Monday, March 28, 2016

Dapurku Istanaku..:D



Beberapa waktu ini di social media Fb..lagi heboh *fenomena* posting dapur ya....hihi. Mungkin udah beberapa waktu atau baru-baru aja..aku kurang tau juga..apa mungkin aku yang nggak update..karena kebanyakan sibuk kerja..jadi jarang bisa mantengin fb sampai lama. Sekalinya lihat-lihat wall Fb itu banyak berseliweran postingan dapur..dari yang kekinian..hingga *kekunoan kaatnya..dari dapur modern serba canggih dan mewah sampai dapur Simbah jaman dulupun di pinjam buat di foto..dll. Pokoknya heboh banget..di bumbui dengan berbagai pro dan kontra, intrik, dll..kok kayake seru banget ya..hahah. Ikutan senyum-senyum aja sich kalau aku pas baca beraneka macam postingan tentang dapur itu...di Fb.

Sebenernya nggak ada salahnya ya posting dapur..lha wong masih ada hubungannya sama masak juga. Kalau aku posting dapur mah sudah sering ya teman-teman..hahah. Dari sejak belum happening posting dapur..tiap hari ya posting isi dapur di sini..soalnya memang isinya postingan masakan dan cara masaknya di dapur semua..hihi. Lha gimana..wong banyak yang minta..padahal dapurku ya ngga bagus-bagus amat..cuma dapur kecil yang memang untuk studio kecil-kecilan di atas..sekalian kalau ada tamu nginap di rumah nggak perlu naik turun ke dapur bawah buat sekedar masakin masakan yang praktis-praktis. Buat tempat kumpul-kumpul keluarga juga kalau lagi ada acara, jadi bisa masak fresh dan praktis langsung selagi ada acara. 





Pokoknya kalau dapurku itu konsepnya serba praktis..hihi. Kalau pas lagi nggak ada acara..dapur minimalisku ya lebih banyak aku pakai buat menyimpan dan memajang aneka properti fotoku yang memang super duper banyak..di  bawah udah nggak muat..hihi. Jadi jangan heran..jika dapurku isinya gonta ganti pernik-perniknya..di salam rak-rak pun isinya ya barang pecah belah..haha. Ya karena memang itu properti untuk foto makanan yang aku posting..jadi sudah jadi bagian dari pekerjaan. Seminggu sekali..acara refreshingku itu ya salah satunya berburu pernak pernik dapur yang lucu-lucu...apalagi yang lagi diskon..hahah. Kalau berburu baju kok malah jarang..Lol !

Dapurku nggak cuma satu..di bawah aja ada dua..tapi dapur utama di bawah lebih mirip gudang buat nampung segala macam perkakas dapur yang kelas berat dan besar seperti aneka panci, kukusan dll. Nah..kalau masak sehari-hari kok aku lebih suka di dapur basah..di luar. Karena apa ?..Lebih praktis dan mudah membersihkannya..nggak perlu kawatir masak yang kelas berat berminyak, berkuah sampai nyiprat ke sana kemari kuahnya..mixer adonan kue, cake, dll juga ngga perlu takut lantai atau tembok kotor..lha dari keramik...tinggal di lap beres dech. Lantai kena minyak dll..juga tinggal di *gebyur ( di guyur ) air..sekalian di pel..hihi. Mau masak  apa juga..kemangi, pandan cabe..daun salam, dll tinggal petik di halaman belakang sekalian..hihi. Mau makan di luar ruangan sekalian juga bisa..di atas gazebo kolam, langsung sambil main-main di kolam sama ikan-ikan Yodha. Wis..pokoke hidupku itu suka yang simpel ngga ribet...kalau makan sehari-hari nggak perlu di tata dengan fancy di atas meja makan mewah, peralatan makan mewah pakai lilin romantis, dll..malah ribet tho nyucinya..kasian mba artnya..hihi. 


