Friday, April 19, 2013

Tumis Soun Cabe Hijau


Pagi ini mau posting menu sehari2 aja...yang sering ku masak..karena ini adalah menu favorit suami. Tumis soun besar..pakai cabe hijau..Yodha juga suka sich..cuma versi Yodha yang tumis soun kecap..udah pernah juga aku posting resepnya. Nah kalau yang tumis pedas pakai cabe hijau ini..kesukaan papinya.

Soun yang di pakai bukan soun RRC yang impor itu ya..tapi soun lokal..yang panjang2 dan besar bentuknya..di pasaran sich ada beberapa merk.seperti Ababil..dll..kemasannya ndeso..cuma di ikat pakai tali bambu dan di bungkus plastik bening biasa. Kalau di Jawa sich banyak ya..di pasar2..murah..cuma 2500 per ikat..udah jadi 1 porsi..nggak tau ya kalau di luar Jawa ^^..jika tidak ada pakai bihun jagung aja yang banyak di supermarket juga enak..

Soun ini rasanaya enak sekali..beda sama soun impor..lebih kenyal dan tidak mudah hancur kalau di masak. Paing cocok ya di masak tumis atau di semur buat anak2. Oh ya..menu semur cabe hijau gini di Jawa juga salah satu menu andalan catering2 lho..kalau ada hajatan atau acara..sering banget buat menu prasmanan.

Yukk cobain..gampang dan cepat buatnya..biar tambah gizinya kemaren ku tambah telur puyuh dan jamur kuping juga..enyakkk..^^

Tumis Soun Cabe Hijau

Bahan :
1 ikat " soun kampung "
10 butir telur puyuh
50 gram jamur kuping kering, rebus sebentar , potong2
5 buah bawang merah, iris halus
5 buah cabe hijau besar, potong serong
2 siung bawang putih dan 3 butir kemiri , haluskan
Merica bubuk 1/2 sendok teh
Garam/ bumbu kaldu 1 sendok teh
Gula pasir 1/2 sendok teh
Kecap manis 3 sendok makan

Cara Membuat :
Didihkan air, masukkan soun. Setelah soun lemes  angkat. tiriskan...jangan sampai kelamaan ya..soalnya masih di proses masak nanti .
Tumis bawang merah sampai harum, masukkan bawang putih dan kemiri halus, tumis lagi sampai harum, masukkan cabe hijaunya. Tuang kira2 200 ml air, tambahkan bumbu2 lain. aduk rata, masukkan telur puyuh dan jamur kuping, masak sampai bumbu agak meresap..tapi jangan sampai kering airnya. Terakhir masukkan soun..aduk dan masak sampai meresap dan air kering. Koreksi rasanya.
Sajikan.





2 comments :

  1. kesukaan ku nih, mak. Mak Diah coba gabung di komunitas Emak2 Blogger deh, seru.... penghuni nya perempuan semua. Bisa sharing macem-macem disana. Apalagi blog mba Diah ini hampir semua menu masakan, pasti banyak yang terinspirasi.

    terima kasih udah mau share resep sehari-harinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Ovie..enak ya..walau masakan simple..^^..makasih mba advicenya..kmrn aku udah apply sich buat gabung..cuma belum tak cek lagi di Fb..ntar coba tak ceknya..^^

      Delete