Monday, March 7, 2016

Roti Pan


Waktu baca tabloid Nova hari ini, ada satu resep yang membuatku tertarik untuk mencobanya, yaitu roti Pan. Resep roti isi biasa, tapi yang menarik itu di bakar di pan langsung di atas kompor api aja, bukan oven. wah..menarik nich..pasti bermafaat buat teman-teman yang belum punya oven, tapi pengen merasakan roti panggang, bukan roti goreng..mungkin bisa menjadi solusi ya.

Aku penasaran membuat roti ini, karena membuat roti yang di panggang di pan itu gampang-gampang susah, perlu adonan yang sangat lembut, sehingga mudah matang. Nah..jadi yang menjadi kunci utamanya, adalah, perbandingan bahan adonan yang pas sehingga menghasilkan adonan yang pas lembutnya. Kunci lain yaitu memakai butter atau mentega. Butter atau mentega, itu lemak hewani, kalau margarin seperti blueband, dll itu nabati, jadi beda ya teman-teman yang baru belajar baking sering menanyakan hal tersebut. Contoh mentega, Orchid, Wysman, dll. Contoh margarin, Blueband, Simas, Filma, dll. Ada juga yang versi pengganti mentega yang lebih murah dan ekonomis, misal..*Filma BOS* ( Butter Oil Substitute ) atau bahan penggali mentega.  

Untuk adonan roti pan, sebaiknya memakai mentega, agar adonan yang di hasilkan lebih lembut. Buat yang suka mentega..mungkin aroma juga lebih wangi ya. Tadi aja pas aku buat adonan, Yodha udah cium-cium adonan...wangi katanya. Kalau aku sich kurang suka mentega mahal sebenernya, jadi aku pakai yang nggak terlalu mahal aja menteganya..hihi. Hasil adonan roti yang memakai mentega ini memang jadi lebih lentur dan lembut, plus di tambah pemakaian susu cair..jadi..memang pas menghasilkan adonan yang ideal untuk membuat roti pan ini.

Yang agak tricky ya waktu memanggang juga..musti sabar ya...jangan pengen cepat matang, terus pakai api besar hihi. Pakai pan yang agak tebal, di panaskan dulu hingga panas, api kecil aja tapi stabil, jika ada pakai pan yang agak dalam, jadinya bisa di tutup, jadi akan ada sirkulasi panasnya ketika di panaskan di atas kompor. Aku pakai panci Eco pan aku sich tadi..Si hijo yang sering mejeng di sini..pas itu..kalau buat roti panggang langsung kompor, karena bahannya tebal dan agar dalam pannya. Tapi nggak sempat ke foto..huhu. Aku bakingnya sore tadi abis Magrib..jadi udah gelap dech. Ambil foto roti juga seadanya..pakai cahaya lampu..hihi. Panciku yang bisa buat baking di tasa kompor ini nich, tapi nich foto lama, bukan pas buat roti tadi ya..:D


Jika mau mencoba roti pan ini, panggang dulu sebiji ya teman-teman, lihat hasilnya, memuaskan atau tidak, tingkat kematangan, tekture, dan rasanya. Karena semua tergantung pan masing-masing yang di gunakan ya. Jika kurang puas hasilnya, saran aku ya jadiiin roti goreng aja..hasilnya pasti lembut..hihi.

Okey..ini dia resepnya ya....aku contek dari Tabloid Nova, tapi aku sesuaikan bahan yang ada di rumah, jadi ada beberapa bahan misal krim kental, aku nggak pakai, air juga aku ganti susu semua.

Roti Pan

Bahan :
300 gram tepung terigu protein tinggi
80 gram tepung terigu protein rendah
160 ml susu, hangatkan sebentar
60 gram gula pasir
1/2 sendok teh garam
1/2 bungkus ragi instan ( misal Fermipan )
Telur 1 butir utuh ukuran kecil, plus satu kuning telur
Mentega 40 gram
Selai coklat secukupnya

Cara Membuat :
Campur bahan kering kecuali garam
Masukkan telur, dan susu, uleni hingga setengah kalis
Masukkan garam dan mentega, uleni lagi menjadi adonan yang kalis dan elastis
Tutup adonan, diamkan hingga mengembang 2 kali lipat kira-kira 1 jam
Kempiskan adonan agar udara di adonan keluar
Potong-potong seberat  50 gram, bulatkan, diamkan 10 menit
Ambil satu bulatan, gilas, isi dengan selai coklat secukupnya, lipat
Lakukan hingga adonan habis
Diamkan 10 menit lagi
Panaskan pan anti lengket yang tebal.
Letakkan adonan roti ke dalam pan, tutup
Panggang dengan api kecil hingga mengembang, sambil di balik sesekali agar matang kedua sisinya
Sudah..sajikan hangat hangat pas coklatnya masih meleleh gitu..heemmm..!

Yummy..kata Yodha..padahal isinya selai coklat biasa aku beli di tbk dekat rumah..bukan Nutella atau Ovomaltine..pun enak ya Kak..hihi.



5 comments :

  1. roti pan itu kalau seandainya dijual cocoknya berapa ya harganya mbak ?

    ReplyDelete
  2. waduuh...aku ko dalemnya enggak mateng ya mbak? terigunya aku pakai yg protein tinggi semua..ngaruh ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di gorneg aja juga bs, mungkin pengaruh ke jenis pannya ya....:)

      Delete
  3. Mba Di, slm kenal. Sy Asri (IRT) anak 1 asal Jawa tapi skrg tinggal di luar Jawa. Klo kangen masakan Jawa maunya bikin sendiri, krn selain lbh murah, rasa sesuai selera. Masalahnya adl sy baru dlm tahap beginer soal dapur. Hampir tiap kali mau masak sy googling dulu, lewat gambar, sy cari yg sesuai harapan sy. Sudah bbrp kali, ujung2nya selalu ke Blog nya Mba Di. Jadi penasaran dng blog "Diah Didi's Kitchen" & juga resep2 lainnya. Oia selamat ya Mba Di, kmrn awal Maret masuk 2 tabloid sekaligus. Menginspirasi.

    ReplyDelete
  4. Mba Di, slm kenal. Sy Asri (IRT) anak 1 asal Jawa tapi skrg tinggal di luar Jawa. Klo kangen masakan Jawa maunya bikin sendiri, krn selain lbh murah, rasa sesuai selera. Masalahnya adl sy baru dlm tahap beginer soal dapur. Hampir tiap kali mau masak sy googling dulu, lewat gambar, sy cari yg sesuai harapan sy. Sudah bbrp kali, ujung2nya selalu ke Blog nya Mba Di. Jadi penasaran dng blog "Diah Didi's Kitchen" & juga resep2 lainnya. Oia selamat ya Mba Di, kmrn awal Maret masuk 2 tabloid sekaligus. Menginspirasi.

    ReplyDelete