Saturday, April 20, 2013

Kroket Singkong...Enak juga lho...!




Kroket singkong...Resep ini tercipta ketika  minggu kemaren Kakakku Yogya telp..dia bingung mau ikut lomba masak aneka kreasi singkong..minta ide buat apa yang unik..tapi tetep murah..nggak makan biaya banyak..soalnya ketentuan lombanya begitu..spontan aku bilang aja..bikin aja kroket singkong..kan secara singkong kalau di kukus tekturenya mirip2 kentang tuch..eh terus Kakakku bilang ya wis tak buat itu..ntar sms resepnya ya..^^..waduh..aku sebenernya juga belum pernah bikin sich..cuma akhirnya pakai ilmu "terawangan ^^...ku sms in aja resepnya..terus akhirnya kemaren udah di coba Kakak ku..dan katanya enak sekali. Jadi manteb resep itu mau buat lomba besok Minggu. Yo wis..semoga menang dech...doaku..^^

Karena kata Kakakku enak..aku jadi penasaran dengan rasa kroket  singkong ini..akhirnya tadi malem sms Mas Sayur minta di beliin singkong. Mau ke pasar kok masih males..padahal..kalau mau dapat singkong yang bagus..ya ke pasar sendiri..pilih2 sendiri. Kalau buat cemilan dari singkong..kunci enaknya adalah si singkong ini sendiri ya teman2..pilihlah singkong yang tua..dan mempur...apa ya bahas Indonesianya mempur ?..Pokoknya singkongnya kalau di kukus jadi empuk..nggak "magel atau kenyoh2..^^..bahasa apa lagi ini ya ^^..buat yang dari luar Jawa ..maaf ya..kalau nggak ngerti..^^..pokoknya singkongnya mudah di haluskan , warnanya juga putih bersih, bukan kekuningan. Kalau singkong mentah yang bagus..cirinya pilihlah singkong yang kulit arinya pink..dan mudah di kelupas..singkong gini nich yang enak buat jajanan..tidak bau langu..mempur dan tidak pahit. Serasa ahli singkong ya..^^..ini cuma berdasar pengalamanku aja sich membuat berbagai jajanan dari singkong dan belajar juga dari mbah2 penjual di pasar yang mereka emang nanem singkong sendiri..jadi tahu..mana singkong yang bagus dan tidak. 

Oke..siap mencatat bahan2 nya..yukk..cintai singkong dan buatlah singkong jadi naik kelas..^^..sapa tahu Indonesia ntar krisis beras..kan bisa jadi salah satu pangan alternatif..tapi ya moga aja tidak ya..lha wong negara kita negara agraris..kok krisis beras..tapi kok ya..udah sering impor beras ya..^^..tau dech..malah jadi ngelantur kan..back to singkong aja ya..yukk cobain bikin kroket singkong ini..lumayan lho..enak juga dan pastinya lebih murah kan daripada kentang..kalau mau buat alternatif usaha jualan snack2 gitu..jadi untungnya bisa lebih banyak kan..dengan tidak mengurangi rasanya..selamat mencoba..^^

Kroket Singkong

Bahan Kulit Kroket  :
500 gram Singkong yang kualitas bagus ( mempur dan tidak langu ), kukus lalu haluskan selagi masih panas , pakai garpu akan lebih mudah daripada capek2 numbuk.^^
1 buah kuning telur
1 sendok makan susu bubuk
1 bungkus kecil bumbu kaldu instan ( ganti garam jika tidak suka )
1 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh pala bubuk

Bahan isi :
200 gram daging dada ayam, rebus, lalu potong dadu kecil2
3 buah wortel, rebus sebentar , lalu potong dadu kecil
Soun RRC 1 bungkus kecil, seduh dengan air panas sampai lemas, tiriskan
Daun seledri secukupnya
1/2 butir bawang bombay, cincang halus
1 butir bawang putih, haluskan
Gula Pasir 1/2 sendok makan
Garam / bumbu kaldu sesuai selera
Merica bubuk 1/2 sendok teh

Bahan Pelapis :
Putih Telur 1 butir
Tepung Panir halus atau kasar secukupnya

Cara Membuat :
Kulit : Campur singkong kukus yang sudah di haluskan dengan semua bahan kulit kroket..aduk rata dan uleni sampai tekturenya halus..seperti adonan kroket kentang dan bisa di bentuk.

Isi : 
Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum, masukkan daging ayam, aduk rata. Masukkan wortel dan bahan2 lain, serta bumbu2. tambahkan sedikit air supaya bumbu bisa rata. Lalu masak dan aduk sampai kering. Koreksi rasanya.Terakhir masukkan seledri yang sudah di rajang halus. Angkat. Biarkan dingin.

Ambil sekepal adonan kroket singkong, isi dengan bahan isi secukupnya. Bentuk bulat lonjong.
Celup ke dalam putih telur, lalu gulingkan ke tepung panir . Simpan sebentar di kulkas supaya tepung panir menempel sempurna. Lalu goreng hingga kuning kecoklatan. Sajikan .

Note : Tadi isinya kebanyakan..masih separo..jadi jika mau isinya nggak sisa bisa di buat untuk 1 kg singkong ya..tapi jika warga di rumah kecil kayak keluargaku..ya buat aja 500 gram singkong aja..udah jadi banyak 14 biji..^^..Sisa isinya di simpan aja di tupperware..trus taruh kulkas..masih tahan 1 - 2 hari..ntar dibuat isian pastel atau tahu isi..jadi dech cemilan baru..woke..^^


5 comments :