Google Ad

Thursday, December 17, 2015

Bala-Bala


Papa..Bala-Bala...Mama Bala-Bala..hahah..ngaco..Bolo-Bolo kali ya..lagunya Tina Toon..! Menu selingan iseng ya teman-teman..lha wong cuma Bala-Bala alias bakwan aja di posting..hihi. Tapi nich unik lho..Bala-Bala a.k.a Bakwan Sunda..ternyata sedikit beda dengan bakwan biasanya. Bedanya apa tho Mbakyu ?..Beda bentuk...haha. Gara-gara kemaren waktu mau ke pasar...belum sarapan..perut keroncongan..lihat abang penjual Gorengan ala Sunda..lagi goreng Bala-Bala ini..hemm..harumnya menggoda. Aku yang biasanya jarang beli gorengan pinggir jalan pagi-pagi, jadi tergoda. Aku lihat Abang goreng ini gerobaknya bersih, terus cara menggoreng juga bersih, pakai sendok. Terus produk yang udah matang di tata bersih juga di gerobak..dan menggoda semua penampakannya. Aku lihat ada tempe yang di goreng krispi tipis-tipis, ada ubi goreng, ada molen, tahu Sumedang, dan Bala-Bala ini. Dan semua ukuran imut..murah meriah..hihi. Aku beli campur gorengan 30 ribu dapat banyak dech..sekalian beliin tukang yang kerja di rumah. Tapi setelah aku coba di rumah, nggak seenak penampakannya rasanya..hihi. Tapi lumayanlah. Yang paling aku suka..Bala-Balanya..unik..bentuknya bulat kecil..imut..dan rasanya kriuk di luar. Penampilannya itu lho lucu banget bulet tapi ada keriting dari sayuran yang di goreng kering jadi kecoklatan. Setelah aku periksa..oh cuma kol yang di potong kecil-kecil..hihi. Jadi Bala-Bala ala abang-abang gorengan Sunda ini isinya hanya kol dan daun bawang, tapi rasanya enak. Kolnya terasa manis di adonan bakwan. 

Jadilah sorenya aku penasaran bikin Bala-Bala ini sendiri..plus di tunjang hujan rintik-rintik..maunya nyemil gorengan dech. jadi triknya agar bentuk Bala-Balanya ini bisa bulat imut keriting, adonan itu di buat kental dan di banyakin sayurnya. Kalau versi abang gorengan Sunda di tempatku ini hanya kol dan daun bawang aja. Jadi jika mau di tambah sayuran lain silahkan, tapi aku suka kol..jadi ikut ala abang-abang gorengan Sunda ini aja aku. Dan setelah jadi..tara..lebih enak dech rasanya lebih sesuai selera kalau buat sendiri. Gurih..manis kolnya..berpadu cabe rawit hjau yang pedes dalam setiap gigitan..dan..nggak terhitung dech berapa biji Bala-Bala imut yang masuk mulut..haha. *cuma 5 kok..kalau nggak salah itung..lol..! *


Untuk membuat Bala-Bala yang renyah, pakai tepung terigu protein rendah ya teman-teman, atau bisa di tambah sedikit tepung tapioka. Air jangan terlalu banyak, nggak perlu pakai telur, karena nggak bisa renyah jika pakai telur, dan banyakin sayurannya..jadi ada efek keritingnya gitu luarnya. Menggorengnya juga di minyak yang agak banyak hingga terendam ya, jadi matang sempurna hingga bagian dalam dan luarnya jadi renyah kriuk. Membuat adonan bakwan juga jangan di uleni ya teman-teman agar nggak liat ( keras ) dan sayuran berair, cukup di aduk ringan pakai sendok. Oke, buat teman-teman yang mau coba, ini dia resepnya ya :

Bala-Bala

Bahan :
150 gram tepung terigu plus 1 sendok makan tapioka
200 gram kol, iris halus memanjang
1/2 buah bawang bombay, iris halus
1 batang daun bawang dan satu batang sledri, iris halus
Air secukupnya hingga adonan kental ( jangan terlalu banyak, jadi adonan bisa di sendokin bulat-bulat )
1 sendok teh kaldu ayam atau garam sesuai selera
1/4 sendok teh merica bubuk
1/8 sendok teh gula pasir ( seujung jari..:D )
1 siung bawang putih, haluskan

