Tuesday, December 15, 2015

Baceman Tapak Walang


Menu selingan ala aku sendiri dulu ya teman-teman. Yodha lagi kangen makan yang manis-manis gurih..jadi aku buatin baceman Tapak Walang  ini. Nah..karena banyak teman yang penasaran tentang daging tapak walang ini, baiklah aku posting lagi variasi resepnya ya. Kalau di sini..tapak walang itu semacam koyoran yang bisa di masak sebagai pendamping kuliner gudeg khas Semarang, dan  sekitarnya. Selain di masak santan gurih atau santan pedas, di oseng, di semur, tapak walang ini juga enak di ungkep bumbu bacem, kemudian di goreng sebentar. Menu seperti ini bisa di cicipi di warung makan Gudeg Koyor Merak Mati yang terkenal..aku paling suka koyor gorengnya yang manis gurih seperti ini. Rasanya hampir sama dengan baceman tapak walang ini.

Kayak gini nich penampakan tapak walang teman-teman..jadi kayak sayatan tulang muda gitu..hihi..jadi jika di rebus memang jadi mengembang dan kenyil-kenyil rasanya. Enak lho.  Ntah di daerah lain ada nggak ya daging seperti ini, yang jelas meungkin ini merupakan daging kw 2 sebenernya..lha cuma sayatan tulang muda yang masih ada sedikit daging yang nempel..haha. Tapi justru itu yang bikin enak. 


Kali ini aku masak  tapak walang bumbu bacem, gurih manis aja..favorit Yodha, setelah itu di goreng sebentar  hingga berkaramel. Rasanya enak sekali..manis gurih dan legit..cocok menemani gudeg atau pecel. Di Semarang juga ada lho menu Pecel Koyor goreng yang terkenal. Seperti ini nich..penampakan tapak walang setelah di ungkep bumbu, jadi mengembang kan..hihi.


Okey..ini dia resepnya ya teman-teman, jika nggak ada koyor atau tapak walang, ganti kikil juga enak..jadi seperti sate kikil di warung soto Seger Mbok Giyem, rasanya seperti ini juga.

Baceman Tapak Walang

Bahan :
500 gram tapak walang
800 ml air kelapa ( secukupnya hingga tapak walang terendam air kelapa dalam panci )
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
50 gram gula merah
1/2 sendok teh kaldu sapi dan garam secukupnya

Bumbu halus :
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 sendok teh ketumbar
4 butir kemiri

Cara membuat :
Rebus tapak walang hingga mengembang
Potong-potong kecil
Masukkan panci , air kelapa dan semua bumbu
Tutup panci dan ungkep hingga tapak walang empuk dan air habis terserap
Tiriskan, goreng sebentar di minyak yang sudah di panaskan hingga kecoklatan
Angkat, sajikan hangat.
Di makan pakai sambal juga enak..:D


9 comments :

  1. aku masih belum ngerti tapak walang apa sih mbak

    ReplyDelete
  2. Mbak Diah, kayaknya tapak walang ini bahasa kerennya 'beef tendon' ya? Sama nggak ya dengan urat sapi? Minggu kmrn aku ngidam banget oseng2 mercon, dan pengen pakai koyoran, trus aku tanya temen2 di sini katanya namanya 'beef tendon'. Waktu msh mentah tuh bentuknya putih, dan setelah dipresto warnanya jd bening, baru deh dioseng2 dg cabe ijo super pedas. Enaakk dehh (Jeng Pur) - Melbourne

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betul mba..jika di rebus memang akan mengembang dan bening..wah di oseng mercon pasti enak..:D

      Delete
  3. apa beda nya sm tetelan y mbak? ak biasa nitip tetelan sm tukang sayur, dibawakan nya spt itu tuh.ada putih2 nya kayak urat gt....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda mba..putih tapak walang kalau di rebus jadi mengembang dan bening..kalau putihnya tetelan itu namanya sandung lamur, itu nggak berubah bentuk..buat gurih aja kalau sandung lamur, nggak bisa ngembang dan kenyil seperti tapak walang.

      Delete
  4. aku suka nih kalau mba didi nyantumin foto bahan mentah nya,,,jadi ada bayangan hehehe,,,apalagi kalau ada step by step nya hahaha,,,malah ngelunjak haha,,,ini kesukaanku daging bagian ini,,,kenyal2,,,,

    ReplyDelete
  5. Tapak walang kl di banyumanik belinya dmn mb ?

    ReplyDelete
  6. Tapak walang kl di banyumanik belinya dmn mb ?

    ReplyDelete