Sunday, December 6, 2015

Cireng Kuah Cuko


Hari ini aku posting menu ringan selingan dulu ya, sebelum posting resep Giveaway. Hujan-hujan gini..bikin laper terus ya teman-teman. Tadi pagi..udah ke pasar..udah belanja banyak bahan untuk eksekusi resep-resep peserta Giveaway kiriman teman-teman. Minggu pagi sekalian cari sarapan di luar. Coba warung pecel baru..kurang enak..hihi..alhasil..jam 10 an kok udah pada laper lagi..karena sarapannya nggak semangat. Papinya Yodha minta cilok..halah..lha aku ya mblenger..kemaren abis mbulet-mbuletin cilok sekilo sama mba Elmi. Next time aja ya Pi..ciloknya..! 

Sebagai gantinya..aku buat Cireng aja. Tapi..Yodha nggak mau..maunya empek-empek katanya. Walah..lha udah masak ayam goreng juga..kok minta empek-empek. Akhirnya aku akalin..buat cemilan..bikin Cireng..di cocol kuah cuko...hihi. Kuah cuko bikin dulu, soalnya kan rada ribet musti sangrai-sangrai ebi dulu. Setelah kuah cuko siap..baru dech goreng Cirengnya. Anget-anget..di cocol kuah cuko..pas hujan pula..hemmm..enak. Di banding Rujak cireng aku kok suka Cireng kuah cuko ini..hihi..soale kuahnya lebih mantep..pakai ebi. Oh ya..ngomong-ngomong soal rujak cireng..kemaren waktu makan di warung soto langganan ada jual rujak cireng siap pakai tinggal goreng gitu..di kemas plastik gitu, sudah ada bumbu rujaknya terpisah. Aku tanya berapa ke pegawainya, 14 ribu satu pack, cuma isi beberapa biji. Gak jadi beli aku..hahah. Bikin sendiri aja..jadi banyak..lha wong cuma kanji aja bahannya.  

Jadi..Cireng kuah Cuko ini siapa tahu bisa jadi peluang usaha juga teman-teman. Kalau rujak cireng kan udah banyak yang jual..cobain dech pakai kuah empek-empek..pasti banyak di sukai. Tadi aja papinya Yodha nggak jadi protes minta cilok..dan habis Cirengnya. Tapi..kalau Yodha..tetep protes..katanya : " Aku maunya the real empek-empek..yang ada isinya telur..! "..Haha..ya udah...besok ya Sayang...lha hari ini udah banyak lauk. Kan udah ada saus cukonya..tinggal buat empek-empeknya.


Okeh dech..yang suka gorengan cireng..yukk di coba, mudah kok. Tips agar menggoreng cireng nggak mbledos, goreng dari minyak yang dingin, belum dipanaskan, masukkan dulu buletan pipih adonan cirengnya. Jika sudah cukup nyalakan kompor, dan goreng api kecil hingga cireng mengambang dan kering luarnya. Dengan tehnik menggoreng begini, maka cireng tidak akan mledos dech. Jika cireng di goreng langsung ke minyak panas, selain beresiko mledos juga ketika dingin cireng akan berminyak tengahnya, karena cuma kering sesaat luarnya terkena minyak panas. Jika di goreng api kecil, agak lama dan stabil panasnya serta terendam minyak, maka cireng akan matang perlahan hingga bagian dalam..jadi nggak mudah berminyak.


Okeh dech..ini dia resep Cireng Kuah cuko ya...cirengnya aku pakai resep cireng praktis aja..yang nggak pakai biang dulu. Jika masih punya tepung Acine...tepung aci yang beli di aku, bisa juga di buat cireng ya teman-teman..tapi tambahin terigu sedikit ya...biar lebih empuk cirengnya. Ini resep Cirengnya ya..untuk resep kuah Cukonya..silahkan intip di postingan empek-empek ya..di SINI.
Cireng Praktis

Bahan :
100 gram tepung tapioka
25 gram tepung terigu
100 ml air panas ( kurang lebih )
1 sendok teh kaldu ayam bubuk ( optional..jika nggak suka ganti garam aja )
Garam sesuai selera
1/4 sendok teh merica
1/4 sendok teh gula pasir
2 siung bawang putih, haluskan
1 batang daun bawang, iris halus

Cara Membuat :
Campur tepung tapioka, tepung terigu, daun bawang, dan semua bumbu2. Aduk rata sambil di tuangi air panas sedikit demi sedikit hingga adonan kalis dan mudah di bentuk. Jika sudah kalis, tapi lembut dan mudah di bentuk. Air secukupnya, jika masih..nggak perlu di habiskan nggak apa-apa.
Ambil sedikit adonan, bentuk bulat pipih atau sesuai selera. Masukkan ke minyak dingin.
Goreng dengan api kecil hingga mengembang dan renyah luarnya.
Sajikan hangat.
Jika ingin Cireng versi lain yang lebih renyah, keriting..renyah di luar dan lembut di dalam, bisa mencoba Cireng Krispi Liquid teman-teman..cara membuatnya juga praktis dna mudah..silahkan cek di video tips berikut ini ya :




5 comments :

  1. Mbak Di..biar ga mblenger coba bikin cilok versi isi..bisa cilok isi telur puyuh,sosis,ayam,udang,dll..jadi bukan sekedar camilan,tapi camilan bergizi hihihii pasti deh jadi nangih terus ga mau berenti makan ^^

    ReplyDelete
  2. Siang MBA didi..slm kenal..aq dah bnyk Baca resep masakan MBA didi..aq mo pesen tepungnya,sprti tepung bakso,tpng kremes,tpng leker,tpng panir,acine DLL..klo boleh aq tau 1 bngkusnya brp ya..aq beneran mo pesen nih trmkasih

    ReplyDelete
  3. Mbak...klo disimpen di kulkas tahan berapa lama ya?

    ReplyDelete
  4. Mbak...klo disimpen di kulkas tahan berapa lama ya?

    ReplyDelete
  5. mbak diah resep kuah cukonya skalian donk...

    ReplyDelete