Monday, March 28, 2016

Sup Krim Sayuran


Setelah kemaren makan yang berat-berat..saatnya menu sehat untuk sarapan..hihi. Tadi..ke pasar..di tukang ayam langganan ada sepotong ayam kampung 1/4 ekor kali ya..langsung aku beli aja..lumayan buat bikin kaldu dan sup. Kalau hari Senin gini beli ayam kampung di pasar ngga harus utuh..bisa sepotong juga..hihi. Pilihan menu kali ini jatuh pada sup krim aja yang ringan buat sarapan. Supnya centil...hahah. Cocoknya sich untuk menu anak-anak kali ya..sehat dan bergizi. Tapi tadi tak kasih suamiku yo suka tuch..hihi.

Biasanya sup krim kan yang mahal-mahal bahan..sekarang kita buat yang murah meriah saja ya. Kita buat dari campuran sayuran, wortel, jagung manis, dan buncis. Pilih buncis yang muda ya agar manis dan renyah kres. Jika mau lebih mewah sich bisa pakai kacang polong ya..tapi kan mahal. Jadi ganti buncis muda...no problemo dech...tetep enak.


Menu ini cocok untuk anak-anak..bahkan balita juga teman-teman jika sudah belajar makan makanan yang bertekture kasar..masakin sup krim ini aja..enak dan gurih. Nah..biar lebih bergizi dan sehat, bisa pakai Alsultan nich jika buat anak-anak dan balita...yaitu kaldu bubuk alami non msg. Rasa gurihnya memang soft..ringan aja..karena terbuat dari saripati ayam dan sapi plus rempah -rempah alami. Alsultan ini juga rendah kandungan garamnya..jadi buat yang bermasalah dengan konsumsi garam bisa jadi penggati juga. Alhamdulilah Alsultan ini jadi salah satu best seller jualanku juga..hihi. Jika mau order Alsultan Kaldu bubuk ini bisa sms atau wa ke 089654712500 ya teman-teman.


Oke..jika mau coba sup ini..silahkan ya teman-teman..bahan isian bisa di sesuaikan selera, bisa jamur, kepiting, dll. Jika mau lebih bergizi bisa di beri toping keju parut. Selamat mencoba ya.. :)

Sup Krim Sayuran

Bahan :
50 gram daging ayam rebus, potong-potong kotak kecil
1 buah jagung manis, pipil
1 buah wortel kecil, potong sesuai selera
50 gram buncis, potong kecil-kecil
1 batang sledri, cincang halus
150 ml kaldu ayam
250 ml air
150 ml susu cair
3 sendok makan tepung terigu, cairkan dnegan 2 snedok makan air
Kaldu Alsultan 1/2 sendok makan plus garam secukupnya, karena Alsultan tidak membuat masakan jadi asin. ( Jika pakai kaldu bubuk biasa, kurangi takaran karena biasanya kandungan garamnya tinggi )
1/4 sendok teh gula pasir
1/8 sendok teh merica  bubuk
1/4 buah bawang bombay, potong memanjang
2 siung bawang putih, geprek
1 sendok makan margarin untuk menumis

Cara Membuat :
Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga matang dan harum. masukk air dan air kaldu. Masukkan semua bumbu dan sayuran
Masak hingga mendidih dan sayuran layu
Masukkan susu cair dan larutan terigu, aduk rata hingga mendidih
Koreksi rasa, sajikan hangat dengan taburan keju parut jika suka

Noted :
Sup ini bisa juga untuk isian Zupa Soup..yang di panggang dengan adonan pastry di atasnya. Tapi sebelumnya buncisnya jangan di masak terlalu lama agak tidak overcook..waktu di panggang juga.


8 comments :

  1. Save ah resepnya buat bikin zuppa - zuppa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..bisa di ganti jamur ya..buncisnya..karena perlu di masak 2 kali..jadi biar nggak lembek.. seperti jika pakai buncis..:)

      Delete
  2. wortelnya kok cuantik potongannya, mb. pakai apa mbak?

    ReplyDelete
  3. Aku belum pernah nih bikin sup krim.
    Kayaknya perlu nyobain buat variasi.

    ReplyDelete
  4. Aku jg belum pernah bikin nih, kupikir bikinnya ribet gitu...baca resep, sepertinya mudah ya mba..waiting list nih..
    Makasih ya mba resepnya..

    ReplyDelete
  5. Wah aku juga pernah bikin krim sup, nih. Hasilnya enak dan bikinnya gak ribet~

    ReplyDelete
  6. Mbak Di, alat yg buat motong wortel bentuk bunga yg seperti apa mbak?

    ReplyDelete