Tuesday, March 1, 2016

Pancake Sayur Ala Korea


Sibuk mengurusi kerjaan dari pagi, tau-tau kok sudah siang..waktunya makan siang. Tapi kok belum masak apapun..hihi. Akhirnya aku bikin pancake gurih aja..ala Korea. Tadi beli kucai di pasar banyak..1 ikat 3 ribu. Rencana mau buat campuran cireng krispi, tapi kan kebanyakan, jadi mikir buat apa lagi ya. Akhirnya kepikiran buat pancake gurih ala Korea. Kalau di Korea sana namanya Pajeon. Biasa isinya sayuran dan seafood, seperti udang, dll. Tapi aku kok nggak punya udang ya, akhirnya topingnya bakso aja..hahah. Pokoknya, kalau di dapurku, apa aja bisa kok di olah. Nggak ada udang, bakso pun jadi..untuk membuat menu Pancake gurih ini..hihi.

Pancake Korea ini sich sebenernya mirip bakwan sayuran ya kalau di kita teman-teman, tapi cara memasaknya di dadar, jadi bentuknya bulat seperti pizza..hihi. Rasanya lembut, karena adonan tepungnya sedikit, isinya banyak. Rasanya..kalau masih hangat, sedikit renyah di luar..lembut di dalam. Jika mau lebih krispi luarnya, masak hingga sisinya agak kering. Di makan anget-anget pakai saus, kok enak ya..hahah. Laper..hujan-hujan..makan Pancake Gurih ala Korea yang hangat dan gurih..yo mesti enake lah ya. Nah, kalau biasanya pakai daun bawang, aku coba tadi pakai kucai, hemm..tambah harum baunya. Wangi dan gurih. Daun kucai nich memang sedikit lebih aromatik di banding daun bawang. Enak..!

Cara membuatnya..mudah banget teman-teman, dan cepat pula, jadi cocok nich untuk sarapan atau cemilan di kala hujan dan tidak ada makanan lain..hihi. Untuk toping bisa sesuai selera ya, di Korea biasanya seafood, seperti udang, dll. Kalau aku tadi pakai  bakso yang di iris tipis-tipis. Jika mau pakai sosis atau olahan seafood lain juga enak kali ya. Atau mau pedas,  kasih irisan cabai rawit sekalian..haha..jadi ala Indonesia dech pancakenya.

Okeh, ini dia resepnya ya teman-teman, resep basicnya sich ala Korea, tapi sudah menyesuaikan lidah Indonesiaku..hihi. Jadi namanya *ala saja yo..bukan otentik  Korea..ntar ndak di protes orang Korea..hihi.

Pancake Gurih Ala Korea

Bahan :
125 gram tepung terigu
25 gram tepung maizena ( aku tadi habis , aku ganti tepung tempura, enak juga )
1 butir telur
180 - 200 ml air
50 gram kucai, potong panjang-panjang
1/2 buah wortel, potong korek api panjang
1 buah cabai merah besar, buang biji, potong panjang
1/4 buah bawang bombay, iris panjang
1 sendok teh kaldu ayam atau garam sesuai selera
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh  bawang putih bubuk
1/4 sendok teh gula pasir
Toping sesuai selera, aku tadi pakai bakso yang aku iris tipis-tipis

Cara Membuat :
Campur semua tepung dan bumbu-bumbu
Tuangi air dan telur
Aduk asal rata, jangan terlalu kuat ngaduknya ya, adonan  mirip adonan pancake manis, jika masih terlalu encer, boleh di tambah sedikit tepung
Masukkan sayuran
Panaskan wajan anti lengket, beri minyak goreng kira-kira 100 ml
Jika wajan dan minyak sudah panas, tuang adonan pancake hingga memenuhi wajan
Beri toping hingga merata
Jika bagian bawah sudah matang, balik dan masak hingga kedua sisinya matang
Sajikan hangat segera dengan saus sesuai selera



4 comments :

  1. ide cemerlang mbak Diah, besok pagi aku mau bikin aaah, buat sarapan, aku jg nggak punya persediaan udang, tak ganti kornet ajwes hehehe, makasih mbak resepnya

    ReplyDelete
  2. Kenapa ga make tepung pati kentang jualan mba dd? Aslinya org korea sana jg make gt. Hehe.

    ReplyDelete
  3. Diah Bunda CheRaMarch 2, 2016 at 8:53 AM

    aku suka bkin semacam ini jg mb,,bkn pancake sih,,omelet sayur aku nyebutnya,,anak2 suka,tp ya pake nya daun bawang,kol,wortel,apa aja deh yg lg ada di kulkas,,kdg tahu jg...hmmm...yummi yo mb DD..

    ReplyDelete
  4. Wah full sayuran ya. Kira2 anak suka gak ya....

    ReplyDelete