Wednesday, March 2, 2016

Tempe Goreng Kucai


Masih..menu dengan kucai..hihi. Jangan bosan ya teman-teman. Gara-gara beli kucai 3 ribu kok dapat satu ikat besar gitu, jadi mesti segera di olah, karena kucai tidak tahan lama di simpan di kulkas. Belum lagi kalau lupa..duch..suka merasa berdosa, menimbun sayur di kulkas, tapi lupa masaknya..hihi. Seperti kemaren, aku di ingatkan mba artku..katanya.." Sayuran di kulkas banyak kok belanja terus bu..!" 
Kebiasaan..kalap kalau ke pasar apa-apa di beli, ujung-ujungnya yang di masak beda lagi atau lupa, karena kesibukan, atau karena ganti acara belanja lagi esok harinya..hihi. Mulai sekarang mau ngabisin dulu bahan yang ada di rumah, baru ke pasar ah...!

Tadi mikir, mau di buat apalagi ya nich kucai, akhirnya kepikira buat goreng tempe. Tapi..kalau goreng tempe mendoan kok udah keseringan ya. Akhirnya mikir, bikin tempe goreng kriuk..mirip sama keripik, tapi nggak tahan hingga berhari-hari lho ya kriuknya...pokoke enak dech..hihi. Tepung yang di pakai tepung beras dan tapioka, bukan tepung terigu, jadi ada rasa kriuk renyah ketika di makan, mirip keripik tempe, tapi masih terasa gigitannya tempe goreng..hahah. Bingung ya...cobain aja dech..enak beneran teman-teman.

Tadi aja ambil goreng aku cemal-cemil pas anget gitu nggak terasa berapa yang aku makan ya..hihi. Di tambah posisi lagi laper, karena belum makan siang je..jadinya..kok cemal-cemil tempe. Duch..aku kok suka ngemil ya..kapan langsingnya coba..?..Kadang-kadang pengen rutin olahraga naik sepeda statis lagi tuch yang aku beli udah ada setahunan, tapi sering di anggurin..hihi. Untung belinya pakai uang tabungan sendiri ya, jadi nggak terlalu merasa berdosa..coba, kalau pakai uang belanja dari suami..kan berasa seperti Emaknya Sincan yang sering nimbun barang, tapi jarang di pakai...hahah. Jadi ingat kartun favoritku ini...masih ada nggak ya..?


Tapi beneran, tempe goreng kucai ini enak banget teman-teman..aroma kucai yang khas membuat tempenya makin gurih dan beraroma. Hemat pula, satu papan tempe jadi buanyak. Cobain yuk...!

Tempe Goreng Kucai

Bahan :
1 papan tempe, potong tipis-tipis
200 gram tepung beras
50 gram tepung tapioka
250 ml air ( kira2 )
50 gram kucai, iris halus agak panjang
1 sendok teh kaldu atau garam sesuai selera
1/4 sendok teh gula pasir

Bumbu Halus :
2 siung bawnag putih
1 sendok teh ketumbar

Cara Membuat :
Campur semua bahan kecuali tempe
Aduk hingga jadi adonan dengan kekentalan seperti membuat rempeyek,  koreksi gurihnya sudah sesuai selera belum
Panaskan minyak
Celup tempe ke adonan tepung
Goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga matang dan kering
Sajikan hangat





No comments :

Post a Comment