Cara Membuat :
Campur semua bahan, adonan harus kental dan masih bisa di sendokin bulat
Koreksi rasa dengan cara menggoreng sedikit adonan, sudah pas belum gurihnya
Ambil dua buah sendok, bentuk adonan bulat, masukkan ke minyak yang sudah di panaskan 
Goreng hingga matang dan kering luarnya.
Sajikan hangat dengan cabe rawit

Noted :
Sayuran boleh di tambah wortel, tapi jangan taoge. Taoge jika masuk adonan bakwan dan tidak langsung di goreng bisa berair, nanti adonan jadi lembek...nggak bisa di bentuk bulat


35 comments :

  1. Hehe in klo dtmptq namax ote ote mbk Di..enk in mbk hmmm pa lg d mkan di cuaca yg lg ujan ujan gni...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya namanya macam-macam ya mba..:)

      Delete
    2. You are amazing lady! Thank you for sharing wonderful recipe.

      Delete
  2. Kadang-kadang ditambah wortel juga, mbak. Tapi yang bikin beda rasanya ya kolnya itu, lebih sedep.

    Liza

    ReplyDelete
  3. Mbaaa, aku barusan bikin ini. Rasanya enak banget. Gak keitung deh udh berapa kali bolak balik makanin gorengan ini mulu. Padahal lagi diet ngurangin nasi. Tp malah banyak makan gorengan. Huhuhu :'( Btw, ini bakwannya persis sama rasa bakwan dari tukang gorengan langgananku dulu. Ini kalo ditegal ya ngomongnya bakwan mba. Kalo seingetku bala-bala tuh malah ga pake kol. Jd cm wortel sama daun bawang. Mirip pia-pia tp ga pake udang.
    Ini kayaknya bakalan aku pake terus resepnya kalo mau bikin bakwan lagi. Aku kira ditambah pake tepung beras kalo mau lebih kriuk. Ternyata pake tepung tapioka. Matur suwun lah mba pokoknya. Ini endeus pisan. Suka banget sama resepnya.

    Farah - Tegal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba..krn imut..gak kerasa ya..cemal cemil. Iya nama bebas kok..krn masing2 daerah beda nyebut gorengan bakwan atau bala-bala ini. Variasinya juga banyak..sesuai selera aja..:D

      Delete
  4. Makasih yaa resepnya Mba Didi. Lagi di luar negeri jadi bisa masak masakan Indo buat ilangin kangen deh :)

    ReplyDelete
  5. Hii mba didi.. Mau tanya nih, kalo tapioka diganti dgn sagu atau maizena bisakah?

    ReplyDelete
  6. Kalo disini mamang gorengannya jual bakwannya bulet bulet juga tapiii yang bikin enak itu bakwannya pake potongan labu siam (jipang) sm wortel. enaaaakk bgt dah ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksh infonya mba..kpn2 ku coba dech pakai labu siam..enak ya..aku blm pernah..:)

      Delete
  7. Gorengan ala abang2 disini (bogor) gini semua mba. Aku ga suka. Tetep suka nya bakwan jawa.palagi bakwan jagung resepnya mb didi. Juwaraaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...ya mba..:) Kalau aku doyan kabeh..hahah *pecinta gorengan *

      Delete
  8. Mba biasanya kalo di sunda sini suka ditambahin wortel juga bala-balanya. Dijamin rasanya lebih enak hihi.

    ReplyDelete
  9. Ga sabar pengen nyobain resepnya... kalau di sunda biasanya bala bala nya di cetakin pakai sinduk yang bulat gitu terus dimakan sama cabe rawit hijau

    ReplyDelete
  10. Asyikkk akhirnya mbak Didi post makanan sunda jg...
    Thanks mbak resep buras oncom & bala2nya....

    ReplyDelete
  11. Asyikkk akhirnya mbak Didi post makanan sunda jg...
    Thanks mbak resep buras oncom & bala2nya....

