Wednesday, March 30, 2016

Tips Usaha Lumpia Frozen


Lumpia lagi..hihi. Dalam rangka menghabiskan sisa kulit lumpia yang aku beli di Kampung Kranggan kemaren, aku buat aja semua jadi lumpia..lalu aku simpan di freezer. Jadi bisa buat stock kalau ada tamu, atau pengen ngemil mendadak..nggak perlu repot lagi. Jadi pengen nulis tentang usaha Lumpia Frozen nich..semoga bermanfaat ya buat teman-teman..yang lagi mau usaha apa gitu..dan belum ada bayangan.

Usaha itu jangan kelamaan mikir..hihi. Apa aja yang jadi hobi dan kesenangan kita..bisa kok di jadikan usaha. Seperti aku..suka gorengan..dan segala sesuatu yang kriuk-kriuk..akhirnya mencoba usaha aneka tepung mix untuk gorengan..alhamdulillah lancar hingga sekarang..ordernya. Nggak usah yang ribet-ribet...ada salah satu jualanku tuch simple banget..cuma tepung mendoan. Banyak yang bilang..ah semua orang bisa buat mendoan..kenapa mesti pakai tepung mix..dll. 


Nah..teorinya begitu..tapi ternyata tepung sederhana seperti itu justru banyak peminat..misal untuk ibu-ibu yang sibuk bekerja..atau males mengulek-ngulek bumbu..ya tepung seperti ini sangat praktis gitu..tinggal tambah air..celup tempe..atau untuk tahu isi, dll..kapan aja pengen makan..langsung goreng dech. Alhamdulillah tepung simple ini jadi salah satu best seller juga. Jadi..mau usaha kuliner, nggak perlu yang ribet-ribet dan super canggih kok produknya teman-teman...apa aja bisa jadi peluang usaha..yang banyak di butuhkan oleh konsumen sehari-hari aja..begitu aja dech.

Jadi teman-teman yang suka baking..ya usaha di bidang baking..yang suka gorengan..bisa juga usaha gorengan, dll. Ada tetangga dekat rumah..jualan Risol Mayo aja tiap pagi di depan rumah..aku lihat ya ramai juga..jadi kuncinya itu fokus..dan punya ciri khas terhadap satu hal. Seperti aku..jualan aneka tepung..tapi nggak nerima orderan makanan yang matang, dll..karena aku lebih enjoy jualan bahan mentah aja..untuk makanan mateng..biarlah jadi rejeki yang lain..hihi.

Jadi..kita pilih produk yang menjadi ciri khas dan daya tarik kita gitu teman-teman..agar menjadi ciri khas,..dan melabel ke diri kita. Daripada menjual banyak produk jajanan yang butuh waktu dan tenaga untuk membuatnya, tapi hasilnya nanggung, lebih baik fokus ke satu produk..misal..khusus buat jajanan basah, khusu jualan gorengan, khusus aneka bolu, puding, dll. Jadi bentuk lah image produk kita..misal orang mau mencari produk tertentu, langsung akan tertuju ke kita ordernya. Begitu kira-kira :D

Nah..kali ini aku mau mengulas salah satu peluang usaha yang mudah nich..usaha Lumpia Frozen. Mudah..karena tinggal buat isian aja..untuk kulit lumpia, kita bisa beli yang siap pakai. Usaha Lumpia frozen ini..cocok..untuk teman-teman yang mau memulai usaha jualan lumpia, tapi belum yakin akan terjual banyak. Nah..teman-teman bisa menyimpan Lumpia yang sudah di isi dan di  bentuk dalam freezer, goreng jika ada pembeli. Asal penyimpanannya tepat..rasa nggak akan berubah. Atau sekalian saja jualan dalam kondisi mentah dan frozen, jadi pembeli bisa menggoreng sendiri di rumah. Otomatis akan lebih banyak kan omzetnya jika kita jualan Lumpia mentah juga. 

Selain itu, kita bisa menjual secara langsung atau juga jika ada pesanan saja. Asal selalu ada stock..aman dech. Jadi otomatis kita harus ready stock di freezer, jadi jika ada yang pesan bisa kita penuhi dengan cepat.

Oke..berikut sedikit tips ya teman-teman jika mau usaha Lumpia Frozen :

Pilih kulit lumpia yang berkualitas, jika perlu pesan langsung ke pembuat kulit lumpia, jadi bisa mendapat kulit yang fresh dan baru. Akan lebih baik lagi jika bisa membuat sendiri ya..jadi lebih murah dan bisa mengontrol kebersihan dan kualitas.

Persiapkan bahan isian dengan benar. Masak hingga benar-benar kering dan kesat. Pilih bahan yang tahan lama ketika di simpan dalam freezer, misal..rebung, bengkuang, itu relatif tahan lama di simpan dan tidak berubah rasa, di banding dengan sayuran seperi taoge, dll.

Untuk lumpia yang frozen, tumisan isian sebaiknya tidak memakai telur agar lebih lama daya simpannya. Kecuali jika yakin akan terjual dalam hitungan hari, nggak masalah jika pakai telur. Tapi jika terlalu lama aromanya bisa terasa amis ya..jika olahan tumisan memakai telur. Asal bumbunya pas, tanpa telur pun tetap enak kok untuk isian lumpia.

Untuk variasi rasa, kita bisa buat aneka isian, misal..rasa ayam, udang, ebi, telur puyuh, dll..tentu bisa menambah variasi harga lumpia kita.

