Saturday, March 19, 2016

Chicken Wonton Soup


Menu hari ini masih menu ala rumah sakit..hihi. Menu yang rebusan dan bumbu minimalis. Plus di tambah waktu memasak yang mepet pas mau makan siang tadi karena banyak tanggungan kerjaan..jadilah sup wonton ini..cukup jadi menu kami hari ini. Alhamdulillah..Yodha doyan. Tapi dia request, lain kali minta pangsitnya di goreng aja..hihi. Ya dech Kak..biar makin gurih ya..kapan-kapan Mami buatin versi goreng.

Ide sup ini muncul waktu tadi malam sambil leyeh-leyeh aku buka satu buku antik masakan Cina yang aku temukan di pasar buku loak di Yogya..isinya seperti harga karun..250 resep menu otentik Chinese Food. Baru satu resep ini yang aku coba..hihi...karena pengen merasakan Sup Wonton yang otentik. Ternyata resepnya lebih simple banget daripada sup Wonton yang sudah pernah aku coba. Cara membuatnya juga mudah banget...dan cepat.

Untuk sup Wonton ini agar pangsitnya lembut, gunakan yang khusus untuk pangsit kuah ya teman-teman, karena di supermarket, kadang ada juga yang untuk pangsit goreng. Kalau pakai pangsit yang untuk goreng, nanti bisa alot dan kering kulitnya. Kalau pakai kulit pangsit yang khusus kuah itu akan lembut jika di rebus. Untuk isiannya banyak versi ya..kali ini aku pakai ayam, seperti di resep. Ayamnya..usahakan ayam cincang ya..jangan yang giling agar masih terasa juicy dan bertekture. Kalau pakai food processor..tekan..matikan..tekan ..matikan mesinya..jadi hasil cincangan nggak terlalu halus...jadi mainkan mesin processornya secara manual.

Untuk resep kuahnya, tapi aku modifikasi dikit..karena resep di buku kok sangat simple kuahnya. Kalau aku biar makin gurih aku tambah bawang putih goreng yang di geprek dan juga, jadi makin gurih dan harum. Isinya selain pangsit rebus, kalau di buku..wortel yang di potong korek api..kalau aku lebih suka pakai sawi sendok dan daun bawang. Di makan pakai potongan cabai rawit..alhamdulillah terasa segar untuk menambah asupan gizi buat badan yang masih meriang. Udah lumayan sich sekarang..aku dopping pakai vitamin mahal ..hihi..ratusan ribu harganya..pantesan cepat enak badan...cuma nggak tahan harganya..hahah.

 

Chicken Wonton Soup

Bahan :
350 gram daging ayam, cincang halus
1 sendok makan kecap  manis
1/2 sendok makan saus tiram
1 cm jahe, haluskan
1 siung bawang putih, haluskan
1 batang daun bawang, potong kecil-kecil
1 sendok teh minyak wijen ( aku cuma 1/2 sendok aja )
1 putih telur
1/2 sendok makan tepung maizena ( aku pakai tapioka )
1/2 sendok teh gula pasir
Garam secukupnya jika perlu

Cara Membuat :
Aduk rata semua bahan
Koreksi rasa dengan cara menggoreng sedikit adonan
Jika sudah pas rasa gurihnya, siap di bungkus kulit pangsit
Rebus ke dalam air mendidih hingga matang dan kulit pangsit lembut

Bahan Kuah :
1500 ml kaldu ayam ( lebih enak jika ayam kampung )
1 sendok makan kecap asin
Aku tambahin bawang putih goreng 2 siung yang aku geprek dan 1 sendok teh gula pasir, dan sedikit merica..hihi.

Caranya mudah : Didihkan kaldu ayam, tambahkan semua bumbu dan sayuran jika pakai. Sajikan bersama pangsit rebus selagi hangat.



5 comments :

  1. Klo boleh tau nama vitaminnya apa mba diah..terimakasih
    Ayu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nutrimnax mba..Omega complex..yang kapsul bening minyak ikan gitu..dari USA :D

      Delete
  2. Sàya juga kurang suka yg serba rebusan begitu.... tp berhubung penting utk kesehatan ya terpaksa disuka sukain hihi... mulai mengganti gorengan dengan rebusan.. hiks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..sesekali makan yang sehat ya mba..hahah. Harusnya tiap hari ding..:D

      Delete
  3. Ngebungkus ayamnya dgn kulit pangsit gmn ya?...

    ReplyDelete