    ReplyDelete
  12. thanks buat resep bala - bala yg simple ini ya, mbak . Sukses trus dgn resep - resep nya. salam kenal dari nita, bangka belitung

    ReplyDelete
  13. Saya coba buat tp susah jg jd kentelnya airnya coba 1 ltr.. malah ga kelihatan nyatu + 250ml lg malah kebanyakan air.. di tambaha tepung terus aja berair.. hehe jadi ajah tetep gepeng2 pas di goreng. Tapi saya suka resep bakwan yg sebelumnya.. yg ini jg enak kok.. tp anak2 agak susah makannya krn garing isinya ga terlalu kelihatan jadi.. tks mbak sukses terus saya suka nyontek resepnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mba..air kok sampai satu liter ?..kebanyakan banget itu..secukupnya itu sekitar 50 - 100 ml aja....:D

      DD

      Delete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Mbak, boleh divideoin ga kekentalan adonan bala-balanya seperti apa? Niatnya mo nambah usaha jual gorengan gitu, tp blm nemu rasa yg cocok utk bakwannya :). Thx sblmnya

    ReplyDelete
  16. Gatel pengen eksekusi jadinya😅😅
    Pasti yummy🤭

    ReplyDelete
  17. Mau coba ah...trima kasih resepnya ya kak

    ReplyDelete
  18. Hai semua

    Nama saya FRADESY RIRITIA, saya berasal dari indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu anda semua kebenaran, setiap orang yang anda lihat pada catatan mereka di blog dan laman web ini adalah pencuri (SCAMMERS), saya telah menjadi mangsa cerita mereka dan mereka telah merosakkan hidup saya.
    Saya tidak berada di sini untuk memberitahu anda kisah bagaimana saya ditipu dan bagaimana saya kehilangan banyak wang kepada mereka.

    Saya di sini untuk memberitahu anda SYARIKAT PINJAMAN sebenar dan sahajalah yang ALLAH hantar untuk mengubah hidup saya, mereka adalah SEMUA PINJAMAN GRANT GLOBAL, mereka adalah satu-satunya syarikat pinjaman tulen yang diiktiraf dan dibiayai oleh WORLD BANK.

    Mereka adalah satu-satunya syarikat pinjaman tulen, mereka mempunyai syarat dan syarat pinjaman yang cukup besar, untuk menutup semua pinjaman mereka adalah berpatutan dan cepat dilupuskan tidak seperti syarikat palsu lain yang anda lihat di sini dalam talian yang akan mengambil wang anda tanpa mengeluarkan pinjaman anda,
    Tolong jangan tertipu oleh saksi yang mempunyai nombor dan whatsapp indonesia, mereka semua penipu, bagaimana syarikat individu boleh memberi pinjaman ?, itu harus menjadi pertanyaan pertama anda.

    Rakan-rakan saya di Asia, saya mohon agar anda mendengarkan saya ketika saya bersumpah kepada anda dengan nama Allah, bahawa saya mengatakan kepada anda semua kebenaran, Syarikat ALL GLOBAL GRANT LOAN, satu-satunya syarikat yang boleh dipercayai dan mereka akan memastikan anda menerima pinjaman anda setelah anda menyelesaikan proses pinjaman seperti yang diperlukan.
    Mengapa anda tidak menjadi antara berita baik ini dengan menghubungi mereka segera jika anda SANGAT MENARIK untuk meninggalkan perjuangan kewangan anda dan meningkatkan tahap kehidupan anda, berikut adalah EMAIL allglobalgrantloan@gmail.com.

    Anda bebas menghubungi saya di EMAIL fradesyriritia12@gmail.com saya untuk maklumat lebih lanjut, saya dengan senang hati akan mendengar anda berkongsi kisah kebahagiaan anda sendiri.
    Terima kasih semua, dan semoga ALLAH memberkati SEMUA PINJAMAN PEMBERIAN GLOBAL kerana memberi saya kegembiraan baru ini.