Untuk isian rebung, kadang tidak semua daerah ada rebung, otomatis memakai rebung kalengan atau kemasan supermarket yang agak mahal, nah agar lebih ekonomis, rebung bisa di kombinasi dengan jamur, wortel, dll. Atau rebung bsia di ganti bengkuang..tekturenya mirip dan rasanya tetep enak kok..lumpia bengkuang ini.

Bentuk lumpia seragam dan menarik ukurannya. Karena di jual dalam kondisi masih mentah..otomatis akan lebih menarik, jika bentuk rapi dan menarik akan menjadi daya tarik tersendiri. Kalau sudah mateng sich..nggak keliatan  ya..bentuk lumpia kurang rapi, dll..tetep menggoda selera..hihi. Tapi kalau dalam kondisi mentah..usahakan membungkus lumpia dengan rapi dan bersih. Jangan lupa lem dengan putih telur di ujung-ujungnya agar rapi dan tidak tercecer isiannya.

Kemas Lumpia frozen dengan rapi. Cara sederhana pakai plastik mika..di susun rapi, di beri label dan di solasi pinggirannya. Atau bisa pakai plastik tebal biasa..di susun rapi..kasih label, terus di sealer hingga rapi. Sealer biasa untuk usaha rumahan khusu lastik tebal nggak mahal kok teman-teman..cuma sekitar 150 ribuan ada ukuran sedang. Tinggal di beri label stiker, beres dech. Kemasan bisa isi banyak atau kemasan kecil isi 2, 3, 10, dll..jadi pembeli bisa ada pilihan kemasan yang di inginkan. Jika mau lebih lama daya simpannya, bisa berinvestasi dengan sealer yang sistem vacuum ( kedap udara ). Aku pernah ngobrol dengan salah satu pengusaha lumpia frozen di sentra oleh-oleh dekat rumahku itu kata beliau bisa tahan hingga 3 bulan, di simpan di freezer, Lumpian yang di kemas secara vacuum.


Jangan lupa, bikin merk dagang yang menarik ya, agar bisa cepat ngetop..hihi, sering promosi di media sosial..di acara-acara pertemuan, dll.

Jika mau jemput bola, bisa menjual Lumpai frozen ini di gerobak pinggir jalan..sekalian jualan matengnya..sekalian promo tiap hari kan..hihi. Nah sediakan juga dalam bentuk mentah..tentu akan menarik pelanggan juga. Setelah mencicipi yang matang, bisa di tawarkan Lumpia frozen ini untuk persediaan di rumah..untuk snack acara atau oleh-oleh..pasti menarik.

Selalu berinovasi agar pembeli tidak bosan dan tawarkan varian isian baru, misal..yang unik..lumpia daging kepiting..dll..hihi..walau mahal..kalau enak..pasti di sukai pelanggan. Atau coba lumpia manis..misal isi pisang..tape..durian..dll. Jadi semakin banyak varian..semakin menarik bukan.

Oke..sudah siap mau berbisnis lumpia frozen..ayukkk..segera mulai coba-coba ya..aneka macam resep Lumpia sudah sering aku posting di webku ini..ada yang versi rebung..bengkuang, dll. Jangan lupa..bagai-bagi tester ya..ke tetangga..teman..dll..siap tahu langsung berbuah orderan..hihi. Semangat ya teman-teman..:D




14 comments :

  1. nek aku bikin bentuknya pasti enggak nguatin mb ..*amburadul...hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Rapi mba..kalau sering berlatih kok..semangat ya..:)

      Delete
    2. slm knal mbk...lumpia nya bikin ngiler mbbaakk...

      Delete
  2. Mba diah request resep lumpia isi bengkoang dong.. cara mengolahnya gimana ya? Thx mba didi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah ada di web mba ..di search ya :)

      Delete
  3. Mbak Diah, gimana caranya supaya lumpia tdk berminyak? Aku kalau bikin lumpia kalo habis digoreng masih kriuk kulitnya, tapi kalo udh lama kok jadi lemes dan berminyak. Mohon pencerahannya, mbak.

    Liza

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di dobel mba kulitnya...:) biar dingin tetep kriuk :)

      Delete
  4. Mbak diah ada jual kulit lumpia juga gak ? Kl pengiriman ke luar kota bs tahan gak mbak ? Su di lombok. Sy jg punya usaha kecil2an gorengan frozen salah satunya lumpia ini.
    Tapi di sini kendalanya kulit nya ga banyak pilihan. Ada nya cuma 2 merk yg harganya kurang ekonomis kl buat usaha.
    Kalaupum ada yg merek lokal yg lbh murah. Teksturnya tebel jd hasilnua kulitnya ga renyah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga je mba..takut basi di jalan. Coba belajar membuat kulit lumpia sendiri mba :)

      Delete
  5. Mb diah..klo mau order tepung mendoan gmn caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sms atau wa ke 089654712500 ya mba :)

      Delete
  6. Mba, saya kok klo bikin lumpia bentuknya ga seragam ya. Boleh tips nya biar bisa seragam gede lumpianya. Oia saya jg selalu buat frozen. Untuk ngemil. Kadang ampe 25-30 hahaha saking sukanya gorengan

    ReplyDelete
  7. Mbak diah, kalau isian lumpia pakai telur, tahan berapa lama ya?

    Terkadang tekstur kulit lumpia jadi berubah kalau disimpan frozen, dan kadangkala melekat satu sama lain. Apa ada tips khusus penyimpanan?

    ReplyDelete