kita..nanti kalau bosan makan ayam KFC dan burger..cari resep2 jadul gini..hihi..jadi ku simpan aja resepnya di blog ini..walau udah pada bisa semua ya..kalau cuma bikin urap2pan sayur..^^. Kalau sambal kedelainya..ini adalah sambal cabe bawang biasa..tapi di tambahin dari  kedelai goreng..yang ikut di ulek di sambalnya..jadi sensasi rasanya sangat unik..paling enak di makan sama gudangan ini..atau di buat taburan nasi panas aja dan ikan asin...juga udah enak..^^

Ini dia resepnya ya..selamat mencoba..jika suka.^^

Sego Gudangan & Sambal Kedelai

Bahan-bahan/bumbu-bumbu
3 lonjor kacang panjang, dipotong 2 cm
3 lembar kol, dipotong lebar 1/2 cm
1 buah wortel, potong korek api
25 gram taoge
50 gram daun pepaya segar yang di rebus, potong2
50 gram pepaya mengkal serut

Bahan sambal kelapa:
150  gram kelapa parut agak muda di parut kasar

Bumbu halus:
2 buah cabai merah keriting dan 3 rawit merah
2 siung bawang putih
1 cm kencur
2 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
1  sendok teh garam
3 sendok teh gula merah sisir

Cara Membuat  :
1. Rebus masing-masing sayuran di dalam air yag di tambah sedikit garam
2. Sambal kelapa: aduk rata kelapa parut dan bumbu halus.
3. Kukus 25 menit sampai matang. Angkat.
4. Campur sambal kelapa dan sayuran. Aduk rata. Sajikan dengan taburan sambal kedelai, ikan asin , telur rebus dan kerupuk gendar.

Sambal Kedelai 
Bahan :
100 gr kedelai, goreng
5 buah cabai merah
3 buah cabai rawit merah
4 siung bawang putih
1/4 sdt ketumbar sangrai
3 lbr daun jeruk purut
3 cm kencur
1/2 sendok teh  garam

Cara Membuat :
Goreng cabai dan bawang putih utuh hingga matang dan cabai kering, haluskan dengan menambah ketumbar daun jeruk purut, kencur dan garam.
Setelah semua bumbu halus, masukkan kedelai goreng, uleg lagi, tapi jangan sampai kedelainya jadi halus. 





2 comments :

  1. yogyanya ngendi mbak..?saya jg kangen nie sama sambal dele untuk gudangan, makanan sewaktu saya kecil.Yang jual mbah2, mungkin sekarang sudah tidak ada.Cuma waktu itu sambal delenya selain bumbu2 yang disebutkan di atas, bumbunya ditambahi serundeng untuk dicampur ke sambel delenya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku di Yogya selatan..Mas / Mba Nich..hihi?..Jadi emang gudangannya versi gini di tempatku..mungkin yang di maksud bukan serundeng yach?..Tapi bumbu urapnya..itu..aku juga pake..cuma udah di campur dgn sayur mayurnya..^^

      Makasih udah mampir..yukk buat sdr kalau kangen sama gudangan model gini..^^

      Delete