Google Ad

Tuesday, March 8, 2016

Olos Lagi....!


Sore tadi aku buat Olos lagi. Apa itu Olos ?...sudah pernah aku ulas ya dulu. Olos..adalah jajanan khas Tegal yang terbuat dari aci dan di  beri isian. Kalau dulu aku buat versi modifikasi aku isinya, sekarang aku buat original..isi tumisan kol aja..thok..ngga pakai yang lain.

Aku tadi buat Olos pakai tepung Cireng. Seperti biasa, jika kau memperkenalkan produk baru, pasti banyak teman yang menanyakan variasi resepnya, agar tidak bosan di buat cireng terus. Makanya tadi aku coba buat Olos dari Tepung Cireng ini..dan hasilnya..oke..doke..enak..empuk Olosnya..dan warnanya cantik. Apa itu Tepung Cireng, lihat ulasanku di SINI ya.

Membuat Olos ini mudah saja, tapi perlu tambahan sedikit terigu, agar tekture Olos ngga liat dan mudah di buat adonan yang kalis, tapi lembut. Aku tadi pakai 1 pack tepung cireng, di tambah terigu, lalu tinggal di buat adonan yang agak kalis, tapi masih lembut dan mudah di bentuk. Jangan terlalu kering ya teman-teman adonannya, supaya Olos tidak keras.

Kalau aslinya Olos bentuk bulat-bulat dengan isian di tengahnya. Aku tadi buat dua bentuk satu bulat, satu bentuk setengah lingkaran seperti pastel, untuk membedakan, isian yang pedas dan yang tidak, agar Yodha juga bisa makan. Kemaren pernah makan tahu isi, keliru pedas, ngamuk-ngamuk lucu Yodha..katanya..kenapa tahu di isi cabe..hahah.

Kalau aslinya sich, Olos memang pedas rasanya. Isinya tumisan kol aja sama daun bawang, di beri bumbu pedas cabai rawit. Kalau aku tadi, cabenya aku utuhin aja, biar sebagian jadi ranjau aja, jadi bisa di pisahin, mana yang di buat pedas atau tidak, jadi biar anak-anak bisa makan gitu teman-teman. Kalau di buat pedas semua kan kasian anak-anak..kepedesan cabai rawit merah..hihi.

Menggoreng Olos ini, jangan terlampu lama ya teman-teman, agar kulit luarnya nggak keras. Makanya, buat kulitnya jangan terlalu tebal agar mudah matang. Yang penting Olos udah mengembang dan mengapung, putar-putar sebentar selama di goreng, agar semua bagian terkena minyak dan matang merata. Jika daun bawang di kulit sudah terlihat kecoklatan atau kering itu tandanya udah matang, tidak perlu menunggu Olosnya kecoklatan, sudah bisa di angkat. Jika terlalu lama di goreng, malah rawan meletus Olosnya...hihi. Tapi nggak sampai meledak-ledak gitu kok..paling bentuknya jadi benjol-bejol nggak bulat mulus, kalau kelamaan di goreng.

 Oke dech, langsung saja ya, mari kita buat Olos ya....


Siapkan Tepung Cireng 1 bungkus, tambahkan tepung terigu 100 gram, karena nambah tepung, garam boleh di tambah, 1/4 sendok teh, juga merica 1/4 sendok teh, lalu tuangi air panas secukupnya, daun bawang iris secukupnya, aduk rata, hingga jadi adonan kalis dan mudah di bentuk seperti ini. Sisihkan.


Setelah adonan siap, kita siapkan isian dulu ya teman-teman..mudah saja. 250 gram kol, di iris halus, 1 batang daun bawang, iris halus, 2 bawang merah, 1 bawang putih, haluskan. 1/4 sendok teh merica bubuk, 1/2 sendok teh kaldu ayam dan garam, 1 sendok teh gula pasir. Jika mau pedas, cabai rawit merah secukupnya, jangan lupa ya.


Caranya, tumis bumbu halus hingga matang, masukkan kol, cabe dan semua bumbu. Aduk rata dan masak hingga kol layu dan matang seperti ini. Jika mau pedas semua, cabai di ulek kasar. Tapi kalau aku aku pisah aja, sebagian ngga pedas, sebagian di kasih ranjau cabe rawit utuh..hihi.


