Sunday, March 6, 2016

Gimbap aka Kimbap, Sushi ala Korea


Yodha..masih setia dengan menu daging, jadi tiap hari masih minta menu daging aja. Jadinya kau harus putar otak untuk membuat variasi menunya agar dia nggak bosan. Akhirnya kepikiran bikin Gimbab, atau Kimbap..alias Sushi ala Korea. Setelah aku tawarkan ke Yodha, dia setuju, karena dia suka rumput laut, pas banget dech. tapi waktu kita buka blognya Maangchi, aku kasih lihat  ke Yodha, isinya aneka sayur, plus daging..dia langsung geleng kepala.."Nggak usah pakai sayur Mi..pakai daging ajah...!" katanya. Hihihi..itu namanya mah..arem-arem kali Kak..kalau isinya cuma daging. Akhirnya tetep..rencana buat Gimbap nya jalan..dengan syarat nggak pakai sayuran..yang buat Yodha..hihi. Akhirnya, placemat bambuku kepakai juga buat bikin Sushi Korea ini. Dari dulu koleksi sampai 3, tapi cuma di pakai buat alas motret..hihi.

Tadi malem, muter-muter Semarang..cari rumput laut lembaran yang lebar..kok nggak nemu, sampai di bela-belain ke daerah Semarang timur, ke Lotte Mart..ya nggak ada juga..huhu. Akhirnya nyerah, pakai rumput laut kecil-kecil Mama**** tuch yang ada di supermarket. Bisa kah buat kimbap..pakai itu ?..Bisa dong..harus sedikit kreatif..hihi. Jadi..waktu menggulungnya, aku alasi dengan daun pisang, tata tuch rumput laut kecil-kecil hingga bernetuk lembaran di daun. Timpa dengan nasi panas, nah..nanti rumput laut kecil-kecil tadi akan menyatu kan menempel di nasinya..hihi. jadi dech..tinggal di isi bahan isian, lalu gulung, lepas daun pisangnya dan..jadilah Kimbabnya.

Bahan isian Kimbab itu aneka macam. Di Korea juga banyak macamnya. yang paling sering, biasanya isi daging panggang tipis-tipis seperti Bulqogi, yang gurih manis, di padu aneka sayuran dan telur dadar, serta acar. Bahan-bahan udah komplet, paling yang beda acarnya aja..kalau di Korea pakai acar warna kuning, nggak tau acar apa, aku pakai acar timun biasa. Selain itu pakai wortel, bayam, dan..yang utama itu daging ya. Kalau nggak ada dagingnya..ya ngga enak..hihi. Yodha aja mintanya isi daging aja. Daging yang di pakai daging has ya teman-teman..has dalam boleh, has luar boleh. Daging has tuch kayak gini nich. Nah..kemaren ada teman yang minta di fotoin cara memotong daging melawan serat ya..begini nich caranya. Lihat ya, daging itu seratnya memanjang seperti di foto ini, nah..dengan kita potong tipis-tipis melintang itu akan  menghasilkan daging yang empuk dan cepat matang ketika di masak atau di panggang. Paling ideal di panggang aja sebentar..sudah matang. di teflon juga bisa. Jadi dagingnya bisa empuk, tapi nggak sepo, masih terasa juicy manisnya daging gitu



Oke..sekarang kita buat Kimbabnya ya. Kimbab itu sebenernya juga asal muasalnya..dari Sushi ala Jepang. Makanan ini di kenal di Korea, ketika jaman penjajahan Jepang dulu. Tapi isiannya di sesuaikan dengan citarasa Korea, jadi kalau Sushi itu nasinya di campur cuka, kalau Gimbap itu nasinya di campur dengan minyak wijen dan garam. Tapi..tadi aku ya..tak kasih garam aja..hihi. Kuatir nggak biasa aromanya..dan Yodha  nggak suka. Jadi..aku nggak pakai minyak wijennya.


