Friday, March 4, 2016

Tumis Pedas Ikan Asin Jambal & Kemangi


Masih..lanjut menu kemangi ya teman-teman, kali ini pengen yang pedes-pedes dan *nglawuhi..apa lagi kalau bukan masak ikan asin..hihi. Kalau masak ikan asin aku jarang jarang sich, karena nggak pada suka..warga di rumahku. Tapi tadi siang di budhe tukang sayur ada ikan asin jambal bagus, ya udah aku masak aja buat sendiri. Kalau suami dan anak..ya sukanya daging dan ayam, dll..yang beneran lauk..hihi. Kalau ikan asin mana pada mau makan. Ya udah....akhirnya aku masak dikit aja..sekedar buat tombo kangen ikan asin sendiri pas makan siang, kalau nggak habis tinggal di kasih ke budhe sayur besok, dalam kondisi udah matang..haha. Seringnya gitu...beli bahan mentah di dia, kalau aku masak nggak habis, kembali lagi ke budhe sayur dalam keadaan matang. Tapi aku seneng, budhe sayur langgananku itu *nrimo banget, di kasih apa-apa itu sangat berterimakasih.

 
Tadi beli 2 bungkus ikan asin jambal 4 ribu, di masak, jadi dech..nggak habis juga sendiri..soalnya aku lebih banyak makan kemanginya..hihi. enak..di masak tumis campur ikan asin seperti ini juga. Jadi..walau sama-sama pakai kemangi, tapi tehnik memasaknya beda dengan yang sambal udang kemaren. Kalau tumis ini, pakai cabai rawit semua..jadi pedasnya cetar terasa, terus bumbu di ulek kasar dari mentah, lalu di tumis. hasilnya, sama-sama pedes, tapi beda banget citarasanya. Sama-sama enak dan menggugah selera pastinya.

Jika tidak suka ikan asin, ganti iakn segar yang di goreng garing, juga enak tak kira teman-teman, cobain ya,..moga bermanfaat ya..siap atahu di rumah teman-teman ada yang panen kemangi juga seperti aku..jadi bisa di manfaatkan. Enak dech..di makan pakai nasi anget..hemm. Untuk menghindari hal-hal yang di inginkan ( nambah nasi maksudnya..hihi..)..aku makan pakai nasi merah tadi. Tetep enak kok..:D

Tumis Pedas Ikan Asin Jambal & Kemangi

Bahan :
100 gram ikan asin jambal, potong-potong, goreng hingga agak kering
50 gram kemangi
1 batang sereh, geprek
50 ml air
1 sendok teh gula pasir

Bumbu Ulek Kasar :
75 gram cabai rawit merah
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 sendok teh terasi bakar sebentar

Cara Membuat :
Tumis bumbu yang sudah di ulek kasar hingga harum dan matang, masukkan sereh
Masukkan air dan gula
Masukkan ikan asin goreng
Masak sebentar hingga meresap
Masukkan kemangi, aduk rata hingga kemangi layu
Koreksi rasa, angkat
Sajikan hangat


15 comments :

  1. Q udh mruput buka webmu mb..lgsung nemu buat masak hari ini,,btw ikan jambal yg kyk gmn bentukny mb dy?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..wah rajin mba..:D Makasih pagi2 udah nengokin dapurku..nich belum ngebul lagi malahan..:D

      Ikan asin Jambal itu yang ikan asin daging aja itu lho mba...tanpa kulit atau duri..:D

      Delete
  2. mb dy,,q udah muter pasar bantul tpi g nemu jambalnya..(mungkin lgi mudik semarang..hihi)..jdinya pke ikan asin yg buat temen sayur asem itu lo..sarapan paginya udah gemrobyos huhah mb d..hihi

    ReplyDelete
  3. Mba diah, cobain deh bikin tempe kemul kunyit dicampur kemangi sama cabe rawit...di jamin nagih, enak lho mba hehe

    ReplyDelete
  4. oya mbak ikan asinnya itu boleh apa aja kan? soalnya saya biasanya suka ikan gembung

    ReplyDelete
  5. Wah coba rumahku deket sama mbak diah. Aku jg nrimo lho limpahan masakan yg gak kepake hihi.....

    ReplyDelete
  6. wihh... mantap nih...
    resep yang baru bagi saya...

    ReplyDelete
  7. yum..gak sabar mau coba deh :)

    ReplyDelete
  8. ini nih, salah satu makanan yang gak pernah bosen buat dicoba, mantap

    ReplyDelete
  9. mantap mba, jadi inget masakan emak di rumah. tp klo ibu saya sukanya sm cumi asin, kira2 bisa ga yah dibikin menu begini?

    ReplyDelete
  10. pagi2 baru selesai sarapan, liat ginian jadi laper lagi :v

    ReplyDelete
  11. anything about seafood mah makanan favorit buat saya mah, jadi pengen nyicp :D

    ReplyDelete