Tuesday, March 22, 2016

Mie Siram Jamur & Sayuran


Menunya..masih tumisan simple dulu ya teman-teman..karena lagi menguras apa yang ada di kulkas sebelum belanja lagi besok. Mulai lebih menahan diri untuk tidak menuhi freezer dan kulkas dengan bahan mentah..hihi..dan akan lebih sering pakai bahan yang fresh aja..soalnya biasanya kelupaan nyimpan bahan di freezer..jika lagi sibuk. Karena saat ini semua bahan makanan itu mahal ya teman-teman..sayang jika mubazir terbuang tidak kita masak, karena kesibukan. Beli terong aja..3 ribu satu buah sekarang ya..huhu. Cabai sampai ada yang 80 ribu ya per kg ?..Wah..ngalahin tepung kentangku hahah.  Menu kali ini simple lagi..masih sejenis cap cay..tapi kali ini aku kombinasi pakai mie yang di goreng. Ya sejnis I Fumie atau Mie Kering siram...tapi ini nggak otentik sich..karena sesuai bahan yang ada di kulkas saja plus sayuran dari Budhe sayur..semua masuk..haha.

Menu ini ringkas dan simple, tapi enak. Yang membuat unik adalah sensai kriuk renyah mie yang di goreng..akan melembek perlahan karena terkena kuah panas. Jika ingin sensasi kriuk *cakrik-cakrik renyah, segera sajikan begitu matang. Aku suka tekture mie yang di goreng berpadu dengan kuah yang gurih dan kental..serta aneka sayuran..jadi dech menu sepinggan yang enak rasanya.

Bahan tumisan, bebas, mau sayuran apa aja yang teman-teman suka. Mau pakai ayam..udang..jamur atau apa aja dech sesuai selera. Intinya..mie goreng yang di siram kuah seperti ca / cap cay. Aku pernah beli di seafood ala mahasiswa gitu malah cuma sayuran wortel, kol, caisim, sama bakso dan sosis pasar yang murah gitu, enak juga..hihi. Jadi pokoknya menu ini cocok untuk bersih-bersih isi kulkas teman-teman..haha.

Mie yang di pakai bisa mie apa aja..sebelum di goreng di lemaskan dulu dengan cara di rebus sebentar, jadi akan mudah membentuknya menjadi bulat seperti sarang ketika di goreng. Goreng di minyak banyak..cepat kok. Oke..selamat mencoba ya teman-teman..jika suka..ini dia resepnya :) Ini resep versi simple aja ya...silahkan di tambah atau di kurangi bahannya. Maaf fotonya tadi masih kurang cahaya teman-teman..jadi agak gelap..:D

Mie Siram Jamur & Sayuran

Bahan :
200 gram mie kering
50 gram udang kupas segar
50 gram jamur kancing
1 buah wortel, potong tipis
4 lembar daun sawi hijau, potong kasar
1 batang daun bawang, potong panjang serong
5 buah bakso, potong 2 bagian
1 paha ayam rebus, potong-potong
2 siung bawang putih, geprek, 1/4 bawang bombay, iris panjang
1 cm jahe, geprek ( optional )
1 sachet saus tiram
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh gula pasir
Garam secukupnya 

Cara Membuat :
Rendam mie kering di air panas hingga mekar
Susun di serok berbentuk bulat, goreng hingga kering ( bisa jadi  3 bulatan )
Tumis bawang putih dan bawang bombay, masukkan udang, aduk hingga berubah warna
Masukkan ayam, bakso, jamur, dan wortel, dan semua bumbua lain. Tuang 150 - 200 ml air
Masak hingga wortel layu, masukkan sawi hijau dan daun bawang, aduk rata
Koreksi rasa
Kentlakan kuah dengan sedikit  maizena yangd i encerkan dengan air jika perlu
Siramkan kuah sayuran ke atas mie
Sajikan segera hangat


16 comments :

  1. Wah pasti enak ini bun.bikiin aah:D izin copy ya bun.mksih

    ReplyDelete
  2. Wach sedapnyaaa jadi pengen bikin hihihihi
    Oea mbk sekalian mau nanya, maaf melencong dr resep diatas, postingan pie buah itu klo gak pake olesan agar2 bisa gak mbk?
    Makkasih mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bs mba...tapi jadinya ngga kinclong ya :D

      Delete
  3. pas bangt bunda, teman sya ada jual jamur tiram ni, ketemu resep bunda jadi kepengen nyoba, makasih ya bun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp..iya pakai jamur tiram juga enak..tapi jangan byk2 ya :)

      Delete
  4. Klo mau pakai tepung maizena seberapa takarannya mba diah? Diresep tdk tercantum.tpi kok di bagian terakhir cara membuat ada tepung meizena?
    Terus klo ga pakai jahe gmn mba diah,mengubah rasa tdk?
    Trims. Ayulian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak pakai jahe gaak pa2 mba..aku suka cap cay pakai jahe..biar nggak amis..:D Maizena dikit aja..coba satu sendok teh dulu..kalau kurang kental..tambah lagi..:D

      Delete
  5. Di Makassar, namanya Mie kering jg. Yg terkenal Mie Titi. Bedanya, mie nya lebih kecil (tipis). Rasanya memang gurih enak, dengan kuah kental dr tepung maizena. Saya sukak, apalagi dengan sensasi kriuk mie keringnya itu, hehehe,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..kalau Mie kering Makassar Mienya panjang2 kecil warna orange cantik gt ya mba..pernah liat di tivi..:D

      Delete
  6. Mau coba ah.... mbak maizenanya seberapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikit aja mba..sesuai selera kentalnya..1 sendok teh dl..kalau kurang boleh tambah kok..:D

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Hhmmmm ngiler mb.Diah... enak ini sensasi kriuk2 gurih sedep kalo di malang ini namanya tamie mb.Diah...(^_^)

    ReplyDelete
  9. Wihhh, mie siraaaam, lezat banget Mba :). Oh jadi, mie-nya nggak perlu direbus dulu yah Mba? :)

    Thankyou for sharing

    ReplyDelete
  10. aku smpe buat 2 x lo mb,, yg ptama kebagian dikit,,bkin lagi mlah blas ga kebagian,,lapar smua hihi..enak2 bunda...duh puasnya mb klo masakan kita disukai anak2 ya mb,,, thx resepnya mb...

    ReplyDelete