Friday, March 4, 2016

Sambal Udang Kemangi


Posting pagi-pagi ahhh..hihi. Soalnya kerjaan masih buanyak menunggu, biar bisa selesai semua. Beneran beberapa hari ini banyak banget pesanan, jadi mohon maaf jika suka agak telat bales wa atau inbox atau email ya teman-teman..aku usahakan berjadwal sich, biar beres semua kerjaan...postingan di blog juga tetep selalu update. Jadi harap maklum, jika wa pagi..siang baru bales, bukan apa-apa, karena memang harus bagi waktu..beneran..hihi. 

Kemaren iseng bikin sambal udang tak kasih kemangi, wah lha kok enak banget. Terus aku pasang fotonya di wa..eh banyak teman yang penasaran..hihi. Ya cuma sambel biasa sich. Tapi di kasih kemangi, sensasi rasanya jadi beda. Jadi..baiklah aku posting saja ya..kebetulan sambalnya juga *kemayu..menggoda merah merona pas di foto..hahah. Alhamdulillah..musim hujan ini, kemangi di taman belakang pada numbuh sendiri. Memang benar pepatah, siapa menabur benih..akan menuai hasilnya..! hahah..*lebay bingits. 

Pas waktu musim panas kemaren, kan pohon kemangiku pada mati, dan mengering. Untung sempat berbunga, dan biji-bijinya udah mengering. Jadi, aku taburkan saja benih-benih kemangi itu di tanah yang biasa kemanginya aku tanam waktu musim panas kemaren. Dan..alhamdulillah, musim hujan ini..kok pada numbuh sendiri..hihi. Nggak aku apa-apain lho..tumbuh subur hingga tinggi-tinggi. Ternyata nggak susah merawat tanaman ya..asal ada air hujan..haha. Soalnya aku memang paling males merawat tanaman, atau lebih tepatnya sering lupa..hihi. Tapi ini lagi berusaha untuk bercocok tanam di kebun belakang, walau sekedar beli pohon aneka jeruk untuk masak dan minum, aneka bumbu dapur, seperti salam, sereh, dll. Moga aja tumbuh subur semua, walau yang ngurusi pak Tukang aja yang datang beberapa hari sekali atau mba art ku. Kemaren sok-sok an beli bunga gantung banyak..eh pada kering..lupa aku nyiram..hihi. Mba artku aku yang protes, bunga mahal-mahal di biarin kering tho bu...!


Dan..dalam rangka memanfaatkan kemangi yang tumbuh subur dan rimbun, nanti bakalan sering muncul menu berkemangi dech..hihi. Sebenernya aku suka kemangi buat lalapan, tapi..jika hanya buat lalapan kan cuma sedikit memakai kemanginya. Maka mulai hari ini mau membaut aneka resep yang memakai kemangi di masakan ah..biar bisa sering kepakai kemanginya. Tapi..kemangi di masak..memang memberi aroma dan citarasa khas di masakan lho teman-teman,..jadi jangan ragu memasaknya. Selama ini memang mungkin banyak yang mengenal kemangi buat lalapan atau pepes aja, tapi di campur masakan pun tak kalah enak rasanya. Aku malahan kemaren lebih banyak makan kemanginya di banding udangnya..hihi. Sambelnya jadi tambah seger, dan siap menghabiskan nasi..hahah. Gak percaya..? cobain dech....!

Oke dech..ini dia resepnya ya teman-teman, mudah banget kok..yang penting kuncinya, pakai terasi yang enak ya..biar sedep..sambelnya. Kalau aku..pakai terasi Juwana dong..biasa..produk jualan..yang juga selalu aku pakai untuk masak sendiri..hihi.


