Thursday, March 3, 2016

Bakso Ayam Jamur Bakar


Punya daging dada ayam 300 gram, paling enaknya untuk steak krispi ya. Tapi kadang ya bosan juga..walau Yodha sudah suka steak krispi, takutnya jika terlalu sering nanti bosan. Akhirnya aku buat bakso aja tadi. Mumpung dia juga lagi suka jamur, aku kasih jamur sekalian. Jamurnya pakai jamur kuping yang hitam itu di rebus, terus di iris kecil-kecil, jadi selain ada sensasi kenyil-kenyil dari jamur, juga warna baksonya jadi lebih cantik, seperti ada bintik hitam-hitam dari warna jamurnya. Tadi mau tak kasih kucai juga...hahah. Tapi kok ya kucai terus, bosan nanti.


Bakso ayam ini versi yang sehat nich buat anak-anak, nggak pakai pengenyal, dll. Kemaren ada teman yang minta resep bakso ayam yang tanpa pengenyal, dll...ini ya resepnya. Kali ini aku coba versi yang tepungnya dikit, hasilnya lebih empuk baksonya. Bakso ayam memang nggak segurih bakso sapi ya teman-teman, jadi kita perlu berani bumbu ya, misal bawangnya, di banyakin nggak apa-apa. Aku kalau buat bakso,  lebih suka  bawangnya aku goreng dulu, jadi lebih wangi. Jangan lupa merica bubuk dan gula agar rasanya balance gurih alami. Masih mau gurih lagi, kita buat bakso bakar aja yuk, jadi bakso ayamnya berselimut bumbu yang gurih manis pedas sedikit, pasti di sukai oleh anak-anak.

Cobain yuk teman-teman, jika mau lebih kenyal, tambah sedikit tepung agar bubuk juga bisa, aku kok nggak punya stock tadi. Tapi malah enak..empuk terasa daging ayamnya. Membuat bakso ayam ini super cepat, karena ayam mudah saja di giling pakai food processor. Pas nggiling ayam dan bumbu, kasih sedikit es batu, agar daging tetap stabil suhunya, istilahnya nggak matang duluan kena panas gesekan dari food processornya. Kalau bakso daging sapi, nggiling sendiri pakai food processor aku udah kapok..udah korban 3 food processor..hihi. Jadi kalau mau buat bakso daging sapi, gilingkan aja dagingnya di pasar ya teman-teman. Kalau food processor rumahan, lebih baik di pakai untuk ayam atau ikan saja yang lembut tekture dagingnya

Oke, ini dia resep dasar baksonya ya, aku tadi pakai Tepung Bakso yang tawar yang aku jual, biar kenyalnya pas...jika nggak ada ganti tepung sagu biasa.

Bakso Ayam Jamur

Bahan :
300 gram daging ayam bagian dada ( sudah fillet , tanpa tulang ), potong-potong
3 jamur kuping kering ( bentuk lembaran kecil-kecil biasanya, rebus hingga  mekar, iris halus
1 butir putih telur ukuran kecil aja
50 gram es batu serut atau di remuk aja pokoknya lah ya
75 gram tepung sagu ( aku pakai TEPUNG BAKSO TAWAR, jualanku..hihi )
1 sendok makan bawang putih iris yang sudah di goreng
1/4 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir

Cara Membuat :
masukkan semua bahan kecuali tepung ke dalam food processor, proses hingga lembut
Tambahkan tepung, aduk rata
Didihkan air
Bentuk bakso dengan bantuan dua buah sendok yang di oles minyak, jika hasilnya mau lebih bulat ser, ya bentuk pakai tangan yang di olesi minyak.
Masukkan ke air mendidih
Rebus hingga terapung

Olah sesuai selera, bisa di buat sup, atau buat bakso bakar yang aku buat ini. Resep saus bakso bakarnya :

Untuk kira2 25 - 30 butir bakso, aduk rata dengan bumbu berikut, lalu bakar hingga harum
2 sendok makan kecap
2 sendok makan saus pedas
1/4 sendok teh gula  pasir
1 sendok makan saus tiram
1/4 sendok teh merica hitam butiran kasar yang di remukkan
3 butir bawang merah, haluskan
1 siung bawang putih, haluskan





4 comments :

  1. Menggoda bangetsi Mbak. Insyaa Allah klo sudah ganti kulkas mw buat stok macem2 termasuk bakso. Pastinya lebih terjamin bersihnya n bahan2nya dibanding beli di kaki lima. Mau juga ah buat bakso bakarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mba.betul..karena kita bisa kontrol kualitas bahannya..yukk semangat di dapur ya..:)

      Delete
  2. Luna D' YuliantoMarch 3, 2016 at 2:07 PM

    Mbak Die resep2nya bikain ngiler terus mb .. pingin cepet2 masak n cobain jadinya mb ..

    ReplyDelete
  3. Mbak Diah kata2 dalam ulasannya lucu ya, bikin pembaca senyum, ....jika hasilnya mau lebih bulat ser, ha..ha... Saya akan coba bakso ayam ditambahi jamur. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete