Friday, March 11, 2016

Jadah Bakar


Sibuknya hari ini..sampai jam segini baru sempat posting. Hari ini mulai ada tukang kerja lagi di rumah...pak tukang yang baisa kerja di rumah sama ponakannya, beres-beres halaman depan. Yeay..jadi ada yang makan jika buat cemilan yang berat-berat..hihi. Dan aku memang sudah niat mau ngabisin stock apa bahan yang ada di rak dapur, biar nggak mubazir. Ada ketan 250 gram, aku buat jadah bakar aja buat mereka. Pas kebetulan tadi ada teman yang order serundeng banyak, jadi aku sisain, buat  makan jadah bakar ini..hemm..enak dech. Serundeng buatan tetanggaku ini memang enak..karena deket aku nggak pernah nyetok, kalau ada teman yang order baru aku ambil ke dia, jadi selalu dapat serundeng fresh yang buatan hari ini, karena mereka selalu buat baru setiap hari. Alhamdulillah banyak yang suka..karena rasanya memang enak..serundengnya..kriuk garing, tahan 5 bulan.

Jadah itu kue khas Jawa Tengah, kalau di Yogya yang terkenal Jadah Bacem khas Kaliurang sana, di makan dengan tahu bacem dan tempe bacem. kalau di Magelang, jadah ada yang di jual jadah bakar isi jenang ketan..hemm itu juga enak banget, waktu di bakar, jenangnya meleleh gitu, jadi ada kombinasi manis dan gurih. Kalau di Semarang Jadah biasa bersanding dengan wajik ketan, untuk upacara adat tertentu seperti Nyadran, dll. Pokoknya jadah itu kue tradisional banget yang banyak variasi olahannya. Bisa di buat jadah goreng, bisa di masak dengan nangka, jadilah kicak khas Yogya juga. Atau di makan gitu aja juga udah gurih kenyal, enak. Aku suka jadah yang gurihnya garamnya terasa..hihi. Jadi kadang aku tambah takaran garamnya. Tapi ya taraf normal ya..bukan asin.

Kalau di resep ini aku kasih takaran normal garamnya, jika mau boleh di tambah sesuai selera. Jadah terasa gurih selain memakai garam, juga karena ada tambahan kelapanya. Rasanya itu legit enak. Kali ini aku buat Jadah bakar aja, lebih sehat, nggak nyerap minyak, tapi ada sensasi aroma harum bakarannya. Di makan hangat-hangat setelah di bakar aja enak. Membuat jadah ini mudah kok teman-teman, cuma harus sedikit repot menumbuk aja, agar adonan jadi liat, kenyal dan padat.


Jadah Bakar
Bahan :
250 gram beras ketan, direndam 1 jam
100 ml santan kental
1 sendok teh garam
100 gram kelapa setengah tua, diparut kasar

1 lembar daun pandan
Cara Membuat :
Kukus beras ketan 15 menit
Rebus santan, garam dan daun pandan sambil di aduk hingga mendidih
Masukkan ketan dan kelapa, aduk hingga santan terserap, dinginkan
Kukus ketan yang sudah bersantan, hingga matang
Tumbuk hingga halus dan menul-menul, selagi ketan masih panas
Padatkan dengan bantuan plastik tebal, dinginkan
Potong-potong persegi kecil sesuai selera
Panggang di panggangan atau teflon hingga harum
Sajikan hangat, bisa jadah bakar aja udah enak, atau sajikan dengan serundeng..hemmm lebih enak lagi rasanya.


8 comments :

  1. mb dy..q nek bikin jadah pasti kurang asin rasanya mesti anyep..hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu ngaron..di cicipi mba..udah teras belum garamnya, baru di kukus :)

      Delete
  2. Kalo di jakarta ada yg jual jadah entah bakar atau goreng.... trus luarnya itu dilumuri gula jawa yg dilelehkan ...enakk juga

    ReplyDelete
  3. Kalau di makan nya sama baceman tempe sama tahu lebih nampol kali ya mbah rasanya....

    Efek kangen kampung halaman...
    Jogja (kaliurang)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..sambil nyeplus cabe rawit, makannya di Kaliurang sono yang dingin ya mba..pastinya tambah enak..wua..aku kok ya kangen jadah bacem Kaliurang..hihi

      Delete
  4. Numbuknya pke alu ya mbk.. Tenaganya mst kuat tuw hehehe

    ReplyDelete