Tuesday, March 29, 2016

Lumpia Segitiga


Waktu mau bikin snack buat tukang yang kerja di rumah tadi mikir..mau buat apa ya. Soalnya stock bahan menipis. Akhirnya aku ingat kulit lumpia lebar-lebar yang aku beli dari Kranggan Dalam di sentra industri kulit Lumpia kemaren. Mau buat martabak..kok nggak punya daun bawang banyak. Tunggu Budhe sayur..cuma dapat 1 batang daun bawang..hihi. Wah ya sangat kurang jika di buat martabak. Akhirnya nengok bahan lain di gerobak Budhe sayur..adanya tahu lagi..tahu lagi..yo wis lah di angkut aja ke dapur. Dan akhirnya jadi juga snack untuk tukang yang kerja di rumah..Lumpia sayur tahu. 

Nah..karena kulit Lumpianya lebar-lebar, jadi kepikiran untuk buat bentuk Lumpia yang beda..maka aku buat aja bentuk segitiga tadi. Karena kulitnya lebar, jadi membentuknya juga mudah sekali. Jadi kelihatan beda dan unik kan teman-teman Lumpianya. Jadi..jika mau berinovasi di tengah persaingan usaha kuliner seperti saat ini..kita bisa kok membuat variasi dari rasa..bentuk juga bisa. Coba dech..misal berjejeran tuch penjual Lumpia di  pinggir jalan..terus kita nyleneh sendiri dengan Lumpia bentuk segitiga yang ndut-ndut dan menggemaskan seperti ini..hihi..pasti kan di lirik pembeli..karena beda...!

Jadi..beranilah berimprovisasi dan berkreasi ya ya teman-teman..agar usaha kuliner kita makin maju dan punya keunikan tersendiri. Teman-teman yang menerima pesanan snack di rumah..bisa jadi menu baru juga kan..Lumpia Segitiga. Kuncinya..gunakan kulit lumpia yang tipis dan lebar, agar tetap renyah citarasanya. Jangan pakai kulit lumpia di dadar yang tebal ya..kalau kulit terlalu tebal yang jadi agak mblenger juga rasanya jika ketebalan kulitnya. Jadi lebih enak memakai kulit lumpia yang renyah dan tipis, seperti halnya kulit Lumpia yang di beset, khas Semarang. Beli jadi di supermarket banyak kok di jual...atau di pasar tradisional..juga ada.

Oke..untuk resep isi lumpia sayur ini..sama kok seperti yang aku posting dulu..silahkan meluncur ke SINI. Sekarang aku kasih step by step cara melipat Lumpia segitiga aja ya..semoga bermanfaat.




Tapi maaf ya teman-teman..tadi udah terlanjur habis isiannya, baru ingat bikin foto step by step..hihi, jadi fotonya kosongan tanpa isi ya ini proses melipatnya. Mudah-mudahan tetap jelas dech. Yuk..mari main lipatan pakai kulit lumpia..hihi.

Pertama siapkan satu lembar kulit lumpia ukuran lebar, isi dengan bahan isian secukupnya.


Lipat ujungnya ( kalau ada isinya hingga menutupi bahan isian )


 Lalu lipat ke kiri dan ke kanan kedua sisinya..hingga ujungnya runcing.


 Tekuk ke arah dalam ( ke atas )..nah mulai kelihatan kan bentuk segitiganya.


Lipat kelebihan sisa kulit di samping ke arah dalam..hingga seperti ini.


Lakukan hal yang sama untuk sisi satunya. Jadi dech..bentuk segitiga. Tinggal di sealer pakai putih telur agar menempel rapi.


 Udah..jadi..tinggal di balik dech..dan di goreng. Tapi jangan lupa di beri isian lho ya..hihi.




3 comments :

  1. mb diah bs nitip beli kulit lumpia nggak hehee..di daerahku nggak ada tu kulit lumpia khas semarang yg ada kulit pangsit yg biasanya bwt gorengan bakso klo digoreng keras banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Takut basi di jalan e mba..kecuali pakai YES :D

      Delete
  2. Kalau dilihat dari luar nya mirip martabak ya mak , kalau dibikin segita gini wkwkkw

    ReplyDelete