Ini dia resep Gimbap ala aku ya teman-teman, resepnya aku adaptasi dari blognya Maangchi yang tenar dengan masakan Korea gitu. Kalau dagingnya aku sesuaikan seleraku bumbunya..enak..manis..gurih empuk kemenyuss..kata Yodha dagingnya..hihi. Jika mau enak..ya seperti Yodha aja, isi daging semua, tapi jika mau cantik penampilannya, pakai sayuran juga ya..pasti lebih  menarik dan sehat untuk anak-anak. Kecuali Yodha nich..tetep nggak minat aku tawari yang isi sayuran..hihi. Cocok buat bekal sekolah anak nich teman-teman..sehat dan juga komplit gizinya. Isian bisa di ganti sosis, udang goreng tempura, abon, dll tak kira ya. Kalau di Korea sana, malah ada juga Gimbap yang terkenal, pakai tumis teri pedas,  Myulchu Gimbap namanya. Berarti..isi sambel terasi dan teri, enak juga kali ya..hahah.


Gimbap ( untuk 3 gulung )

Bahan :
Nasi putih secukupnya, masak biasa pakai rice cooker. waktu masih panas, campur sedikit garam hingga rata. Diamkan hingga meresap di rice cooker pada posisi tombol warm.
300 gram daging has dalam
3 pack rumput laut kering Mama****
1 buah wortel iris panjang kotak
1 butir telur
1 genggam bayam yang sudah di petiki daunnya aja
Ketimun yang di potong panjang, di buat acar ( tambah garam, gula, cuka secukupnya )

Cara Membuat :
Panaskan sedikit minyak atau margarin
Tumis wortel hingga layu dan empuk, beri sedikit garam, sisihkan
Rebus bayam dengan sedikit garam, peras airnya, sisihkan
Kocok lepas telur, beri sedikit garam, buat dadar agar tebal, potong panjang, sisihkan
Buat cara ketimun, sisihkan
Iris tipis-tipis daging melawan serat, campur dengan bumbu : 2 siung bawang putih halus, 3 butir bawang merah halus, 1/2 sendok makan merica hitam, remukan kasar, 2 sendok makan kecap manis, 1 sendok makan saus tiram, 1 sendok teh gula merah sisir. Aduk rata semua bahan, diamkan hingga meresap bumbunya. ( lebih bagus jika di buat dulu daging dan bumbu beberapa jam sebelumnya, maka akan semakin meresap bumbunya )
Panggang daging di panggangan  atau di teflon hingga matang, sebentar saja, jangan terlalu lama agar tidak alot.
Ambil daun pisang, letakkan di placemat bambu, tata rumput laut di atas daun pisang hingga berbentuk kotak. Letakkan nasi panas di atas rumput laut, ratakan tipis tapi rapat
Beri isian memanjang, sesuai selera takarannya
Gulung dengan  bantuan placemat bambu, buka daun pisang
Olesi rumput laut dengan minyak wijen jika suka ( aku sich nggak..hihi..)
Potong-potong dengan pisau tajam, sajikan
Yummy..! kata Yodha..tapi tetep..yang isi daging aja dia..bilangnya..hihi.




5 comments :

  1. Kalo aku stok nori nya beli onlen mba... Susah nyarinya di balikpapan sini, adanya yah yg kecil2 gt jg.. Cm klo yg kecil2 gt ta makan sm nasgor... Biar ky org asli korea sana... Hehe. Tetap semangat mba dd!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba,..Yodha tuch yang suka banget rumput laut..kalau aku kok nggak terlalu...aromanya agak amis..hihi.

      Delete
  2. Kesukaan aku dan anakku nih, dan buat bekal juga gampang banget yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..isinya bisa di ganti macam-macam sesuai selera :)

      Delete
  3. Mba aq kok pas dipotong2 jadi ancur gitu ya klo pake rumput laut yg kecil2 itu..gimana caranya biar bisa rapih digulung n dipotongnya mba?

    ReplyDelete