Jadi..kalau di tanya dapur yang bagus seperti apa..menurutku itu masing-masing orang punya selera sendiri-sendiri. Kalau aku ya suka semua dapurku...karena seperti apapun..bermanfaat semua untuk menunjang aktifitas sehari-hari aku di dapur. Kalau buat masak sehari-hari sich aku lebih suka di dapur bawah..melupakan aneka panci kekinian yang ada di dapur..aku lebih suka di temani wajan Wok besi ini hasil *ngembat koleksi ibuku. Rasanya itu lebih mantep goreng-goreng pakai wajan jadul ini..hihi. Apalagi kalau cuma sekedar goreng mendoan tempe gembus begini..mau masak di dapur modern yang kekinian..mau di dapur sederhana atau di pawon anglo jadul ala Simbah-Simbah kita jaman dulu..rasanya itu tetep sama kok..sama enaknya..:D



Jadi..ayuk semangat buat teman-teman yang nggak punya dapur kekinian..yang penting itu semangat belajar masak dulu..abis itu bekerja keras..nabung dikit-dikit buat mendandani dapur idaman..pasti dech akan lebih terasa..gimana gitu..punya dapur idaman..hasil keringat kita sendiri. Seperti aku dulu..dari hasil usaha aku memang nggak pakai buat macam-macam beli perhiasan, atau yang lain..aku lebih suka sedikit demi sedikit buat ndandani dapur...karena memang aku bukan *ratu rumah tangga* yang tinggal gesek kredit card suami..bisa tunjuk barang bagus ini..itu terus di boyong ke rumah..semua perlu proses...perlu nabung sik untuk punya sesuatu..hihi. Sampai bikin design dapur minimalis aja..aku kerjain sendiri sama tukang yang kerja di rumah..pokoke *kereatif gitu dech...hahah. Aku pengen bikin dapur minimalis semi vintage..akhirnya itu bikin tembok ala-ala vintage sendiri..pakai pasir yang di oser-oser ke tembok..terus di cat putih vintage..pokoknya prosesnya itu yang seru...dan jadi belajar juga. Jadi nggak perlu bayar jasa design interior yang mahal..tetep kita bisa berkreasi sendiri kok teman-teman dengan bahan yang ekonomis..hihi. Soalnya dulu pernah nanya jasa interior dapur gitu..wuihh..mahalnya..wis akhirnya di rekayasa sendiri..sama Pak tukang yang kerja di rumah..hasilnya lumayan lah kalau cuma sekedar buat studio kecil-kecilan untuk masak dan foto-foto..hihi..daripada di dapur bawah yang berantakan banyak barang..:D

Dan inilah dapur minimalis ala Mak Irit..yang  di buat dari hasil kerja keras juga..nyicil sedikit demi sedikit..pokoknya semua yang pakai usaha itu terasa lebih gimana gitu..:D









32 comments :

  1. dapurnya chic simpel bersih mb,,kmrn ditawarin liat2 sma pakdhe tp blm sempet krn anak2 selak rewel pengen sgr bkin makroni skotel jd buru2 minta pulang,,kpn2 maen lg boleh ya mb,,,ngarep.com

    ReplyDelete
  2. Ooo ada dapur outdoor e jg tho mba ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyo mba..buat masak yang basah-basah...haha...

      Delete
  3. Mbk didi mbok aku juga ditawarin mampir didapurnya hahahaha pasti senengbya tralala hahaha
    Tp bener jg mbk, q jg bukan tipe istri yg tinggal minta in itu,smua ad prosesnya nanti hasilnya pasti lebih bermakna dr pd yg pengen ini itu langsung keturutan rasanya kurang ada sensasinya hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba ayuk main ke semarang..:)

      Ya memang beda mba..sesuatu yang jadi impian..kalau pakai usaha itu..lebih gimana gitu ya...hihi..jadi semangat kerja keras :D Jadi nggak ngeropotin suami juga..biarin suami mikir yang berat-berat..urusan pendidikan anak, investasi, dll..mgga ribet mikirin urusan dapur..hahah.

      Delete
    2. Iya mbk insya allah nanti maen k semarang, tp nunggu aybee #nama gadis kecilku# agag gedean dulu hihihi dan semoga allah menyegerakan tapi beneran boleh mampir yaa mbk hahahahaha maksa

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. maaf mba diah oot nih, kalau berburu dvd drama korea dimana ya? yang langganan mba diah itu dimana? saya asli purwodadi rencana ke semarang cari dvd. makasih sebelumnya mba....Antika

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Java mall mba lantai 3 dekat outlet minuman teh..:)