Sambal Udang Kemangi

Bahan :
100 gram udang kupas
100 cabai campur, merah dan rawait merah sesuai selera dech perbandingannya
50 gram bawang merah, potong-potong
2 siung bawang putih, potong-potong
2 buah tomat ( kira-kira 100 gram ), potong-potong
1/2 sendok makan terasi
1/2 sendok teh gula merah ( sesuai selera )
1/4 sendok teh kaldu ayam dan garam sesuai selera
Minyak secukupnya
Kemangi secukupnya, aku pakai 50 gram lebih

Cara Membuat :
Goreng cabai, bawang, terasi dan tomat hingg amatang
Haluskan bersama garam dan gula
Panaskan kembali minyak sisa menggoreng bumbu, masukkan udang hingga berubah warna
Masukkan sambal ulek, aduk rata dan masak hingga meresap, tapi jangan terlalu kering agak masih terkesan basah sambalnya
Masukkan kemangi, aduk hingga layu
Koreksi rasa, jika kurang garam atau gula, boleh di tambah sesuai selera

Mudah kan..yukk mari masak..!



28 comments :

  1. Waah..kebetulan aku punya udang..sayang kemanginya belum ada hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli dulu mba..di pasar..wangi lho..jika pakai kemangi, kalau deket sich ku bagi kemanginya :D

      Delete
  2. Aku salut banget sama mbak Diah ini..masak tiap hari sampe posting juga rajin..membayangkan pengeluaran yg dibutuhkan wah pasti banyak banget ya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba...mksh..biasa aja mba..layaknya ibu2 rt biasa..lha wong masaknya juga yang mur mer aja..hihi

      Delete
  3. Wah....enak ini mbak...request suami benernya udang pk kemangi.. sdh 2 hr yg lalu 😁 .mumpung kemangi byk di halaman katanya...tp perutnya msh error jd gk aku buat pesenannya 😁 ,mmg kemangi kl lg musim hujan...buanyak tumbuh...seger2 , tp pas kemarin musim kemarau...waduh...mati...kering semua 😥 , jd hrs beli di tkg sayur...😁 tq resep2 nya mbak Diah 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba..ini nggak habis2 di petiki terus juga punyaku malah semakin subur..:D

      Delete
  4. loph u so much pokoke mb..
    #Lisna

    ReplyDelete
  5. Mba diah dijakarta aku kmrn beli kemangi ditukang sayur beli 2000 malah dapet sedikit hanya beberapa tangkai padahal biasa beli 1000 saja dapet bnyak .kata yg jual malah lgi mahal kemangi. Aku kepingin kaya mba diah tanam kemangi, beli ditukang tanaman ato tanam bibit sendiri toh mba?
    Ayulian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..kalau lagi mahal ya 2000 nggak boleh ya..tapi harusnya musim hujan nich murah..hihi.

      Dulu aku cuma nanem biji bunganya dapet dari pak tukang kebunku yang cariin..biji bunganya yang kering aja mba..jika mba pas lihat ada yang punya, minta aja..terus di tabur dech di tanah yang gembur, nanti numbuh kok..:)

      Delete
    2. Mbak Diah...ini pertanyaan keluar dr resep ini...gk apa toh mbak...he...he..mau tanya cetakan poffertjes yg mbak Diah punya beli di mana ya ...( penasaran aku...he...he... )

      Delete
    3. Yang mana mba ?..Klu alumunium tuch di pasar aja byk..hihi

      Delete
  6. hemmm, menggugah bangettt tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan di coba mba Nur, Mba Zhizhi :)

      Delete
  7. Pas banget punya udang punya kemangi. Dicoba dulu ya mbak diah.. tq resrpnya..

    ReplyDelete
  8. Pas banget punya udang punya kemangi. Dicoba dulu ya mbak diah.. tq resrpnya..

    ReplyDelete
  9. Salah satu menu favoritku udang nih. Dimasak model apa aja tetep enak.

    ReplyDelete
  10. Waah enak bangeet resepnya. Nyamnyam niih kalau orang rumah masak ky gini

    ReplyDelete
  11. Wah, keren mbak tulisannya enak dibaca dan informatif banget. :D

    Fotonya juga keren, apalagi platingnya juga apik hehe.

    Salam kenal. :)

    ReplyDelete
  12. saya suka udang.
    makasih yah resepnya, boleh dicoba nih.

    ReplyDelete
  13. wah seger rasanya...
    seneng deh klo punya istri yang pinter masak, apalagi sambel udang

    ReplyDelete
  14. udahg bisa di jadikan sambal yah?
    kayaknya enak, tertarik pengen coba

    ReplyDelete
  15. paketin dunk, hehehe Ngarep. ntilah nyoba dirumah

    ReplyDelete