Thursday, March 31, 2016

Babat Iso Gongso Khas Semarang


Setelah aku posting review Babat Iso Gongso Pak Karmin yang legendaris di Semarang kemaren..banyak teman, terutama yang tinggal di luar negeri menanyakan resepnya, karena pernah merasakan enaknya Babat Gongso yang legendaris, Pak Karmin dan ingin mencobanya di rumah. Dulu aku pernah posting resep Babat Gongso sich, tapi ala aku sendiri..yang bumbunya beda..lebih lengkap..pakai kemiri , dll. Sedang di Karmin itu aku itu citarasanya lebih soft, dan bumbunya tidak pakai kemiri. Baiklah..aku coba *membedah resep Babat Gongso ala Pak Karmin ya teman-teman..dan hasilnya seperti ini..sudah mirip rasanya..dan bahkan menurutku lebih sesuai seleraku..pedasnya..gurihnya, dll..tapi jenis citarasanya..sudah mirip sama Pak Karmin. Semoga buat teman-teman di luar yang rindu masakan ini..bisa mencobanya di rumah ya.

Keunggulan Babat Iso Gongso Pak Karmin itu..Babat & Isonya fresh, tidak terasa amis.. Maka pilihlah Babat dan Iso yang segar ya teman-teman..belum lembek..masih kenyal ketika mentah, aromanya nggak amis juga. Kadang-kadang ada penjual yang nakal..sudah lama masih di jual, jadinya aromanya itu beda. Cuci bersih Babat dan Iso di air mengalir berkali-kali, sebelumnya di lumuri air jeruk nipis dulu. Setelah itu di rebus hingga mendidih agar steril.

Setelah di rebus pertama, presto dengan di beri bumbu, garam, bawang putih, dan bawang merah, daun salam, lengkuas, garam dan gula merah, secukupnya, hingga empuk. tapi jangan terlalu berbumbu ya, karena nanti masih di tumis dengan bumbu lagi. Jadi citarasanya sudah gurih manis, sebelum di tumis, kalau aku suka begitu. Tapi jika mau plain aja waktu merebus tahap keduanya ya tidak apa-apa, tidak perlu di beri bumbu apapun, sesuai selera saja.

Setelah empuk, tirikan, lalu goreng sebentar saja hingga kecoklatan dan tekturenya jadi kokoh tapi empuk ( nggak lembek ). Lalu tinggal di gongso dengan bumbu pedas manis dech..dan tara..Babat Iso Gongso yang enak dan sedep, siap di sajikan. Rasanya..hemmm,...sudah habis sepiring..kok masih melirik Rice Cooker yang berisi nasi hangat...hahah. Tobat dech..:D



Oke..ini dia resepnya ya teman-teman.. resepnya hasil rekayasa dan kreasi aku sendiri ya..jadi sesuai seleraku..jika suka silahkan di coba ya. Ciri khas bumbu Babat Gongso Pak Karmin ini salah satunya  masih terasa kres-kres bawang merahnya, jadi iris kasar aja ya bawang merahnya.
Babat Iso Gongso

Bahan  :
250 gram Babat
250 gram Iso
Air jeruk nipis 1 sendok makan
Air secukupnya

Bumbu Ungkep : 
1 siung  bawang putih , geprek
2 siung bawang merah, geprek
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, geprek
1 cm jahe, geprek 
1 sendok teh garam
25 gram gula merah
Air secukupnya

Bumbu :
6 buah bawang merah, iris kasar
10 buah cabai merah keriting, haluskan
5 buah cabai rawait merah, haluskan
1 buah bawang putih ukuran agak besar, haluskan
1 cm jahe, geprek
2 cm lengkuas, memarkan
1 lembar daun salam
1 sendok teh kaldu sapi
1 sendok teh gula merah
2 sendok makan kecap manis
100 ml air

Cara Membuat :
Lumuri Babat dan Iso dengan air jeruk nipis, cuci hingga bersih 
Rebus dengan air secukupnya hingga mendidih
Tiriskan, campur dengan semua bumbu ungkep, presto sekitar 15 - 20 menit hingga empuk ( jika tidak ada presto, rebus dengan panci  biasa hingga empuk )
Tiriskan
Goreng sebentar di minyak panas hingga kecoklatan
Tumis bawang merah hingga harum, masukkan bumbu halus
Tumis kembali hingga benar-benar matang
Masukkan Babat Iso dan semua bumbu, aduk rata
Masukkan air, tutuyp panci dan masak hingga meresap dengan api kecil.
Koreksi rasa
Sajikan hangat



10 comments :

  1. sisain mb,, ntar aku mampir hihi...

    usul ya mb Di..
    skali2 review tmpat mkan yg dkt2 rmh mb,, sate p bun , nasgor budhe cutik,,ga kalah nyusss mb..sodara ndiri jg..hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...sudah ludes mbaaaa..:D

      Iya dech kapan-kapan..ya aku cobain..:D Udah mblenger kali soalnya ya..kalau kondangan ketemu itu2 terus menunya...:D

      Delete
  2. mb dy..klo g pake panci presto kira2 brp lama ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agak lama mba biar empuk..1 - hgg 1 1/2 jam biasanya..hihi

      Delete
  3. Mbak di, dr postingan mbk yg kapan hari q baru nggeh kalo iso itu juga bagian dr makanan, q mengartikan iso = bisa, ternyata bukan yaaa hahahahahaha
    Q tau nya cuma babat, klo iso itu bagian apanya yaaa mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..cuma tulisan sama mba..tapi ngucapinnya beda..antara Iso : Bisa...dengan Iso : Jerohan Sapi ..hihi.

      Delete
    2. Oalaaa, akhirny tau juga
      Tengkyuuuu mbak di hihihi

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Mb di..kl g punya panci presto dakalin babat ny dkasi nanas atw food tenderecor gt bs ga si mb? Soal ny dulu pernah masak babat drebus sktr 1jam an msh alot
    Makasii mb di..

    ReplyDelete
  6. Mb di..kl g punya panci presto dakalin babat ny dkasi nanas atw food tenderecor gt bs ga si mb? Soal ny dulu pernah masak babat drebus sktr 1jam an msh alot
    Makasii mb di..

    ReplyDelete