Wednesday, April 24, 2013

Obsesi Resep Pukis Enakk..^^


Pukis..jajanan pasar rakyat ya..di pasar2 dan di pinggir jalan mudah di temui..murah pula...rasanya sederhana saja..tapi aku suka....nggak mbosenin makan pukis....apalagi yang enak, empuk dan pas manisnya..nggak  berlebih..^^ Cuma susah cari yang begitu..kalau beli kok suka kemanisan.

Lama juga nggak buat pukis sendiri..kemaren pas bongkar2 gudang cari sesuatu..eh nemu cetakan pukis lamaku..yang teronggok manis bersama cetakan cara bikang dll..di gudang..^^..biasa..kalau beli peralatan dapur suka kalap..dan akhirnya ..kalau udah nggak muat rak dapurnya..ya di simpan di gudang..sampai lama..baru ingat kalau punya cetakan pukis..Akhirnya keluar dech cetakan ini dari sarangnya..iseng2 hari Minggu kemaren buat pukis..pakai resep dasar..yang rasa original ala abang2 dulu..hemm..hasilnya udah enak..tapi belum sesuai yang ku inginkan. Lanjut..masih penasaran..hari Senin bikin lagi...kali ini rasa pandan..masih belum sesuai..akhirnya kemaren bikin pukis lagi..hihi..kali ini coba pakai tape..nah ini baru ok..rasanya  enak..sesuai yang ku harapkan...jadilah 3 hari berturut2 bikin pukis..^^ 

Begitulah..kalau lagi penasaran suatu resep yang enak..yang harus sampai dapat yang pas rasanya sesuai selera...uji coba terus..2 hari ku sodori pukis..suami masih ok..makan banyak..cuma hari ketiga nggak ku kasihkan..takut bosan..^^..atau malah ntar anti sama pukis..^^...soalnya suami kan cepat bosan..kalau makan kue yang sama terus menerus..akhirnya ku bagi2 aja kemaren ke Mba ART ku dan tukang sayur..buat keluarga mereka..masalahnya kalau ku makan sendiri..bisa gawat...^^..kapan langsing lagi yach..?..Yodha juga..makan paling satu atau dua aja udah...jadi di bagi2 aja....dan mereka bilang sich..enakk...tapi..tetep..nanti kalau dapat ide resep pukis lain yang lebih ok..ya coba lagi...^^...seru aja sich bikin pukis..cepat dan mudah..apalagi kalau pukisnya mulus2 keluar dari cetakan..nggak pake lengket2..duch seneng dech..^^

Pukis nich buatnya gampang banget kok..nggak seribet yang di bayangkan..jadi ayo buat pukis sendiri..jika suka..pasti lebih enak hasilnya..jadi kita bisa bikin sesuai selera..nich ku kasih yang resep pukis tape ya..rasanya enak..lembut..ada aroma tape dan manisnya pas..^^

Pukis Tape 

Bahan :
1 sendok teh ragi instan
1 sendok makan air hangat
1/2 sendok teh gula pasir
2 butir telur
60 gram gula pasir
100 gram tepung terigu protein sedang
100 gram tape singkong
100 ml santan hangat
2 sendok makan margarin, dilelehkan
1/4 sendok teh garam
10 gram meises untuk taburan

Cara Pengolahan :
  1. Larutkan ragi instan, air hangat, dan gula pasir. Diamkan 15 menit sampai berbusa.
  2. Blender tape singkong dan santan hangat sampai halus. Sisihkan.
  3. Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang.
  4. Tambahkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata. Masukkan larutan ragi instan. Aduk rata.
  5. Tambahkan campuran tape singkong sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan. Diamkan 20 menit.
  6. Masukkan margarin leleh dan garam sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
  7. Panggang di cetakan pukis yang dioles margarin sampai setengah matang. Tabur meises. Tutup dan biarkan matang.
Tips :
Cetakan pukis cukupdi oles sekali pas awal memanggang saja ya..selanjutnya tidak perlu.
Gunakan api kecil saat memanggang pukis, supaya tidak cepat gosong dan matang merata sampai bagian dalamnya, namun tuang adonan ketika cetakan sudah benar2 panas ya.
Gunakan gelas ukur yang ada corongnya untuk menuang adonan pukis di cetakan, supaya tidak belepotan.
Oles permukaan pukis dengan margarin ketika baru keluar dari cetakan, supaya permukaan pukis tidak kering ketika dingin.
Jangan mengaduk adonan pukis kuat2 ya ketika mencampur margarin dan garam..supaya tidak bantat pukisnya.