    NAMA Syarikat: SEMUA PINJAMAN GRANT GLOBAL
    syarikat: allglobalgrantloan@gmail.com.
    Whatsapp Syarikat: +1 (304) 997-4034
    E-mel saya: fradesyriritia12@gmail.com

    ReplyDelete
  19. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete
  20. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    ReplyDelete
  21. Terima kasih mb Di resepnya.. enakeun pisan maa syaa'Alloh

    ReplyDelete
  22. Halo semuanya, saya ingin segera menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana ALLAH mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman sejati yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi wanita kaya dan sekarang saya memiliki hidup yang sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya ditipu 32 juta, dari dua pemberi pinjaman yang berbeda. Saya melamar karena saya membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis saya. Saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online yang sah dan itu tidak akan merugikan saya, jadi saya memutuskan untuk meminta nasihat dari teman saya. tentang cara melakukannya, mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan dia mengarahkan saya ke seorang wanita bernama Nyonya Helen Wilson.

    Saya mengajukan pinjaman (Rp780 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sekitar beberapa menit kemudian, saya mendapat tanggapan darinya dan mulai. Pinjaman tersebut disetujui tanpa tekanan dan semua persiapan darinya dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan agunan untuk transfer tersebut. Dalam peminjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 4 jam uang itu disimpan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu mimpi sampai saya mendapat notifikasi dari bank saya bahwa rekening saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp 780 juta. Saya sangat senang akhirnya ALLAH menjawab doa saya dengan menginstruksikan pemberi pinjaman saya dengan kredit nyata, yang dapat memberikan keinginan hati saya.

    Terima kasih banyak kepada Helen Wilson karena membuat hidup saya adil. Saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman online untuk berhati-hati terhadap penipu pinjaman karena ada banyak di internet. Jika ada yang membutuhkan pinjaman, hubungi Nyonya Helen Wilson melalui E-mail (helenwilson719@gmail.com) ATAU melalui whatsApp: WA: +1-585-326-2165. untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    E-mail (helenwilson719@gmail.com) ATAU WhatsApp: +1-585-326-2165


    Terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca Kesaksian saya dan saya harap ini memandu Anda ke arah yang lebih baik jika Anda mencari pinjaman online dan saya berdoa semoga Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya Sri Heryani Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (sriheryani095@gmail.com)
    Terima kasih untuk kalian semua.

    ReplyDelete
  23. BAGAIMANA SAYA MENDAPAT PINJAMAN SAYA DARI PERUSAHAAN BESAR INI

    Halo teman-teman sekalian, saya Kuwat Wibawa, saat ini tinggal di Surabaya. Saat ini saya seorang janda dengan tiga anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada April 2020 dan saya perlu membiayai kembali. bayar tagihan saya dan perbesar bisnis. Saya mencoba mencari pinjaman dari berbagai perusahaan pinjaman baik swasta maupun perusahaan tetapi tidak pernah berhasil, dan sebagian besar bank menolak kredit saya, jangan menjadi mangsa para penjahat di luar sana yang menyebut diri mereka pemberi pinjaman uang, mereka semua scam, yang mereka inginkan hanyalah uang Anda dan Anda tidak akan mendengar kabar dari mereka lagi mereka telah melakukannya kepada saya lebih dari dua kali sebelum saya bertemu dengan Nyonya Helen Wilson. Setelah ditipu sebesar Rp 16 juta oleh para scammer, saya semakin terlilit hutang dan saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman.

    Jadi saya berdiskusi dengan teman saya Asmaul, dia adalah seorang Perawat dan memiliki pengalaman serupa. Dia kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Helen Wilson, pemberi pinjaman di perusahaan tersebut. Teman saya meminta saya untuk melamar dari ibu Helen, saya memberanikan diri dan menghubungi Bu Helen, mengisi formulir aplikasi pinjaman. Semuanya berjalan lancar dan yang paling menarik adalah pinjaman saya ditransfer kepada saya dalam waktu 24 jam jadi saya akan menyarankan Anda untuk menghubungi Ibu Helen jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman dan Anda yakin dapat membayar kembali. hubungi dia melalui email ……… (helenwilson719@gmail.com) atau melalui WhatsApp; +1-585-326-2165. Tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada cosigner dengan hanya suku bunga 2% dan rencana pembayaran kembali yang lebih baik dan jadwal jika Anda harus menghubungi perusahaan mana pun dengan referensi untuk mendapatkan pinjaman tanpa agunan kemudian hubungi Ny. Helen Wilson hari ini untuk pinjaman pasti Anda, dijamin 100%.

