Saturday, August 22, 2015

Lumpia Sayur & Tahu



Kemaren absen lagi sehari posting..padahal ada menu baru yang aku buat..huhu.  Alhamdulillah kerjaan banyak banget..sampai kadang-kadang nggak punya waktu juga buat manjain diri sendiri..misal sekedar leyeh-leyeh di depan tivi atau minum teh di sore hari..sambil nyemil cemilan buatan rumah..wis ndak sempat. Minum teh..kopi..samapi makan pun kadang di depan komputer atau sambil pegang tab..hihi. Nonton tivi..sambil packing..hihi. Tapi gimana lagi ya..jika nggak begitu nggak kepegang semua kerjaan. Karena semua di lakukan sendiri.  Tapi tetep di syukuri dong ya...masih punya kesempatan berkarya..walau dari rumah. Nemenin Yodha belajar juga sambil nyicil gunting-gunting atau tempel stiker..dll..kalau waktnya main..malah suka main toko-tokoan sama Yodha..haha. Dia ngangkat dirinya jadi *stock manager*..jadi suka bantu-bantu merapikan di rak misal ada stcok tepung baru datang. Tapi dia suka pilih-pilih kerjanya..hihi..paling suka merapikan tepung pre mix lazetta atau tepung tempura..yang kemasan menarik dan sudah bagus karena dari pabrik..hihi. Kalau tepung-tepung lain kan masih polos, belum ada stikernya..kalau di suruh bantu tempel stiker suka mau..kadang juga.." kabur ! "..katanya..langsung pindah depan tivi..hihi.

Oke..mari kita masak sekarang. Menu praktis..mudah tapi enak ini..aku buat kemaren. Buat snack tukang yang kerja di rumah sich sebenernya. Karena kemaren belum belanja ke pasar, lihat kulkas, hanya ada sayuran dan tahu..serta kulit lumpia yang sudah aku beli sejak hari Selasa kemaren. Ceritanya lagi uji coba ketahanan kulit lumpia Semarang di suhu ruang..tahan hingga 3 hari tidak..soalnya ada teman yang minta di kirimin kulit lumpia sini. Tapi karena takut basi..aku uji coba dulu kemaren. Dan hasilnya..masih oke lho..hingga 3 hari nggak apa-apa..hanya jadi lebih kering saja..kulit lumpianya..nggak selentur jika mash baru. Tapi nggak basi..dan kemaren aku coba buat lumpia ya..enak dan nggak ada rasa aneh. Berarti..jika pakai kiriman yang reguler..jne..masih aman dech kirim kulit lumpia keluar kota..hihi. Iseng banget...ya. Soalnya   daripada aku kirim tapi basi di jalan kan sayang ongkos kirim ke luar Jawa mahal. Kalau udah aku uji coba gini, jadi yakin dech.

Resep lumpia kali ini..pakai sayuran dan tahu aja isinya..sama telur, di buat orak arik..gurih dan sedikit mansi..jadi pas untuk isian kulit lumpianya. Rasanya..tentu saja enak sekali. Jadi..kita bisa kok..menjual lumpia sayur dan tahu ini..jadi versi lumpia ekonomis..selain isi rebung yang susah di cari kadang-kadang di daerah lain ya. Selain itu harga rebung juga udah mahal, jika beli di supermarket. Jadi lebih baik memanfaatkan sayuran dan tahu buat isian lumpia..tetep enak hasilnya.

Ok..ini dia resepnya ya teman-teman..lumpia ekonomis isi sayuran dan tahu..semoga bisa jadi ide usaha juga nich..kalau mau buat usaha snack yang murah meriah. Kadang-kadang aku prihatin jika beli snack di pasar atau di penjual jajanan pinggir jalan atau di angkringan itu..suka asal dech jika jualan snack atau gorengan..duch..padahal jika di buat enak   kan bisa lebih laris jualannya ya. Jadi bikin snack enak..itu nggak harus mahal bahannya kok. Duch...jadi ingat tugas nyusun buku ketiga aku..untuk aneka resep kue-kue dan snack untuk usaha..duch kapan selesai ini..huhu. Dari kemaren sibuk ngumpulin properti foto aja..tapi belum mulai-mulai motret..karena sibuk ngurusin orderan..hihi. Semangat...Moga September bisa selesai ya teman-teman..buku ketigaku..mohon doanya.

Lumpia Sayur & Tahu

Bahan :
10 lembar kulit lumpia
1 buah wortel, potong korek api kecil
50 gram taoge
3 buah tahu ukuran kecil, otong-potong dadu kecil
2 batang daun bawang, cincang 
1/2 buah bawang bombay, cincang
2 butir telur, kocok lepas
1/2 sendok teh kaldu ayam dan garam secukupnya
1 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh merica bubuk
1 butir putih telur untuk olesan

Bumbu halus :
2 siung bawang putih
2 buah bawang merah
1/2 sendok makan ebi, rendam di air panas hingga mekar, tiriskan

Cara membuat :
Tumis bawang bombay, bumbu halus, hingga matang dan harum 
Masukkan wortel, aduk hingga layu
masukkan tahu dan sayuran lain, aduk rata. Sisihkan ke sisi wajan
Masukkan dan telur, buat orak arik dan campur dengan tumisan sayuran
Masukkan semua bumbu, masak sebentar lagi hingga bumbu meresap, koreksi rasa hingga gurihnya pas sesuai selera.
Dinginkan
Penyelesaian :
Ambil 1 lembar kulit lumpia, isi dengan bahan isi secukupnya
Olesi ujung-ujungnya dengan putih telur agar lebih lemas kulit lumpianya dan mudah di lipat.
Goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga matang dan kering bagian luar. Api sedang saja ya agar nggak cepat gosong lumpianya.
Selamat mencoba..^^




12 comments :

  1. Pingin nicip langsung buatan si mbak ini. . . :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mba...silahkan coba..langsung ludes je kmrn..:D

      Delete
  2. Sepertinya mudah dan murah tp lezat hahaha... mari kita coba...

    ReplyDelete
  3. Mba klo tahu nya digoreng dlu ga atau lsg campur ke orak arik soal nya ga ada keterangan kpn tahu nya masuk ke campuran sayuran hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba..maaf lupa nulis ya..udah ku edit..:D

      Delete
  4. yummy...... ijin share ya mba Didi :) share lumpia nya maksudnya wkwkkwkw, kemarin taoge nya saya ganti dengan bung sedikit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp..udah coba ya..:D....iya bs ganti rebung kok..:)

      Delete
  5. Resep bikin kulit lumpianya gimana sih mba

    ReplyDelete
  6. Resep bikin kulit lumpianya gimana sih mba

    ReplyDelete
  7. Mb just share... kulit lumpia asli Semarang g bs krm pake jne dkk... ak pengalaman bbrp kali krm dr Smg k Jkt slalu berjamur.. ya g smua si... fifty2 lah.. karena lembab... mgkn mb py solusi gmn carany supaya bs lbh awet dkrm...

    ReplyDelete
  8. Mb just share... kulit lumpia asli Semarang g bs krm pake jne dkk... ak pengalaman bbrp kali krm dr Smg k Jkt slalu berjamur.. ya g smua si... fifty2 lah.. karena lembab... mgkn mb py solusi gmn carany supaya bs lbh awet dkrm...

    ReplyDelete