      Delete
  6. Wehh... cantiiik lho dapurnya mba Di... Ulasan dan selera mba Diah kok aku banget yo mba.... heheh ^-^ Tapi bener mba.. karena aku gak terbiasa apa2 tinggal minta ya rasanya kalau hasil kerja sendiri jauuuh lebih nikmat... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..toss lagi mba..kita memang seiya sekata...:D

      Delete
  7. mbak didi, kursi putihnya beli di mana? itu rotan sintetis bukan ya? kalau boleh tau, berapa mbak harganya? *naksir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Semarang sini mba..aku beli sisa ekspor..jadi mur mer tapi design dan stylenya ala luar negeri..soale kan khusus untuk ekspor..harga 1,9 jt..:D

      Delete
  8. Dapurnya segar banget...akan sy bilangi istri biar termotivasi bikin dapur cantik dan swgar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mas..iya..semoag bisa jadi ide ya..d rumah..:)

      Delete
  9. Mba diah senengnya ya py dapur impian.. dapur minimalis yg dlm ruangan.. mba kalo boleh nanya.. aku kpengen bgt punya bakaran spt itu.. yg buat bakar sosis itu..bakaran apa ya aku kok kudet bgt hehe.. sama itu pake kompor listrik.. watt nya gede ya mba.. trimakasih sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba..alhamdulillah..hasil nabung mba..:D
      Yang atas itu alat panggang biasa punya maxim mba..di supermarket byk..yang bawah kompor listrik.

      Delete
  10. Aq setuju sm mba dy,apa2 klo hsl sendiri tuh berasa bngt nikmatnya,trus qt jd lbh menghargai gt.Aq jg suka bngt sm dapur mba dy tuh,simple...gt,gg lebay...hihiii.Klo dapirq mah,dpr ndeso mba,gg pake pernak pernik opo2....mungkin stlh ini yaa hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba..biar ngga ribet..jadi simple aja..hasil nabung itu lebih di sayang2 jadinya..hahah.

      Ayuk semangat mba..pasti nanti bisa punya dpaur impian. Aku yo suka dapur ndeso..di rumahku masih punya di kampung..masake pakai kayu malah cepet je mba matengnya..hihi.

      Delete
  11. Simple ya mba dapur yg diatas, bersih, suka deh mba...pernak perniknya lucuuu.
    Yang dapur bawah apalagi...masaknya berasa semriwing yo mba.hehehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba..iya seger apalagi kjalau hujan berangin di luar..wua..dingin..:D

      Delete
  12. wow.. keren mbk,bisa sampek punya 3 dapur..
    aq satu ajah masih kewalahan...
    bw kapan2 share kolam + tanamannya juga donk.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba..iya ntar di fotoin ya..:)

      Delete
  13. Weleh... dapurnya ccantik mb.. simple.. pengin dapur kaya gini mb.. tapi dapur favoritku punyae simbah neng ndeso mb.. pake pawon,,masih pake kayu bakar mb..masih alas lemah..tur jembar banget..kalo makan yo skalian di pawon kalo dah pindah ke ruang makan malah ga asek.. .
    Btw, kalo liat kompornya mb diah bikin gagal fokus...^_^
    Iin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba..iya..aku juga suka dapur jadul..bisa masak nasi pakai ketel..terus nanti intip nasinya di guyur kuah sayur santan, enake mbaa..:D

      Delete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Mba diah. Itu kok ada mba novita sama santi. Mba diah masih keluargaan sama mereka kah ??
    Ihh dapurnya mba diah ni bikin ngiler­čść

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ponakanku mba..dari pihak suami..kenal tho sama mereka ?..

      Delete
    2. Tentanggan mba udah kayak keluarga malah. Itu santi temenku dr SD.

      Delete
  16. salam kenal mba diah.. wow dapurnya indah banget..seger liatnya.. btw klo boleh tau mba, itu rak dinding tempel (yg pake braket jd kesannya melayang), belinya dimana ya mba? ukuran brapa dan harga brapa? sy lg cari2 rak ky gitu tp blm nemu.. cari onlenan banyak tp blm ada yg sreg ukuran n harganya..hehe makasi sebelumnya ya mba cantik.. :)

    ReplyDelete
  17. Mbak Didi, boleh main yaa..Dimana alamat tepatnya? Saya juga tinggal di Senarang.Suwun mbak..

    ReplyDelete