    Mereka menawarkan semua jenis kategori pinjaman mereka

    Pinjaman jangka pendek (5_10 tahun)
    Pinjaman jangka panjang (20_40)
    Pinjaman berjangka media (10_20)
    Mereka menawarkan pinjaman seperti
    Pinjaman perumahan ............., Pinjaman usaha ........ Pinjaman mobil .......
    Pinjaman pelajar .........., Pinjaman awal .......
    Pinjaman Real Estat ......., Pinjaman Perusahaan ....... dll
    Email .......... helenwilson719@gmail.com
    WA: +1-585-326-2165
    Ketika datang ke krisis keuangan dan pinjaman maka Helen Wilson keuangan adalah tempat untuk pergi tolong katakan padanya saya Tuan Kuwat Wibawa mengarahkan Anda dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya (kuwatwibawa1@gmail.com)

    ReplyDelete
  24. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    ReplyDelete
  25. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

    Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    ReplyDelete
  26. Assalamualaikum
    Nama saya Sri Muji Astuti. Saya seorang pemilik bisnis yang menjual kosmetik dan pakaian. Untuk sementara, saya telah mencari pemberi pinjaman pinjaman yang dapat saya pinjam untuk menumbuhkan bisnis saya dan juga menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. Pengalaman pertama saya dengan pemberi pinjaman internet sangat buruk dan saya kehilangan jumlah 24 juta karena saya mengajukan 800 juta untuk meningkatkan bisnis saya. Setelah pengalaman saya, saya berjanji pada diri sendiri bahwa saya tidak akan pernah meminjam dari internet karena saya ditipu.

    Jadi, suatu hari saya dengan setia membaca artikel di blog dan setelah saya selesai membaca, saya pergi untuk memeriksa bagian komentar untuk mengetahui pendapat mereka. Saya melihat komentar oleh Yeyes Ristintares, seorang wanita bisnis besar dan dia berbagi cerita tentang bagaimana dia meminjam pinjaman besar dari perusahaan tempat Ms. Helen Wilson bekerja.

    Kemudian, saya memutuskan untuk menghubungi Yeyes Ristintares dan saya menceritakan kisah saya kepadanya tentang bagaimana saya kehilangan 24 juta dari pemberi pinjaman yang buruk. Saya masih ingat dengan jelas bagaimana dia memberi tahu saya bahwa semua pencarian saya untuk pemberi pinjaman yang andal sudah berakhir. Dia mengirimi saya emailnya dan saya mengiriminya email untuk memastikan karena saya tidak ingin kehilangan uang lagi. dia membalas saya dan mengatakan saya harus menghubungi perincian perusahaan tempat Ny. Helen Wilson bekerja dan saya akan menerima pinjaman saya tanpa penundaan dan saya harus mencoba untuk membagikan kabar baik saya sehingga orang lain selamat dari pemberi pinjaman yang buruk.

    Jadi saya menghubungi Ny. Helen Wilson melalui email: (helenwilson719@gmail.com) dan dengan nomor WA-nya: +1-585-326-2165. Ini adalah email Yeyes Ristintares: (yristintares@gmail.com) yang saya hubungi.
    Setelah saya menghubungi perusahaan pinjaman, saya diminta untuk menyerahkan segala sesuatu yang diminta dari saya sebagai peminjam dan setelah beberapa saat, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya menerima pinjaman saya tanpa penundaan atau segala bentuk tekanan.
    jadi, saya menambahkan informasi pribadi saya kepada siapa saja yang mencari pemberi pinjaman yang dapat dipercaya untuk menghubungi saya dan saya siap membantu Anda karena saya ingin orang lain diselamatkan dari pemberi pinjaman yang buruk. Hubungi saya melalui email saya: srimujiastuti93@gmail.com

    Saya berdoa agar ALLAH akan memberikan mereka yang membutuhkan pinjaman untuk melihat kisah saya sehingga mereka dapat diselamatkan seperti saya. Saya selalu siap memberikan bantuan kepada siapa saja yang membutuhkannya, jadi jangan ragu untuk menghubungi saya kapan saja karena saya tidak membuat orang saya jatuh ke tangan pencuri.

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel