Monday, April 22, 2013

Acar kuning




Jumpa lagi teman2..di hari Senin yang cerah....panas tepatnya ya…tapi walau panas gini..kadang2 sore ya tau2 hujan deras..duch..cuaca memang tak menentu ya..mungkin akibat bumi ya semakin panas..udah..nggak usah mikirin cuaca ya..mikir masak apa hari ini..lebih penting..supaya keluarga tetap sehat dan kuat buat mejalani hari..dan juga tahan segala cuaca..^^..nah lho..cuaca lagi nyambungnya..^^ 
Hari ini aku mau kasih menu..yang enak...tapi...biasa..murah..meriah ..yaitu acar kuning…salah satu acar favoritku. Acar kuning..adalah salah satu jenis acar yang matang. Kalau biasanya kita buat acar dengan ketimun dan sayuran lain mentah..kalau acar kuning ini di masak terlebih dahulu. Rasanya..enak banget..asam..manis..gurih dan segar. Acar kuning ini paling enak di sajikan dengan ikan goreng atau bakar..wah tambah mak yuss dech..atau buat variasi..bisa juga buat masak ikannya sekalian..jadi menu baru dech..misalnya Gurame..jadi..Gurame Acar Kuning ..sudah pernah kan ketemu menu seperti itu di restoran teman ?..Cobain dech ..enak sekali rasanya....
Buat masak acar kuning nich..nggak perlu biaya banyak..cukup beli ketimun dan wortel aja..selebihnya ..bumbu2 semua kan selalu ada di dapur..untuk rasa asamnya.biar lebih aman dan sehat pakai jeruk nipis aja ya..jangan pakai cuka..sebisa mungkin..hindari pemakaian cuka dech di masakan kita..kan nggak aman buat lambung ya..ganti aja dengan bahan alami..misalnya..untuk acar kuning kita bisa pakai air jeruk nipis..untuk kuah cuko empek2 kita bisa pakai asam Jawa..rasanya..sama enaknya kok..malah lebih mantab rasa asam dari bahan2 alami gini..karena kita bisa pakai dalam jumlah banyak tanpa rasa was2..
Yukk mari..simak resepnya ya..Acar Kuning..ala aku ^^
Acar Kuning

Bahan-bahan :
150 gram ketimun buang biji, potong panjang serasi
1 batang serai memarkan
1 lembar daun salam
100 gram wortel , potong panjang serasi
1/2 sendok teh garam ( sesuai selera )
1 batang serai memarkan
50 gram bawang merah kecil utuh
1/4 sendok teh merica bubuk
10 buah cabai rawit merah utuh
1/2  sendok makan gula pasir
1/4 sendok teh merica bubuk
1 sendok makan air jeruk nipis
250 ml air
Bumbu Halus:
3 butir kemiri sangrai
2 siung bawang putih
2 cm kunyit bakar
Cara Pengolahan :
Tumis bumbu halus, daun salam, dan serai sampai harum. 
Masukkan timun, wortel, bawang merah, dan cabai rawit merah. aduk rata. 
Tambahkan garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata.Tuang air. Masak sambil diaduk sampai meresap. 
Menjelang diangkat, masukkan air jeruk nipis.Sajikan dengan ikan goreng atau bakar...kayak gini nich..yummy...!







3 comments :

  1. bagus dicoba.... :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yapp..selamat mencoba Mba Andriani..^^

      Delete
  2. Mba diah, aku fans masakanmu, udah banyak resep yang aku coba buat menu masak di rumah, matur nuwun mba

    ReplyDelete