Wednesday, March 16, 2016

Tips Membuat Pastel Murah Meriah, Renyah & Enak



Pastel, sudah pasti..gorengan ini banyak di sukai tua muda. Membuat pastel itu gampang saja. Namun tak sedikit teman-teman yang sering menanyakan, kok pastelnya alot, atau kurang renyah, dll. Salah satu kesalahan utama itu mungkin cara penanganan adonan. Jika adona terlalu di uleni, maka gluten akan pecah dan jadinya adonan akan alot. Cara terbaik membuat adonan pastel itu, cukup di aduk ringan hingga jadi adonan rata dan kalis.

Jadi membuat adonan pastel nggak perlu di uleni kuat-kuat atau sampai di banting-banting seperti adonan roti ya. Jika sampai begitu, sudah pasti adonannya akan ngaret ketika di goreng, nggak mau ngembang dan kadang bagian dalam masih mentah atau bau tepung. Pastel yang enak itu..yang kulitnya renyah empuk..ngeprul jika di makan, itu enak banget menurutku, di padu isian yang pas gurih manisnya..hemm..bisa berapa biji nggak terasa dech..hihi.

Adonan kulit pastel itu ada beberapa versi, kalau aku ada dua macam biasa yang aku gunakan, ada yang pakai telur, hasilnya empuk renyah ngeprul. Satu lagi yang aku suka..yang tanpa telur adonannya..itu juga enak..coock buat usaha, karena lebih tahan kriuk dan hemat kan..nggak perlu telur. Resepnya kulit pastel tanpa telur bisa di lihat di SINI.

Hal lain yang menentukan enaknya pastel itu, sudah pasti isiannya. Isian yang umum itu ragout kering ya. Bisa terdiri dari sayuran seperti kentang, wortel, ayam. Atau bisa juga isian tumisan soun dll, itu juga enak. Tapi aku paling suka pastel isi kentang wortel aja..plus ayam..itu menurutku paling pas banget rasanya. Isian bisa di buat tumisan kering, atau juga di buat agak basah seperti ragout. Tapi jika isi ragout basah, sebaiknya isian jangan terlalu kental seperti isian untuk risoles ya. Jadi lebih dominan sayurannnya. Kalau adonan isi terlalu kental, nanti mudah melempen pastelnya.

Jika untuk usaha, membuat pastel ekonomis tapi enak itu juga bisa kok, isinya tak perlu pakai ayam. Cukup ragout sayuran aja. Asal bumbunya pas gurih manisnya..tetep enak juga rasanya. Resep ragout sayuran berikut ya..isinya cukup kentang sama wortel aja..udah enak..tapi akan lebih enak lagi ya kalau pakai ayam. Tapi di saat harga-harga bahan meroket tinggi seperti sekarang ini, jika mau usaha dengan harga jual yang terjangkau ya otomatis kita harus mengurangi penggunaan bahan yang mahal. Jadi sebut saja..ini pastel Vegetarian ya..hihi.

Pastel yang sudah di bentuk, sebaiknya segera di goreng agar adonan kulit tidak lemas terkena adonan isi yang semi basah. Jika mau di buat malam, di goreng langsung juga tidak masalah. Goreng dulu setengah matang, lalu siangnya di goreng kembali hingga kering. Jadi tidak akan repot jika membuat pastel dalam jumlah banyak, tetap bisa di lakukan di malam hari.

Jadi untuk membuat kombinasi murah meriah, tapi enak, kita buat contoh variasi pastel seperti ini nich teman-teman, kulitnya pakai telur, biar empuk ngeprul, isiannya di buat murah meriah, tanpa ayam, jadi jatuhnya tetap ekonomis kan..:D

Pastel Ekonomis

Bahan :
300 gram tepung terigu
2 butir telur
50 gram margarin
2 sendok makan air es
1/2 sendok teh garam

Cara Membuat Kulit :
Campur tepung terigu, garam dan margarin, aduk
Tambahkan telur dan air es, aduk hingga bergumpal. ( jangan di uleni ya..supaya tekture pastel keringnya bisa empuk dan renyah..serta menggembung..nggak keras ) 
Tipiskan adonan pastel, bisa dengan bantuan mesin gilingan mie atau bisa manual pakai botol, dll, cetak bulat-bulat

Bahan isi:
1 buah bawang bombay , dicincang halus
1 siung bawang putih, dicincang halus
1 sendok teh seledri                                       
200 gram wortel, rebus, dipotong kotak kecil
100 gram kentang, rebus , diiris kotak kecil
1 sendok teh kaldu bubuk rasa ayam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/8 sendok teh pala bubuk 
2 sendok teh gula pasir ( secukupnya )
50 ml air
2 sendok makan tepung terigu protein sedang

Cara membuat:
Isi, panaskan minyak. Tumis bawang bmbay , bawang putih, sampai harum. Masukkan terigu. Aduk sampai berubah warna.
Tambahkan wortel dan kentang Tumis sampai layu. Masukkan merica bubuk, gula pasir, dan kaldu ayam bubuk, serta sledri. Aduk rata.
Tuang air. Masak sampai matang dan meresap dan kesat. Koreksi rasa. Rasa isian pastel yang enak itu harus gurih dan ada juga rasa manis-manisnya.Angkat dan dinginkan.Ambil 1 lembar kulit pastel, beri isian secukupnya, tangkupkan, bentuk pelintiran di pinggirnya.
Goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga matang dan kering luarnya.
Noted :
Jika malas memelintir kulit pastel pakai tangan, bisa pakai cetakan kulit pastel, namun lebih eksotis menurutku..pelintiran kulit pastel pakai tangan itu..hihi.


20 comments :

  1. dh sehat mb dy??cara mlintirnya itu gmn se mb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan masih ko mba..sebenernya.biasa penyakit langganan..masuk angin kasep :D

      Delete
    2. Kalau udah selo ku buat videonya ya :)

      Delete
  2. Wah pas banget aku lg niatan mw jualan ini mba... Tp mba bg tips nya dong biar isian pastel ga mudah basi, trus klo digoreng kulitnya mulus tnp brintilan itu piye toh... Mksh yah mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ragout kering aja, tanpa cairan mba jika mau awet, jadi tumisan wortel, kentang, ayam cincang aja. Biasanya pada suka pastel jerawatan kan mba..:D

      Delete
  3. mb DD..mb DD..klo mbentuk2 apa2 kok bs sll ayu,,seragam gtu ya,,gemes liatnya..klo aku kok mesti beda2 smua,,bsr kecil ura karuan hihi..

    ReplyDelete
  4. Halo mbak diah..nanyak dunk..kalo bikin siang hari ini buat besok malem masih tahan gak mbak..thanks yaa mbak.. sherly liphandika

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masuk freezer dl ya tahan2 aja mba :)

      Delete
  5. Halo mbak diah..nanyak dunk..kalo bikin siang hari ini buat besok malem masih tahan gak mbak..thanks yaa mbak.. sherly liphandika

    ReplyDelete
  6. pastel favorit saya. Dulu mamah sering bikin. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mak..aku juga nggak pernah bosan sama si pastel ini..:D

      Delete
  7. Mba Diah, iki pake tepung protein rendah ato sedang? Piye caranya supaya kulit pastel banyak jerawatnya? Suwun ya mba. (Shiny)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedang bisa, rendah bisa mba,,minyaknya di panaskan dulu hingga beneran oanbas, nanti kan jerawatan waktu kulit pastel kena minyak panas.

      Delete
  8. mbk diah mau tanya, ini satu resep seukuran punya mbk diah itu jadi berapa biji mbk? ini mau bikin buat arisan saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 20 an lebih mba mungkin,.nggak pernah ngitung kalau buat makanan..:D kadang baru mateng seserok kasih tukang yang kerja..mateng lagi di kasih lagi..:D

      Delete
  9. Mba diah maaf mau tanya bedanya apa ya sama postingan pastel yg sebelumnya? Ada yg menggunakan air hangat dan yg ini pakai air es. Lebih ngeprul yg mana mba diah? Trims yaa..
    Ayu

    ReplyDelete
  10. Hai mba.. DD aku baru mau blajar bikin pastel nih hihihi.. itu waktu masukan trigu ga dikasih air ya,ga gosong ya mba... macacih sblmnya 😊😊

    ReplyDelete
  11. Mbakkkk diddiiiii....plintiran pastelku kok jd urakan yaaa...ora karo karoannn....huaaaaa....ngeri ngliay

    ReplyDelete
  12. mbak Diah sayank..pastel rogutnya klo di tambah bihun apa bs tahan 24 jm ya...makasih mbak Diah cantik

    ReplyDelete