Ambil sedikit adonan, pipihkan, isi dengan bahan isian secukupnya, lalu bentuk bulat atau sesuai selera, lalau goreng hingga matang. 




Oh iya..jika suka Cireng krispi keriting yang original..cara pembuatannya secara detail bisa teman-teman lihat di video ini yaaa :)


24 comments :

  1. Wah baru tahu ada makanan bernama olos ini😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..adanya di Tegal..kalau di sana byk di jual di pinggir jalan mba :)

      Delete
  2. Halo..mbak Di... Tolong kirimkan daftar barang-barang jualan mbak yah ke emailku; anna_juliareth@yahoo.com, mau cepet-cepet kueksekusi nih resepnya, hehe.. Thanks mbak.
    Anna.

    ReplyDelete
  3. Olos...br tau mba aq,lucu hihiii.Mo order tepung'y ehh la orderanq yg hr jum'at aza blm sampe lo mba dy....piye jal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, sabar ya mba..pakai jne..atau wahana kemaren, konfirm di wa aja ya biar ku cek. Kalau wahana memang agak lama :)

      Delete
  4. Salam kenal mba Didi... saya Wiwik dari Bogor... ngga sengaja sy kenalan dgn blog nya mba Di blm lama ini dan langsung jatuh hati... it's so nice... sukses selalu buat mba Di.. Btw, boleh saya minta dikirimkan price list nya mba ke email : wiwiks123@yahoo.com, matur nuwun mba..

    ReplyDelete
  5. Mbak,,bikin kreasi perkedel dong,,perkedel yg beda dr yg lain,,hehehehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okeh mba..siap..sudah coba perkedel crunchy yang ku posting bbrp waktu lalu ?

      Delete
    2. Udahh mbk,,tp gk pake tepung kentang,,pake kentang kukus biasa mbk,,tetep enakk mbk,,hehhhee..mb.diah trus brkreasi yaa,,food bloger yg inspiratif bgt,,aq ngefanss bgt,,haahhhhaaa(jd lebayyy gini)

      Delete
  6. Haiii mba.. Aq salah satu stalker mba.. Keren bgt mba, jd ibu rmh tangga yg kreatif.. Mba, mnta tlng dkrmn price list ke beeroe25@gmail.com tks mba..

    ReplyDelete
  7. Haiii mba.. Aq salah satu stalker mba.. Keren bgt mba, jd ibu rmh tangga yg kreatif.. Mba, mnta tlng dkrmn price list ke beeroe25@gmail.com tks mba..

    ReplyDelete
  8. Wiii.. kepingin mba,enak bgt kelihatanya.. mau dong mba dikirim price list produk diah didi ke email saya ke dyaningsuryanto@gmail.com makasii...

    ReplyDelete
  9. Mba Didi, bisa minta daftar barang beserta harganya kirim ke email saya , gitasyahni79@gmail.com ? Terimakasih. Gita

    ReplyDelete
  10. Mbak didi..minta daftar barang ma harganya ya...maja.dpukukar@gmail.com
    Matur nuwun sanged mbake...salam dr Kutai Kartanegara...

    ReplyDelete
  11. Saya mau coba . Tolong minta daftar harga aciku / bungus berapa ?
    yayatsudrajat004@gmail.com
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  12. Mbak didi, salam kenal, sya juga mau donk mbak pricelistnya, tlg kirim email ke dictaa@gmail.com..makasih..

    ReplyDelete
  13. aku yang orang tegal aja gabisa buat olos mba bisanya cuma beli 😂
    tepung aci nya ada yg langsung jual di kedai daerah tegal ga mba ? Pngen brlii

    ReplyDelete
  14. aku yang orang tegal aja gabisa buat olos mba bisanya cuma beli 😂
    tepung aci nya ada yg langsung jual di kedai daerah tegal ga mba ? Pngen brlii

    ReplyDelete
  15. Mba caranya biar ngga keras olos nya gimana?

    ReplyDelete
  16. Mba gimana cara nya agar olos gak lengket saat di simpan d wadah.

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel