Saturday, December 12, 2015

Jaje Batun Bedil


Happy weekend teman-teman. Tadi buat sarapan aku masak yang cepat dan simple nich..tapi rasanya..manis..legit enak banget. Jajanan tradisional ini beresal dari Bali..resep kiriman mba Wenny..beneran enak mba. Sepintas mirip kolak biji salak ya..tapi ini  lebih lembut kuahnya..karena ada campuran tepung berasnya..jadi ada rasa seperti bubur candil juga kalau di Jawa tengah...tapi lebih encer dari bubur. Wis..pokoke enak lah..hihi.

Membuat jajanan ini juga mudah dan nggak perlu waktu lama. Jadi pas banget di coba weekend begini untuk sarapan teman-teman. Untuk tingkat kemanisan sesuai selera ya. Jadi jika kita masak masakan atau kue, kita bisa sesuaikan selera takaran bahan atau bumbunya ya teman-teman. Jadi resep itu patokan bahan dan bumbu dasar aja. Kalau aku begitu sich..jika masak masakan atau kue-kue..yang penting bahan dasar lengkap, soal takaran kembali ke selera kita masing-masing. Misal bubur manis gini aku suka nggak terlalu manis, jadi aku kurangi sedikit takaran gula merahnya. Caranya..masukin separo dulu..di cicip aja..manisnya udah pas belum sesuai selera kuahnya. Kalau kurang manis, tinggal di tambahin.

Nah..yang unik lagi dari Jaje Batun bedil itu..adalah penambahan kelapa parut dalam penyajiannya. Makasih buat mba Wenny atas resep otentik khas Bali..yang baru pertama aku coba ini. Pernah masak jajanan bali dulu cuma Pisang Rai..hihi. Oke..buat teman-teman yang suka jajanan manis seperti ini..selamat mencoba ya..mudah banget buatnya..dan rasanya enak..! Ini dia resepnya ya..aku copiin dari resep kiriman mba Wenny.


Jaje Batun Bedil.

bahan:
225 g tep.ketan
50 g tep.kanji
1/2 sdt garam
air hangat secukupnya utk menguleni adonan

=>aduk rata semua tepung dan garam. Tuangi air hangat dikit2 smp adonan mudah dibentuk. Ambil sdkit adonan, bentuk bulat dan pipihkan. Letakkan di wadah beralas tepung terigu (agar tdk lengket). Lakukan smp adonan hbs. Rebus dlm air mendidih smp mengapung dan matang. Tiriskan.

Saos:
750 ml santan dr 1/2 btr kelapa
300 g gula merah, sisir halus
75 ml air
2 lbr daun pandan, simpulkan
1/2 sdt garam
2 sdm tep.beras, larutkan dgn sdkit air

taburan:
1/2 btr kelapa muda, parut memanjang
1/4 sdt garam
(aduk rata, kukus sebentar)

saos:
masak gula merah dan air smp gula larut. Saring. Rebus kmbli bersama santan, garam dan daun pandan smp mendidih. Masukkan biji ketan dan larutan tep.beras. Aduk. Masak smp meletup. Sajikan dgn taburan kelapa parut.



2 comments :

  1. mbak, maaf pertanyaannya OOT. itu kalau wadah dr tanah liat gitu apa bs dipake masak juga? sy punya wadah begitu tp gak berani saya pake masak krn takut retak saat kena api. bener gak sih mbak? sekali lg maaf pertanyaan OOT :)

    ReplyDelete
  2. wah mba Diah malah udah duluan bikin ini, Jaje batun bedil- si peluru kenyal manis ini sekarang sudah sudah susah banget ditemui . Kalo jaman dulu tiap ada nikahan jajan ini selalu ada di sajikan diatas takir daun pisang. Jadi kangen pulang kerumah.

    ReplyDelete