Sunday, March 6, 2016

Olahan Tahu Goreng ala Resto




Kalau  makan di resto seafood seperti di Kampung Laut, pasti salah satu menu pesananku itu tahu goreng. Di sana, tahu gorengnya beda, nggak tahu goreng biasa, tapi satu piring ada dua macam tahu, satu di goreng tepung lembut di tabur bumbu lada garam ya sebutannya. Yang satu tahu isi yang nggak pakai lapisan tepung. Keduanya enak banget..jadi nggak membosankan rasanya. Yodha dan papinya juga suka. Makanya kemaren ketika punya Tahu Cina yang sduah gurih nganggur di kulkas, aku buat kedua olahan ini. Kalau di buat tahu goreng polosan biasa..wah..ya bakalan aku thok yang ngabisin..hihi. Tapi jika di buat olahan tahu gorneg yang lebih kreatif gini..jadi pada mau makan dech. Yodha paling suka tahu isinya..karena ada jamur favoritnya.

Tahu isinya seperti tahu goreng biasa, tapi pakai tahu yang lembut, tapi dalamnya di beri isian sayuran tumis, wortel dan taoge aja sich, tapi rasanya jadi enak banget teman-teman..nggak kalah enak sama tahu isi yang berlapis tepung. Untuk tahu isi tanpa tepung ini kunci utamanya adalah tahunya yang enak, pilih tahu yang sudah gurih dan lembut, Biasanya tahu Cina atau tahu Sumedang juga boleh atau tahu Bandung. Goreng tahu, nggak perlu di bumbuin, karena udah gurih hingga dalamnya berongga. Buat lubang, lalau isi dengan bahan isian tumisan, lalu langsung di sajikan hangat-hangat..hemmm..enak sekali. Lebih praktis karena nggak perlu di goreng lagi pakai lapisan tepung teman-teman. Kalau makan tahu isi ini..jangan lupa satu hal ya...ceplusannya..mana cabe..mana cabenya..hihi..pasti dech yang paling di cari adalah cabe rawit..! Serasa ada yang kurang gitu, kalau aku makan tahu goreng tanpa cabe rawit.

Kalau bahan tumisan lada garam itu di resto Kampung laut, pakai bawang cincang gurih gitu. Nah..aku sekarang mau buat modifikasinya nich, aku kasih campuran bawang dan ebi, terus pakai cabai juga..hemmm enak sekali juga. Aku suka masak, tapi suka jajan juga mencoba menu-menu lain di resto, ya fungsinya untuk belajar juga, agar bisa masak sendiri menu-menu ala resto favorit. Biasa..kebiasaan suka mengulik resep-resep resto favorit ala aku sendiri..hihi.

Oke..cobain yukk..dua olahan tahu ala resto favoritku ini teman-teman..buat sendiri, tentu lebih murah ya..hihi. Untuk balutan tepungnya, aku pakai Tepung Tempura aja biar renyah dan lembut seperti di resto. Tapi jika nggak ada, teman-teman bisa memakai adonan tepung terigu dan maizena biasa, tapi jangan terlalu kental ya...biar nggak terlalu tebal membalut tahunya lapisan tepungnya. Maknay aku pakai Tepung Tempura ini, karena tekture adonannya pas, bisa renyah luar tapi lembut soft gitu rasa adonan tepungnya. Jadi pas banget untuk olahan Tahu Lada Garam ini.

Oke ini dia resepnya, hasil modifikasi aku sendiri, pakai cabai hijau dan merah , biar makin meriah dan cantik
Tahu Lada Garam Pedas

Bahan :
5 buah tahu Cina yang sudah gurih dan lembut, potong sesuai selera, goreng dengan celupan tepung tempura ( Untuk yang belum tahu adonan tepung tempura, lihat di SINI ya )

Bahan Tumisan Lada Garam:
6 siung bawang putih, dicincang kasar
1 cabai merah besar, 1 cabai hijau besar, potong-potong
2 batang daun bawang kecil, diiris halus
1/4 sendok teh kaldu ayam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh gula pasir
1 1/2 sendok makan ebi sangrai, di cincang halus
Cara Membuat :
Tumis bawang putih dan daun bawang hingga kering, masukkan cabai merah, aduk hingga agak kering bawang dan daun bawangnya
Masukkan ebi dan semua bumbu, aduk rata
Koreksi hingga pas rasanya
Tiriskan minyaknya
Taburkan ke tahu goreng
Sajikan hangat


Untuk tahu isi tanpa tepung aku modifikasi pakai tambahan jamur, hemmm..tambah enak sekali.

Tahu Isi Tanpa Tepung

Bahan :
5 buah tahu cina gurih, belah dua, goreng hingga kering dan berongga dalamnya

Bahan tumisan :
1 buah wortel, potong korek api
50 gram taoge
2 lembar kol, iris halus
1 cup jamur kancing, potong-potong kecil
1/4 buah bawang bombay , iris panjang
1/4 sendok teh kaldu ayam dan garam secukupnya
1 sendok teh gula pasir

Bumbu Halus :
2 butir bawang merah
1 siung bawang putih
1/4 sendok teh merica  butiran

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus dna bawang bombay hingga matang dan harum
Masukkan jamur, aduk rata hingga wortel matang dan layu
Masukkan kol dan taoge serta daun bawang, masukkan semua bumbu
Aduk rata dan masak hingga semua sayuran matang ( jangan terlalu lembek ya..! )
Koreksi rasa hingga pas gurihnya
Isikan tumisan sayuran ke tahu goreng
Sajikan hangat..yummy..!

1 comment :

  1. Wah boleh dicoba nih. Dimakan anget2 pas lg hujan 😊

    ReplyDelete