Oh ya..buat Mba Lala..yang penasaran cetakan pukisku..ini ya..ngapain ya musti mahal2..^^ ..yang murah aja..bisa mulus..luss..kok bawah pukisnya ..kayak di foto itu..cuma emang motretnya pakai kamera biasa..jadi kurang detail ya..^^..coba liat di foto satunya di bawah..moga keliatan ya..bawah pukisnya..^^



18 comments :

  1. Mba didiiiiii cetakannya yg gmn ? yg teflon apa yg stenlis murmer ? Yg teflon mahil, yg murah ragu2 bwh pukisnya coklat rata gak ? diaplod jg boleh... suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang murah aja Mba Lala cetakannya..itu udah tak upload..hasilnya oke juga kok..iya.200 ribuan ya yang teflon..sayang dech...beli yang murah aja..hasil pukisnya enak dan mulus juga kok..^^

      Delete
  2. Ooow yg kek gini toh ? Ho oh byk di pastrad. Pertama kali dipake lengket gak apa kudu dipakein ampas kelapa ? *msh gumun hslnya bagus pdhl cetakannya enteng kan .* tq repot2 le moto

    ReplyDelete
  3. Sama2 Mba..Eh..ini cetakannya yang lumayan berat lho..nggak enteng banget kayak alumunium putih gitu...ini campuran besi juga..cuma ya tetep murah sich..^^
    Iya..di pakai ampas kelapa juga bisa...Mba..cuma tuch ampasnya ya nempel2 di cetakan..jadi kalau aku ya tetep tak cuci lagi..terus..dioles minyak atau margarin aja pas pertama manggang..abis itu selanjutnya nggak usah. Kalau lengket pas bikin pertama..diamkan dulu di cetakan sampai dingin..nah pas dingin itu biasanya mudah di angkat pukisnya...tapi manggangnya jangan sampai gosong ya..ntar tambah gosong kalau di diamkan di cetakan yang masih panas..^^

    ReplyDelete
  4. seneng deh mampir blog ini...resepnya gampang2 bahannya mudah didapat,enak pula rasanya....hmmmm pantesan lembut ya..wong 100gram tepung telornya 2....kalo aku tepung 250gr telornya 3-4 butir....aku gak punya cetakan pukis yang gini mbak,tapi cetakan martabak mini/kue lumpur,yang bawahnya gak cembung....jadinya pukis bulat hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..masak yang gampang2 aja..nggak usah yang susah2..yang penting rasanya enak..hehe..betul..pukis ini lembut rasanya ..dan karena aku suka tape..jadinya ya klop dech..^^,mksh udah sering mampir sini...

      Delete
  5. Mbaaa...dulluuuuu bnget(lebaii..hihihi)pernah bikin pke cetakan spt puny mba gt jg,tp stlh d angkat/dingin si pukis koq gk menul2 lg y...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..itu berarti yang bermasalah resepnya Mba Atiqah..kalau cetakan kok kayaknya nggak ngaruh Mba..punyaku ini bikin pagi..sampai sore masih emuk menul2 Mba..^^

      Delete
  6. Mba...saya ga di indonesia n ga ada tape. Bisa diganti pake apa ya? Kl ga pake jg bs dgn komposisi bahan yg sama?

    ReplyDelete
  7. Kalau di resep ini tapenya juga membantu pukisnya empuk dan menul2 sich Mba Asri..kalau mau pakai umbi2 an..coba resep lain aja..di sini :http://www.diahdidi.com/2013/05/ubi-ungujadi-pukisenak-dan-unik-rasanya.html

    ReplyDelete
  8. Td sore uda uji coba tp koq msh byk yg gosong ya hehehe baru pertama bikin, trus klo gk gt bagian atasnya blm matang bener hiks... Gmn ya biar hslnya bagus kyk di gmb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apinya kecil saja Mba..kalau pakai cetakan yang alumunium biasa...kalau mau lebih mudah dan lebih mulus ya beli cetakan yang anti lengket mahal tuch,..hihi.

      Delete
  9. Malam mba Diah, sy sering nyoba2 resepnya mba. Simpel dan enak. Oya mba, kalau misalnya buat pukis tape singkongnya diganti dengan singkong mentah yg diparut bisa gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa Mba..tapi rasa dan tekture akan berbeda ya..:)

      Delete
    2. Hi.. mungkin bisa comment dikit.. kalau pake tape karena ada raginya didalam tape tersebut bisa membantu dengan proses pengembangan adonannya..kalau diganti singkong parut akan berbeda loh jadinya bu... hehehe salam kenal

      Delete
  10. hai mba diah... numpang komen lagi... itu telurnya dikocok smpe kental berjejak kayak cake gtu ya mba? trus ngalusin tapenya boleh pake garpu kah?? makasii... ^^

    ReplyDelete
  11. Mba untuk resep di atas dapat pukis brp biji ya?

    ReplyDelete
  12. Selalu terpesona dg hasil masakan mb diah...berharap suatu saat nanti bisa tertular sedikit bakatnya...:)

    ReplyDelete