Friday, April 5, 2013

Udang Bago Bumbu Balado


Barusan selesai masak ini tadi..ketika telp rumah berdering..surprise..ternyata Mba Susy dari Amerika telp..makasih ya Mba..udah nyempat2 tin telp dan kasih perhatian buat aku. Makasih juga saran2nya..iya Mba..mulai sekarang aku akan semangat dan nggak boleh berlarut2 dalam kesedihan...Senengnya ..dari nulis di blog ini aku punya banyak teman2 baik..dan selalu kasih suport ke aku untuk bangkit..GBU ..all..my friends..

Memang bener sich teman2..sibuk bisa membuat aku lebih baik..beberapa hari ini aku sudah kembali bergaul dengan peralatan dapur dan kamera lagi.....jadi jiwa ini tidak lagi kosong...dan suami dan anak juga suka..karena sudah makan masakan rumah yang sehat dan enak lagi......so..menu hari ini adalah..menu favorit suami ku..Udang Balado. Kemaren Sabtu kita sempat ke Pasar khusus ikan di Semarang bawah..belanja sekalian berbagai macam sea food segar..jadi jika di simpan di freezer masih ok..dan kebetulan nemu udang bago gede2 yang seger..jadi dech beberapa hari kemaren berbagai menu udang ada di meja makan..nanti ku posting satu2 ya..hari ini Udang Baladonya dulu....buat penyuka pedas..ayo di coba..pasti suka......

Balado Udang

Bahan-bahan :
300 gram Udang Bago,  dikerat punggungnya ( jika tidak ada udang bago..ganti udang biasa yang kecil2 juga enak.)
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk

100 ml minyak goreng untuk menumis
3 lembar daun jeruk, dibuang tulang daunnya
1 sendok teh garam / bumbu kaldu ayam
1/2 sendok teh gula pasir / atau 1 sendok teh gula merah ( sesuai selera saja )

Bumbu Tumbuk :
4 buah cabai merah besar
3 buah cabai merah keriting
3 buah cabai rawit merah
1 sendok teh terasi, dibakar
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih

Cara Membuat :
  1. Lumuri udang bersama garam dan merica bubuk. Diamkan 10 menit. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu tumbuk  dan daun jeruk sampai harum. Masukkan udang. Aduk sampai berubah warna.
  3. Tambahkan garam / bumbu kaldu dan gula . Masak sampai matang.
Tips..setelah di kerat...buang kotoran udang di bagian belakang yang beerbentuk seperti benang panjang ya..agar bersih dan lebih enak udangnya.


4 comments :

  1. mama ku juga suka bikin udang balado ini,, tp pake udang yg kecil2.. ,, langsung habis ludes krn suka pedes semua ... hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Shinta..suamiku juga paling suka udang di masak gini..rasa manisnya udang jadi keras...klu di goreng malah gak suka..^_^

      Delete
  2. Mba di.. Ini resep thn 2013, skrg udah 2016 aku masih balik2 ksini juga nyontek resep.. Hahahah makasih banyak ya mbaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ya mba..tuch masih foto syle lamaaaa..hahah

      Delete