Tuesday, December 22, 2015

Bolu Kojo


Hari ini menunya kue tradisional dulu ya teman-teman. Biar nggak bosan masakan terus. Nah..resep kue kali ini namanya Bolu Kojo, resep kiriman dari Mba Lies Hadi. Sebenernya aku udah beberapa waktu lalu mencoba kue ini, tapi belum aku posting, karena agak gosong aku manggangnya..hihi. Jadi aku manggang pertama pakai cetakan kue bulat kecil-kecil yang bahan alumunium biasa, pengen ikutan seperti saran Mba Lies. tapi ternyata..kue ini butuh waktu untuk matang, jadi kalau cetakan alumunium biasa, yang ada gosong duluan bawahnya. Tapi rasanya tetep enak..makanya hari ini aku buat lagi..tapi panggangnya pakai snack maker double pan. Tak apalah..jika pakai snack maker double pan, penampakan seperti serabi, tapi yang jelas kue ini enak..menul-menul legit, manis dan gurih. Enak di nikmati saat hangat atau sudah dinginpun tetep empuk lho, karena pemakaian kentang yang sama jumlah tepungnya. 

Bolu Kojo ini adalah resep andalan ibu mertua mba Lies...yang walaupun beliau asli Jawa, tapi lama tinggal di Jambi, dan sehari-hari waktu tinggal di sana menjual aneka jajanan tradisional di sana..jadi segala macam jajanan tradisional khas sana..ibu mertua mba Lies ini jago membuatnya. Jajanan ini menjadi kue khas yang di buat Ibu mertua mba Lies. Jadi setiap Ibu Mertua beliau punya hajat, entah arisan, pengajian sebagai bawaan ke sebuah acara di kantor almarhum Bapak mertua beliau, selalu kue ini yang di bawa. 

Setelah aku coba kali kedua, pakai snack maker double pan, berhasil mulus manggangnya..matang sempurna dan nggak pakai gosong...hihi. Toppingnya bisa keju atau santan kental, aku pilih aku oles santan kental aja..biar makin gurih..dan tradisional banget. Kue ini, kata ibu mertua mba Lies, kue asli Kalimantan ( Banjarmasin, namanya Bika Kentang, atau kalau di Jambi di sebut Bolu Kojo. 


Oke..buat teman-teman yang mau mencoba..silahkan ya..ini aku copikan resep kiriman mba Lies Hadi. Bisa pakai kentang segar kukus, atau bisa juga pakai TEPUNG KENTANG FLAKES, ala aku..hihi..praktis...tinggal seduh..nggak perlu repot ngukus dan menghaluskan kentang. Jika pakai tepung kentang flakes, nyeduhnya 150 gram aja ya, nanti kan mengembang, jadi 300 gram kurang lebih jika sudah di seduh. 

KUE BINGKA KENTANG ( BOLU KOJO )
BAHAN :
 
3 ons terigu
250 gr gula pasir ( aku 200 gram aja )
2 butir telor ayam
3 ons kentang halus ( aku pakai tepung kentang flakes / seduh air panas )
1 ons mentega cair
1 gelas santan dari 1/2 butir kelapa
1/4 sdt garam
1 sdm perasan air daun pandan + suji yang di tumbuk ( sbg pewarna hijau alami ) ( aku pakai pasta pandan aja )
keju / santan kental untuk toping secukupnya ( optional )

CARA MEMBUAT :

1. Rebus santan hingga matang tapi jangan sampai pecah.
2. Kukus kentang sampai empuk, kemudian dihaluskan
3.Campur santan, gula,telur,garam,perasan air daun pandan + suji, diaduk sampai rata.
4. Campur terigu dan kentang halus, kemudian masukan ke dalam adonan campuran santan,gula,telur,garam, air perasan daun pandan + suji, aduk adonan sampai tercampur rata dan kalis, masukan mentega cair, aduk rata.
5. Siapkan cetakan kue ( Ibu mertua memakai cetakan kue cubit ukuran sedang berbentuk bulat2), panaskan dengan api sedang dan olesi cetakan dengan mentega / minyak sayur agar adonan tidak lengket.
6.Tuangkan adonan ke dalam cetakan, taburi toping keju / santan kental, masak hingga matang ( bawah kue terlihat kecoklatan ).
7. Sajikan selagi hangat lebih nikmat.




2 comments :

  1. Kalo Mbak Diah yang bikin pasti hasilnya selalu mulus dan cantik ya.. :)

    Eh iya aku manggangnya pake cetakan kue cubit ukuran sedang, cetakan jaman jadul jadi bahanya yg tebel itu trus bawahnya masih di lapisi kyk nampan besi gitu jadi gak gosong...tapi kalo mau praktis ya pake kayak Mbak Dyah ini pake snack maker double pan..

    Makasih mbak udah mau coba Bolu Kojo..

    ReplyDelete
  2. klo ga pake daun pandan / suji bisa kan mba ...soalx klo didaearah sy warnax kuning..

    ReplyDelete