Tuesday, April 16, 2013

Cerita di Balik Bakwan



Intermezo teman...soalnya mau posting resep baru belum masak nich..lagi kehabisan stock bahan..dan nunggu tukang sayur..jam segini kok belum datang..jadi cerita soal bakwan aja ya..^^ 

Bakwan..salah satu gorengan khas Indonesia..di pinggir jalan juga banyak yang jual ya..teman2 pasti juga udah pasti tahu ya..cara buatnya..cuma yang unik dari si bakwan ini..adalah bentuk dan rasa nya yang bisa berbeda2 ya..contoh paling simpel kita buat bakwan sayur…pasti hasilnya berbeda. Aku aja kalau bikin bakwan suka cemplang cemplung aja..bahan sesuai yang ada di dapur..dan hasilnya memang beda2 terus..soalnya kadang sengaja sich..aku pengen bakwan yang cempluk...ndut2..ya di banyakin tepungnya..kalau mau bakwan yang renyah dan tipis ..kayak foto di atas ya..di banyakin sayurannya. Gimana dengan teman2..suka bakwan yang gimana..renyah..garing, atau bentuk bulat2 ndut dengan rasa bakwan yang empuk..lembut di dalamnya..yang tepungnya..atau kalau rajin malah bisa di bentuk  pakai sendok sayur..biarpun kalau di Semarang namanya berubah jadi Pia2..tapi resep dasar dan rasanya ya tetep bakwan..^^

Satu lagi yang buat unik tentang si bakwan ini..yaitu variasinya..ada bakwan sayur..bakwan udang..bakwan jagung..bakwan tahu..bakwan jamur..bakwan kangkung..bakwan daun singkong juga enak lho..dll...intinya..kuliner kita memang top bgt ya..dari satu jenis makanan aja bisa di variasikan jadi berbagai menu yang seabrek jumlahnya..nah..ada juga lho...bakwan ala jadul yang udah mulai langka dan jarang di buat..yaitu bakwan telo..ya telo..singkong itu lho… juga di buat bakwan..cuma bumbunya musti kuat ya..biar teras gurih bakwannya..karena bakwan ini murni terbuat dari telo/ singkong. resepnya..di bawah ya..ntar ku kasih..masih pengen cerita soal bakwan..^^

Nah..kalau mau goreng bakwan yang enak ..jangan pakai telur ya..kalau aku lho ya..soalnya kalau pakai telur tuch pas hangat aja enak..tapi pas dingin jadi nggak enak lagi..juga kalau mau bakwan renyah..juga..jangan pakai  telur..tambahkan sedikit tepung beras ya. Nah tepung terigunya juga pakai tepung terigu protein yang rendah aja ya..yang khusus buat gorengan tuch..banyak di pasaran..murah..1 pack cuma 6500 - 7000 per Kg nya, jangan pakai yang protein tinggi ya...bisa alot bakwannya..karena pas tepung ketemu air..gluten di dalam tepung akan terbentuk selama proses pengadukan..jadinya alot..kalau pakai protein tinggi…yang tepung protein tinggi buat bikin donat aja ya..jangan buat bikin bakwan..^^

Goreng bakwan juga musti pakai minyak yang cukup ya..kalau bisa sampai terendam minyak nggorengnya..jadi matang sampai dalam2nya..dan juga bisa renyah hasilnya. Api cukup sedang aja..tapi konstan ya..terus..jangan memasukkan bakwan ke penggorengan terlalu banyak..kalau terlalu penuh di penggorengan..suhu minyak bisa turun..jadi bakwan tidak bisa mateng merata secara cepat dan minyaknya bisa terserap ke bakwannya..jadi bakwannya berminyak dech..^^

Ok..begitulah sedikit cerita tentang si bakwan..salah satu gorengan favoritku..bakwan apa aja aku suka..paling enak tuch makan bakwan pas masih anget2...sambil nyeplus cabe rawit..trus pas hujan2 gitu..^^..atau di sambil makan pecel sayur..tahu kupat..hemmm...bikin drooling ya..^^..yukk marie..berkreasi dengan bakwan..di jamin tidak akan bosan...karena bisa di ganti2 bahan dan isinya..nich ku kasih resep bakwan sayur udang dan bakwan telo ya..kalau bakwan lainnya pernah ku post resepnya..ada bakwan jagung dan bakwan jamur..search aja di postingan lama ya pakai search engine di sebelah kiri blog ini ya..

Bakwan Sayur Udang

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
150 gram tepung terigu protein sedang
1 sendok makan tepung beras
100 gram udang, dikupas, dipotong kasar
3 lembar kol, diiris halus
100 gram wortel, dipotong korek api
25 gram taoge
1 batang daun bawang, diiris halus
1 tangkai seledri, diiris halus
300 ml air
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh merica
2 sendok teh garam / bumbu kaldu bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
Cara Pengolahan :
Aduk rata semua bahan dan bumbu halus.Sendokkan adonan dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang. Goreng sampai matang.

Bakwan Telo 

Bakwan Telo ini simpel banget bahan2nya..cuma butuh singkong parut, tauge dan daun bawang..cekidot resepnya ya..

Bahan :
250 gram singkong parut ( peras sedikit airnya supaya kesat )
25 gran tauge
1 batang daun bawang ( iris halus )

Bumbu Halus:
2 siung bawang putih
1/4 sendok teh ketumbar
1/4 sendok teh gula   pasir
Garam dan bumbu kaldu bubuk secukupnya

Cara Buat :
Aduk singkong parut dengan semua bahan dan bumbu. Ambil sedikit adonan. Goreng dan cicipi rasanya. Jika sudah pas..lanjutkan proses membentuk dengan cara di kepal2 bulat dulu sampai padat, lalu pipihkan. Goreng sampai kecoklatan dan matang. hasilnya kayak di foto ini nich..selamat mencoba..^^ 
Jangan kuatir bakwan ambyar ya pas di goreng..kan singkong mengandung pati / tapioka..jadi bersifat mengikat dan lengket..jadi adonan akan menyatu pas di goreng..asal jangan di aduk2 / di bolak balik. Biarkan sampai satu sisi matang dulu..baru di balik ya.. 

 


2 comments :

  1. Hay mba dd, sblmnya mau ucapin trmksh byk, dgn baca n ngikutin resep iniakhirnya aku bisa bikin bakwan sayur, dulu aku suka anggap enteng bikin bakwan dgn beli tepung bakwan instan tp rasanya terlalu asin, sampe aku nyerah, ya udah beli yg udah mateng aja di abang2 kl pengen bakwan, tp kupikir pikir aku pengen banget bisa bikin bakwan ssyur lalu aku cari di gugel baca sana sini aku coba resepnya mba dd, n ternyata "berhasiil... yeeeea" dan anakku jg doyan alhamdulillah, halah ko jd curhat pjg lebar, hehehe hug from erny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..alhamdulillah ya bs bikin menu2 sederhana seperti bakwan ini. Biarpun sederhana..jk di maska dgn benar jd istimewa kok mba..:)

      Delete